Hutan Pinus Tempat Wisata Gunung Pancar Sentul Bogor

Posted on

Bogor merupakan salah satu kota yang menawarkan berbagai pilihan wisata alam. Salah satu destinasi wisata yang dapat dijadikan pilihan untuk berlibur adalah Taman Wisata Gunung Pancar. Wisata ini merupakan tujuan yang tepat untuk berlibur sendiri maupun bersama-sama. Anda bisa berlibur untuk mencari ketenangan atau bahkan bisa merasakan keseruan dengan kegiatan yang ditawarkan oleh pihak pengelola Taman Wisata Gunung Pancar.

Dengan ketinggian 800 meter diatas permukaan laut, kawasan Gunung Pancar terasa sejuk dan bebas dari polusi. Obyek Wisata daerah sentul ini juga masih termasuk dalam kawasan Perum Perhutani, tak heran jika kelestariannya sangat terjaga. Hutan yang ada di kawasan Gunung Pancar didominasi oleh pohon pinus. Namun, Anda juga bisa menemukan beberapa jenis pohon lainnya seperti pohon puspa, rotan, jamuju, saninten dan rasamala.

Gunung Pancar dipercaya oleh masyarakat setempat sebagai pondasi bumi yang pertama kali ada. Menurut cerita turun temurun, saat bumi diciptakan belum ada gunung sehingga kerap terjadi gempa. Melihat keadaan tersebut, diciptakanlah gunung sebagai pasak agar bumi lebih tenang. Gunung inilah yang dipercaya sebagai gunung yang pertama kali ada. Pancar berarti muncul yang pertama.

Suasana di Gunung di bogor ini sangat cocok untuk Anda yang mendambakan liburan di suasana tenang dan asri. Pemandangan di keseluruhan lokasi juga sangat indah dan bagus untuk sesi pemotretan. Pihak pengelola pun menawarkan paket prewedding dengan harga yang terjangkau.

Kegiatan di Kawasan Obyek Wisata Hutan Pinus Gunung Pancar

Liburan yang seru bias dilakukan bersama dengan rombongan ataupun hanya sendirian. Tentu saja setiap pilihan memiliki kelebihan masing-masing. Berlibur sendirian dapat menimbulkan ketenangan dan Anda bisa menikmati liburan sesuka hati. Namun, berlibur bersama dengan rombongan juga tak kalah mengasyikkan. Anda bisa saling mengakrabkan diri dengan yang lainnya sembari menikmati suasana alam yang asri.

Ada beberapa hal yang bias Anda lakukan untuk mengisi liburan di Taman Wisata Gunung Pancar. Ada yang disediakan untuk rombongan, ada pula yang bias dinikmati sendiri. Pihak pengelola menawarkan beberapa kegiatan untuk liburan yang seru. Berikut adalah beberapa aktivitas yang bias Anda pilih

  1. Camping

Jika Anda hadir bersama rombongan dan ingin menikmati kekraban yang dipadu dengan ketenangan hutan pinus, Anda bisa memilih camping. Tempat camping di bogor ini memang disediakan area camping. Camping merupakan cara yang tepat untuk menghabiskan waktu berlibur lebih lama di area yang menyenangkan. Selain itu, Anda juga bisa melengkapi kegiatan camping dengan berbagai macam outbond. Ada 2 macam paket camping yang disediakan, yakni paket umum dan khusus.

  • Glamping

Jika Anda tidak ingin repot menyiapkan segala sesuatu untuk camping namun ingin merasakan sensasinya, Anda bisa memilih glamping atau glamour camping. Ini merupakan camping versi mewah dimana Anda tinggal menerima beres karena semuanya telah dipersiapkan oleh pihak pengelola. Fasilitas yang disediakan juga sangat lengkap dan dirancang dengan meriah. Anda akan merasakan pengalaman camping yang berbeda dengan biasanya.

  • Mandi di Giri Tirta Hot Spring

Setelah beraktivitas menjelajahi hutan pinus, tentunya tubuh terasa lelah. Anda bisa menggunakan fasilitas air panas yang ada di disana. Setelah berendam, tentunya tubuh Anda akan terasa rileks. Air yang ada di kolam merupakan air alami dari giritirta resort. Air panas ini tidak mengandung belerang sedikitpun sehingga tidak berbau menyengat.

  • Team Building

Acara ini cocok untuk kegiatan rombongan, baik keluarga ataupun kawan-kawan. Tujuan kegiatan ini adalah untuk membangun kerjasama sehingga sangat cocok untuk kegiatan kantor, pendidikan ataupun organisasi. Melalui kegiatan ini, diharapkan mampu meningkatkan kemampuan kerjasama antar personal.

Team Buiding ini dirancang dengan berbagai macam outbond yang menantang serta fun games. Selain menyenangkan, ada berbagai manfaat yang bisa diambil dari keseluruhan kegiatan. Tentu saja akan disediakan pemandu professional sehingga keamanan Anda beserta seluruh rombongan selalu terjamin.

  • Ameera Cofe

Jika Anda ingin benar-benar bersantai di Obyek Wisata Gunung Pancar, Anda bisa memasuki kawasan Ameera Coffee. Ameera Coffee sangat cocok bagi pecinta kopi. Tempat ini merupakan salah satu tempat makan yang ada di kawasan gunung sekitar sentul city tersebut. Uniknya, tempat ini berbeda dengan cafe yang biasa ada di perkotaan.

Jika tempat kopi di perkotaan cenderung di desain dengan mewah, Ameera Coffee menghadirkan kesan sederhana dan alami.Anda akan disuguhi dengan makanan serta minuman di bawah naungan hutan pinus. Harga yang ditetapkan pun sangat hemat di kantong.

Biaya untuk Berlibur di Taman Wisata Gunung Pancar

Harga tiket masuk ke Taman Wisata Gunung Pancar pada hari biasa untuk pengunjung domestic adalah Rp5.000, sedangkan untuk pengunjung mancanegara sebesar Rp100.000. Harga tiket untuk akhir pecah dan hari libur untuk pengunjung domestic sebesar Rp7.500, sedangkan untuk wisatawan mancanegara sebesar Rp150.000.

Tarif parkir kendaraan pun dibedakan untuk hari biasa dan hari libur. Pada hari biasa, tiket kendaraan roda dua seharga Rp5.000 dan kendaraan roda empat seharga Rp10.000. Pada hari libur, tarif naik menjadi Rp7.500 untuk kendaraan rodadua serta Rp10.000 untuk kendaraan roda empat.

Ada beberapa fasilitas lain yang dikenakan biaya tambahan, seperti misalnya hammock dengan biaya Rp20.000 perbuah tanpa ada batas waktu. Pemandian air panas juga dikenai tiket karena pengelolanya berbeda dengan Tempat kemping bogor. Biaya masuk ke pemandian air panas adalah Rp25.000. Anda juga bisa melakukan pemotretan untuk pre wedding di kawasan taman. Biaya untuk pemotretan adalah Rp750.000 namun belum mencakup biaya tiket masuk. Anda bebas memilih spot dimanapun asalkan tidak digunakan untuk kegiatan lainnya.

Lahan yang ada di Lokasi Wisata Air panas Gunung Pancar bisa disewa dengan biaya dihitung per orang dan waktu. Biaya sewa selama satu hari sebesar Rp25.000 per orang. Sedangkan biaya sewa selama 2 hari 1 malam adalah Rp35.000. Untuk lama sewa 3 hari 2 malam sebesar Rp45.000.

Sedangkan penyewaan lahan untuk camping hanya dihitung berdasarkan waktu saja dan lokasi. Tarif sewa lahan camping di Bukit Batu Gede adalah Rp3.700.000 per malam. Sedangkan di Bukit Batu Hijau seharga Rp3.500.000 dan Lembah Hijau sebesar Rp2.500.000. Tarif sewa di Lembah Pakis adalah Rp2.500.000 per malam.

Akses Menuju Taman Wisata Gunung Pancar

Taman Wisata Gunung Pancar terletak di Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat. Lokasinya berjarak sekitar 23 km dari pusat Bogor. Jika Anda berangkat dari arah Jakarta atau Bogor, silahkan keluar dari Tol Sentul Selatan dan masuk melalui Tol Jagorawi. Setelah Anda keluar dari tol. Anda akan melihat Belllanova Mall dan persimpangan. Ambilkan belokan ke kiri menuju ke Jl. MH Thamrin. Ikuti petunjuk yang ada di jalan sampai Anda menemukan gerbang taman. Kemudian ambil jalan kekanan dan Anda akan tiba di loket Tempat Wisata Gunung Pancar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *