Jelajah Ekstrem Taman Nasional Gunung Halimun Salak

Posted on

Masih memiliki jiwa untuk berpetualang di alam secara langsung? Waktu yang tepat untuk menikmati liburan di Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Tempatnya yang tidak terlalu jauh dari Jakarta membuat tempat ini cocok dijadikan pilihan. Karena, dalam sewaktu-waktu Anda dapat pulang ke rumah dalam waktu cepat. Aneka kekayaan alam dan mitosnya pun cukup menarik untuk dinikmati dan sayang jika dilewatkan begitu saja.

Bereda di daerah Bogor dengan dataran yang cukup tinggi, memberikan kesan menyenangkan bagi setiap pengunjungnya. Karena hawa yang muncul sangat sejuk dan tentu berbeda dengan hawa di Jakarta ataupun Depok.

Lebih dari itu, rupanya wisata ke gunung di bogor menyimpan berbagai kekayaan alam yang belum tersentuh manusia. Karenanya, sangat menarik jika akhirnya Anda dapat menikmati kekayaan alam tersebut dan mengabadikannya dalam ingatan.

Taman Nasional Gunung Halimun Salak Kekayaan Alam Anugerah Tuhan

Berkunjung ke Gunung Salak, kami jamin akan membuat Anda enggan untuk segera pulang. Karena sekali menemukan kekayaan alamnya, ada banyak hal lainnya yang dapat dieksplor terus menerus. Termasuk untuk mengenal budaya-budaya yang masih dijalankan oleh masyarakat sekitar Gunung. Namun, sebelum beralih terlalu jauh dan masuk terlalu dalam, pastikan pengunjung menaati setiap peraturan yang ada. Sehingga tidak terjadi hal-hal yang membahayakan selama berada di gunung.

Hal ini mengingat adanya serangkaian mitos yang ada di Gunung. Seperti, adanya banyak penunggu yang ada di Gunung Salak. Sehingga di tempat ini sangat dilarang untuk melakukan hal-hal yang tidak baik, termasuk untuk berkata-kata kotor. Jika hal yang dilarang ini tetap dilakukan, banyak hal-hal yang tidak diinginkan dapat terjadi. Sudah mengerti hal tersebut, waktunya untuk menikmati keindahan alam dan hilangkan penat karena pekerjaan Anda.

Sebagai langkah awal, ketika memasuki pintu Gunung Salak, Anda akan disuguhkan dengan alam yang beragam. Terutama dalam kekayaan flora yang beragam, semilir angin yang berhembus membuat pengunjung enggan untuk pulang. Semakin masuk ke dalam, pengunjung mungkin akan bertemu berbagai fauna. Kemungkinan besar, pengunjung dapat bertemu dengan Owa, Macan Tutul hingga Elang Jawa. Ketika bertemu dengan hewan ini, sebaiknya tidak untuk diburu. Untuk menjaga kelestarian hewan hingga masa mendatang.

Untuk menikmati keindahan alam di tempat ini, banyak orang yang menyempatkan diri untuk berfoto. Karena banyak tempat untuk hunting foto disekitar gunung. Cukup mencari spot terbaik, maka foto yang instagramable akan segera didapat. Bagi pengunjung yang masih ingin mengeksplor gunung terindah di bogor ini, sebaiknya jangan melewatkan keindahan alam lainnya. Karena, terdapat berbagai tempat wisata alam yang dapat ditemukan di Gunung Salak.

Hal yang paling mudah dan sering ditemukan di sekitar Gunung Salak adalah adanya Curug. Air terjun di bogor ini memiliki ketinggian yang beragam. Jadi, cukup indah untuk dinikmati dan mencari makanan bagi para pecinta alam. Di curug ini pula pengunjung dapat menikmati air yang mengucur langsung secara alami. Kebanyakan sumber air curug ini adalah mata air ataupun merupakan ujung dari sebuah sungai. Karenanya, tidak perlu khawatir untuk menggunakan mata air ini untuk aktivitas memasak dan yang lainnya.

Lebih dari itu, pengunjung juga dapat menikmati keindahan alam lainnya. Adapun tempat wisata yang dimaksud adalah adanya Kawah Ratu. Kawah ini tercipta karena adanya dapur magma yang sempat ada di masa lalu. Untuk mengunjungi tempat ini, pengunjung harus masuk lebih jauh ke dekat puncak gunung. Selagi mengunjungi tempat ini, sebaiknya hanya memantau dari tempat yang jauh, agar tidak terkena uap panas dari kawah tersebut.

Tempat Wisata yang Tersedia Di Gunung Salak

Walaupun Gunung di bogor sendiri ini adalah tempat wisata, di dalamnya ternyata tersedia banyak tempat wisata lainnya. Tempat-tempat wisata inilah yang dapat dikunjungi para pengunjung secara langsung tanpa harus menginap ataupun melakukan kemping di tempat ini. Beberapa tempat wisata yang dapat dikunjungi adalah Curug, candi, makam keramat, hingga perkebunan. Tempat-tempat inilah yang diharapkan dapat membuat pengunjung merasa nyaman dan “betah” di Gunung Salak.

Curug adalah salah satu daya tarik untuk mengunjungi tempat ini. Karena tersedia beberapa curug yang cukup tinggi dan dapat dijadikan pilihan wisata bersama sahabat. Namun, untuk mengunjungi tempat ini, pengunjung harus melalaui akses jalan yang cukup sulit. Mengingat, tempatnya berada didataran yang cukup tinggi. Walaupun demikian, tetap banyak orang yang ingin dan menyempatkan diri untuk merasakan keindahan dari curug tersebut.

Tidak hanya curug, Gunung Salak rupanya memiliki beberapa buah Candi yang ada disekelilingnya. Adapun candi tersebut bernama, Candi Cibedug. Candi ini diketahui merupakan sebuah peninggalan kerajaan di Jawa Barat. Tidak heran, jika akhirnya Gunung Salak memiliki mitos dan kekuatan magis yang luar biasa. Rupanya, keberadaan kekuatan magis ditempat ini tidak hanya disebabkan adanya candi, melainkan disebabkan pula karena adanya makam keramat di sekitar jalur pendakian.

Makam keramat yang ditemukan oleh masyarakat setempat, memiliki bentuk seperti batu berundak. Tidak hanya itu, rupanya disekitar batuan, ditemukan beberaa situs lainnya. Namun, hingga saat ini, masih belum diketahui apakah bantuan ini merupakan peninggalan kerjaan. Ataupun peninggalan dari zaman kerajaan apa. Walaupun belum jelas dan berada dilokasi yang cukup sulit dikunjungi, rupanya tempat ini tetap menjadi perhatian dari masyarakat. Karenanya, ditempat ini sering diadakan ziarah ataupun acara-acara budaya.

Berbicara soal kegiatan budaya, rupanya masyarakat sekitar tempat wisata alam bogor ini masih menjalankannya. Salah satu kegiatan budaya yang masih dijalankan adalah kegiatan Sereh Taun. Kegiatan ini dijalankan untuk mengungkapkan rasa syukur karena panen telah berhasil. Pada kesempatan tertentu, Anda dapat mengikuti kegiatan upacara adat ini. Karena acara ini mungkin dilakukan antara bulan Juni hingga Desember. Jadi, datangilah tempat ini saat bulan-bulan tersebut. Jika beruntung, pengunjung dapat menikmati kebudayaan khas daerah dan sekaligus menikmati keindahan alam daerah.

Sarana Dan Prasarana Penunjang Di Taman Nasional Gunung Halimun Salak

Bila Anda tertarik untuk mengunjungi tempat ini, tidak perlu khawatir dengan fasilitas. Karena tempat ini sudah dikelola oleh pemerintah daerah, fasilitas di tempat ini cukup memadai. Contohnya, terdapat fasilitas untuk camping disekitar Gunung Salak. Karena area ini dikhususkan untuk camping, maka pengunjung membutuhkan ijin untuk melakukannya. Sehingga setiap perlengkapan yang dibutuhkan pun telah disediakan oleh pengelola.

Tidak hanya tempat camping di bogor, pihak pengelola menyediakan berbagai macam paket untuk berwisata. Dimulai dari paket untuk kemping hingga paket edukasi. Jadi, setiap paket ini dapat digunakan oleh setiap kalangan, termasuk pelajar sekalipun. Sedangkan untuk fasilitas lain, seperti kamar mandi dan tempat beribadah pun telah tersedia. Namun, fasilitas ini hanya tersedia disekitar masing-masing tempat wisata. Jadi, jika ingin menggunakannya sebaiknya datangi tempat wisata tersebut.

Ayo Mendaki Gunung di Bogor

Jadi, tertarikkah Anda untuk mengunjungi tempat ini? Jika demikian, sebaiknya siapkan waktu berlibur yang cukup panjang. Karena sangat sayang jika menjalankan liburan di Taman Nasional Gunung Halimun Salak, jika hanya beberapa saat. Karena tempat ini menyimpan sejuta kekayaan yang siap untuk dieksplor secara tuntas.