Menikmati Sejuknya Air Terjun di Curug Cibadak Loji Bogor

Posted on

Kota Bogor khususnya kawasan puncak menyimpan berbagai pesona alam yang sangat indah. Ada berbagai macam destinasi alam yang harus Anda kunjungi saat berlibur. Kota Bogor terkenal dengan sebutan Kota Seribu Curug. Itu tandanya, ada berbagai macam curug menarik di Kota Bogor, seperti misalnya Curug di resort gunung salak ini. Curug Cibadak memiliki luas hingga 113.357 hektar. Kawasan wisata satu ini diresmikan pada tahun 2003. Curug Cibadak Bogor berada di ketinggian 900 meter di atas permukaan laut.

Curug yang bagus ini terletak di kawasan Taman Nasional Halimun dan Gunung Salak (TNHGS). Curug ini berada di antara tebing-tebing Gunung Salak. Area sekitar Curug terlihat seperti hamparan kehijauan yang dilengkapo dengan air yang mengalir dari puncak tebing. Tak jarang, panorama ini mengingatkan pengunjung akan pesona Shangri-La. Curug Cibadak terlihat kelas dari kecamatan, terutama setelah hujan karena volume air lebih deras dari biasanya.

Air di Curug sangat jernih dan dingin. Arusnya tidak terlalu deras sehingga cukup aman jika anda ingin bermain-main di area curug. Ada sebuah penampungan air alami yang dapat digunakan untuk menikmati sejuknya air dengan berendam. Penampungan yang tampak seperti Jacuzzi alami ini tampak ini cukup dalam.

Curug Cibadak Bogor terletak di zona Pengunungan Selatan daerah Jawa Barat. Selain itu masih termasuk dalam zona perbukitan yang saling melekat dan menghadap pantai. Asal mula penamaan curug disebabkan oleh aliran jatuhnya yang tergolong besar. Bahasa sunda dari kata besar adalah badak. Tak herah jika oleh masyarakat setempat diberi nama Curug Cibadak yang dapat diartikan sebagai air terjun yang memiliki aliran besar.

Akses Menuju Curug Resort Gunung Salak

Curug ini berjarak sekirar 15 km dari Kota Bogor. Perjalanan yang perlu ditempuh kira-kira 1 jam hingga 1,5 jam. Ada beberapa jalur yang bisa digunakan untuk mencapai Curug Cibadak Bogor. Jika Anda berangkat dari Kota Bogor dan menggunakan kendaraan pribadi, arahkan kendaraan Anda ke Lawang Gintung, yakni jalan menuju perumahan The Jungle atau Bogor Nirwana Residence. Setelah tiba di pertigaan Batu Tulis, ambil belokan ke kiri dan melewati stasiun Batu Tulis. Tak jauh dari stasiun, Anda akan menemukan pertigaan. Ambil belokan kanan kea rah Cijeruk. Ikuti jalan hingga melalui Pamoyanan, Cihideung, Cibadak, Pasir Jaya dan Loji.

Jika Anda berangkat dari Sukabumi, berjalanlah dari Stasiun Cigombong. Jalan terus hingga melalui Cijambu, Pasir Jaya serta Loji. Namun, jika Anda berangkat dari Ciawi, Anda bisa melalui jalan dekat Pasar Caringin. Jalan lurus terus hingga melewati Stasiun Maseng. Ikuti jalan hingga sampai di Cibadak. Lanjutkan perjalanan hingga melewati Pasir Jaya dan Loji.

Setelah sampai di Kampung Loji, Anda akan melihat papan yang bertuliskan Curug Cibadak dan Suaka Elang. Papan tersebut berada di depan jalan masuk sehingga mudah terlihat. Jarak yang perlu Anda tempuh dari pintu masuk sampai ke Curug Cibadak Bogor sekitar 1,5 km. Perjalanan hanya bisa ditempuh dengan berjalan kaki. Jalan menuju curug sudah dibeton sehingga tak perlu khawatir terpeleset.

Setelah sampai di pintu masuk, tepatnya di depan Kantor Resort Gunung Salak, Anda diharuskan membayar tiket masuk. Setelah urusan administrasi selesai, perjalanan dilanjutkan melalui jalan setapak area perkemahan. Kemudian ada jembatan gantung yang harus Anda lalui untuk sampai di curug.

Biaya Masuk ke Area Curug Cibadak Bogor

Biaya yang Anda perlukan untuk berlibur di area Curug Cibadak Loji terbilang cukup murah. Anda hanya perlu mengeluarkan Rp5.000 untuk memasuki kawasan curug. Selain mengunjungi curug, dengan biaya semurah itu Anda juga bisa mengunjungi Pusat Penelitian dan Rehabilitasi Suaka Elang. Harga tiket tersebut juga berlaku untuk menikmati fasilitas yang ada seperti MCK. MCK terletak di area kantor penangkaran elang serta lokasi kemah.

Tips Berkunjung ke Curug Cibadak Bogor

Curug Cibadak merupakan destinasi alam yang cocok bagi Anda yang menyukai wisata alam yang menyegarkan dan menantang. Setelah berjalan, Anda akan disuguhi dengan kesegaran yang ditimbulkan oleh air dengan debit yang besar. Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan agar liburan ke Curug Cibadak Bogor tetap aman dan menyenangkan.

  1. Perhatikan Cuaca

Bogor merupakan kota dengan intensitas hujan yang cukup tinggi sehingga disebut sebagai Kota Hujan. Hujan pun bisa turun secara mendadak. Oleh karena itu, cek perkiraan cuaca kawasan Curug Cibadak Bogor. Sebaiknya pilihlah saat cuaca sedang cerah sepanjang hari. Curug akan tampak lebih indah saat cuaca cerah. Lagipula, jika Anda datang selepas terjadi hujan, biasanya air curug agak keruh karena ada sedimen tanah yang terbawa. Trek menuju curug pun biasanya lebih licin sehingga cukup membahayakan.

  • Memilih Waktu

Waktu yang ideal untuk berkunjung ke curug adalah saat pagi hari. Suasana alam saat pagi hari tentunya lebih terasa sejuk. Selain itu, waktu Anda juga lebih panjang sehingga bisa menikmati panorama serta bermain di air lebih bebas tanpa terburu-buru. Pada pagi hari juga kemungkinan untuk terjadi hujan lebih kecil lagi. Anda pun tidak perlu khawatir pulang terlalu petang.

Pihak pengelola Air terjun memperingatkan bahwa batas kembali paling lambat dari curug adalah pukul 16.30. Mereka juga memperingatkan pengunjung untuk segera kembali jika puncak Gunung Salak terdeteksi sedang hujan deras. Hal ini demi keamanan pengunjung saat berlibur.

Selain banjir, dikhawatirkan akan terjadi tanah longsor dan pohon tumbang yang menutupi jalur. Hati-hati dengan area tetap dibawah air terjun karena biasanya kedalamannya tidak diketahui. Apalagi ketinggian curug mencapai 100 meter.

  • Membawa Bekal

Di area Curug Cibadak Bogor tidak ada warung. Begitu pula di area bumi perkemahan. Oleh karena itu, sebaiknya Anda membawa perbekalan, minimal minuman dan makanan ringan. Selepas bermain air dan menempuh perjalanan, tentunya Anda akan merasa kelelahan. Energi Anda sebaiknya diisi kembali sebelum menempuh perjalanan pulang.

  • Menjaga Kebersihan

Keindahan alam akan selalu memikat jika kebersihannya selalu terjaga. Tentunya menjadi pemandangan yang kurang menyenangkan jika area wisata alam yang seharusnya menyegarkan namun terlihat kotor. Untuk itu, semua pengunjung harus berpartisipasi dalam menjaga kebersihan. Bawa kembali sampah sisa perbekalan Anda. Jangan tinggalkan barang Anda di area curug.

  • Membawa Pakaian Ganti

Saat berlibur ke curug, tentunya terasa tak lengkap jika tidak bersentuhan dengan airnya yang segar. Sebelum berangkat, jangan lupa menyiapkan pakaian ganti. Siapkan baju yang sederhana dan tidak menyusahkan perjalanan pulang. Anda bisa berganti baju di MCK yang disediakan oleh pengelola curug.

  • Menyiapkan Kamera

Pemandangan curug yang sangat indah tentunya sangat sayang jika tidak diabadikan. Sebaiknya Anda menyiapan peralatan untuk merekam momen maupun pemandangan. Anda bisa membawa kamera ataupun cukup dengan ponsel. Untuk hasil foto yang lebih maksimal, Anda bisa membawa tripod atau tongsis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *