Menikmati Kesegaran Air Terjun Curug Panjang

Posted on

Negara Indonesia dari dulu memang sudah terkenal dengan destinasi wisata yang sangat berlimpah ruah, sehingga mendapat julukan sebagai surga wisata. Bukan hanya pengunjung domestik saja yang datang, karena ada banyak wisatawan asing yang penasaran dengan keindahan panorama alam dan ingin datang langsung untuk berlibur. Salah satu destinasi wisata favorit para pelancong adalah curug panjang dengan warna air yang jernih dan kebiruan.

Percikan suara air terjun yang mengalir, pasti akan menggugah keinginan Anda agar cepat-cepat mandi atau berenang disekitar curug untuk menikmati kesegaran airnya. Panorama alam yang disuguhkan juga sangat sejuk dengan dikelilingi oleh tumbuhan dan pepohonan hijau khas hutan tropis yang terasa sangat menenangkan.

Bisa dipastikan bahwa tempat wisata yang satu ini tergolong sangat murah dan banyak peminatnya.

Aktivitas Yang Dapat Anda Lakukan

Ada banyak aktivitas yang bisa Anda lakukan di curug panjang. Kegiatan tersebut dapat berupa renang, berendam di air, menikmati kesegaran air terjun, melihat pemandangan alam, berbicang-bincang atau ngobrol santai dengan kerabat dekat, bermain air dan masih banyak kegiatan lain yang lebih seru dan menyenangkan. Jika datang berlibur di tempat ini, maka sesudahnya Anda akan merasa lebih segar dan beban yang dipikul akan semakin ringan.

  • Tiket Masuk

Tiket masuk wisata yang diberikan oleh pihak pengelola kepada pengunjung ditawarkan dengan harga yang cukup sederhana yaitu Rp10.000 per orang bagi wisatawan lokal atau domestik. Sedangkan harga tiket yang diberikan untuk wisatawan asing sebesar Rp15.000 untuk seorang. Selisih harga antara wisatawan lokal dan wisatawan asing tidak jauh berbeda yaitu hanya Rp5.000 saja, harga yang diberikan cukup adil. Pengenaan biaya tiket masuk tersebut bertujuan untuk memperbaiki akses jalan, fasilitas wisata dan biaya kebersihan.

Lokasi Wisata Curug Panjang

Bogor merupakan sebuah kota yang berada di dataran tinggi, sehingga tidak heran jika terdapat banyak wisata air terjun yang disuguhkan. Wisata curug panjang adalah salah satunya. Letak wisata ini beralamat di kecamatan megamendung, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat.

Jika Anda berada di daerah bogor, carilah petunjuk jalan yang mengarah ke kecamatan megamendung. Setelah itu, ikuti papan petunjuk jalan menuju lokasi wisata curug panjang. Atau bisa juga Anda menggunakan google map sebagai alat bantu.

  • Akses Jalan

Sangat disayangkan bahwa destinasi wisata di puncak yang terkenal sangat indah dan menakjubkan, mempunyai kekurangan yang harus diperbaiki. Kekurangan tersebut datang dari akses jalan yang disediakan untuk menuju lokasi wisata. Kondisi jalan yang sempit dan berliku-liku dengan medan jalan yang naik turun dan didominasi oleh krikil membuat para pengunjung harus hati-hati dan selalu waspada dalam mengendarai kendaraan agar bisa selamat sampai tujuan. Dengan kondisi jalan yang seperti ini, tidak jarang pengunjung yang mengeluh.

Pesona Tempat Wisata

Curug panjang yang merupakan tempat wisata daerah bogor mempunyai pesona atau daya tarik tersendiri untuk membuat penasaran. Salah satu daya tariknya yaitu memiliki suasana yang masih asri dan alami serta belum terlalu dikenal.

Anda akan lebih leluasa untuk menikmati keindahannya. Selain itu, mayoritas penduduk disekitar wisata adalah orang sunda yang terkenal dengan keramah-tamahannya kepada orang baru atau pengunjung, sehingga Anda akan lebih mudah berada di sana.

Kode Etik Berwisata

Kode etik merupakan sebuah aturan yang berlaku di dalam masyarakat atau sistem sosial baik yang tertulis dan tidak tertulis. Sama halnya dengan berwisata, terdapat hal-hal yang boleh dilakukan dan yang tidak boleh dilakukan. Walaupun memang peraturan dari tempat wisata satu dengan yang lainnya berbeda. Untuk itu pada tulisan kali ini, akan diberikan penjelasan kode etik wisata secara umum agar Anda mudah untuk memahami, diantara lain yaitu :

  • Menjaga kebersihan

Keindahan alam merpakan anugrah terindah yang diberikan Tuhan kepada hambanya untuk dijaga dan dilestarikan. Salah satu cara melestarikannya yaitu dengan menjaga kebersihan tempat wisata dan tidak membuang sampah sembarangan.

Kesadaran masyarakat dan pengunjung akan hal ini akan berdampak positif bagi lingkungan wisata. Begitupun sebaliknya, lingkungan wisata akan menjadi kumuh dan tidak terawat bila masyarakat dan wisatawan tidak perduli dengan kebersihan

  • Sopan santun

Sebagai pendatang yang ingin merasakan liburan di tempat baru, alangkah baiknya jika Anda tetap menjaga sopan santun dan tatakrama yang berlaku di daerah tersebut. Sikap menghargai adat istiadat tempat wisata sangat diperlukan jika Anda berkunjung ke suatu tempat.

Terlebih di daerah bogor yang mayoritas penduduknya sangat ramah, maka Anda juga harus menunjukkan sopan santun agar diterima di sana dan tidak mengecewakan penduduk setempat.

  • Menghargai adat istiadat

Suatu daerah tentunya memiliki adat istiadat atau peraturan yang harus dipatuhi. Salah satu contoh yang umum diterapkan yaitu tidak boleh berkata kasar, berteriak-teriak, mengumpat atau melontarkan kata-kata yang tidak senonoh. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi sesutu hal yang tidak diinginkan.

Pada dasarnya, semua makhluk hidu yang diciptakan oleh Tuhan harus hidup saling berdampingan. Karena di dunia ini, bukan hanya manusia yang ada, melainkan makhluk tak kasat mata juga harus kita hargai keberadaannya.

  • Tidak meninggalkan jejak

Sangat disayangkan apabila sebuah tempat wisata yang pada awalnya bagus dan alami, akan tetapi setelah dikunjungi oleh wisatawa menjadi rusak dengan meninggalkan bekas coretan pada fasilitas wisata atau bahkan merusak alam. Sikap jelek seperti ini harus sama-sama kita buang.

Jadilah pengunjung yang lebih terhormat dengan tidak meninggalkan jejak apapun serta tidak merusak dan mengambil sesuatu apa pun dari tempat wisata kecuali mengambil gambar.

  • Saling menghargai

Destinasi wisata merupakan tempat umum yang diperuntukkan kepada siapa pun yang ingin menikmatinya dengan membayar biaya yang telah direkomendasikan. Untuk itu, bagi Anda yang akan mengunjungi tempat wisata, salah satu contohnya adah curuk panjang.

Maka Anda sebagai wisatawan harus saling menghargai, baik itu dari kalangan wisatawan lain, masyarakat sekitar dan alam yang telah menyediakan pemandangan indah tersebut.

  • Tidak merusak fasilitas

Sebagai tamu, seharusnya Anda juga ikut menjaga dan melindungi tempat wisata agar tetap baik dan bagus seperti semula, baik itu dari segi fasilitas, tempat maupun spot-spot selfie yang disediakan.

Semua fasilitas yang telah disediakan dibuat untuk membantu dan mempermudah Anda ketika berada di tempat wisata. Apabila rusak, maka pengelola wisata dan pengunjung juga yang akan rugi karena keindahan tempat akan terlihat rusak dan jelek.

Jika Anda kurang puas hanya menikmati satu hari di wisata Curug Panjang, maka pengelola wisata telah menyiapkan fasilitas ngecamp untuk disewakan. Beberapa fasilitas tersebut diantaranya yaitu tenda, sleepping bag, matras dan alat lainya yang dibutuhkan. Dengan kegiatan camping ini, liburan Anda dan kerabat akan semakin berkesan dan tentunya menyenangkan. Dan jangan sampai lupa untuk selalu mengingat dan menerapkan kode etik dengan benar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *