Sejuknya Hutan Pinus di Bumi Perkemahan Suaka Elang Loji Bogor

Posted on

Bogor adalah suatu daerah yang ada di Indonesia dan memiliki tempat wisata yang beragam. Hampir semua tempat liburan tersedia di tempat ini, dimulai dari wisata sejarah hingga tempat camping. Dari semua tempat wisata tersebut, wajib untuk Anda mendatangi Suaka Elang Loji Bogor. Karena disini, kepenatan karena pekerjaan dan kelelahan karena perjalanan akan segera hilang. Namun, fasilitas apa sajakah yang tersedia di tempat ini?

Menurut informasi, tersedia banyak tempat wisata dan wahana yang dapat dikunjungi. Bahkan, jika tidak mendatangi tempat ini dalam waktu lama, kemungkinan semua tempat tidak dapat dijalani. Namun sebelum terlalu jauh membahas hal tersebut, penting untuk mengetahui tentang tempat ini.

Karenanya, kami akan menjelaskan terlebih dahulu tentang tempat wisata ini. Sehingga, tempat ini dapat dijadikan pertimbangan untuk dikunjungi bersama keluarga ataupun rekan lainnya.

Tentang Destinasi Wisata Suaka Elang Loji Bogor

Hal ini penting untuk diketahui, bahwa sebenarnya area ini bukanlah tempat wisata umum. Melainkan, tempat ini merupakan tampat penangkaran elang dari berbagai jenis spesies. Area ini baru saja dibangun pada tahun 2007, tujuan awalnya tempat ini dibangun untuk merehabilitasi Elang yang ditangkap secara ilegal. Ataupun yang diserahkan warga ke dinas terkait. Perlu diketahui, tempat ini dibangun sesuai kebutuhan pemerintah, karena Elang merupakan hewan yang dilindungi.

Area yang dibangun secara khusus ini memiliki beberapa lokasi kandang. Pertama, kandang untuk display yang dapat diakses oleh pengunjung. Dari kandang inilah, Anda dapat memperkenalkan Elang yang ada pada anak-anak. Sedangkan kandang rehabilitasi dan kandang pelepasan tidak dapat diperlihatkan. Alasannya, agar Elang berada sejauh mungkin dari jangkauan manusia dan tidak kaget saat kembali ke habitatnya.

Pada kandang display, tersedia berbagai jenis Elang yang dapat diperkenalkan. Anda dapat mengambil gambar pula untuk kebutuhan media sosial. Namun, pastikan untuk tidak menggunakan blitz atau flash. Karena hal ini dapat menganggu kenyamanan Elang. Untuk mendapatkan angle terbaik, carilah kandang dan Elang yang sedang menghadap ke depan. Sehingga memperindah hasil dan sesuai dengan yang diinginkan.

Itulah sekilas tentang area wisata ini. Jadi perlu diingat, bahwa tempat ini bukan tempat wisata umum melainkan tempat wisata edukasi. Jadi, area cukup tepat untuk dikunjungi bersama anak-anak ataupun komunitas pecinta Elang. Sesudah mengetahui informasi tempat ini, waktunya mengetahui tips apa saja yang dapat diikuti untuk mendatangi tempat ini. Sehingga, perjalanan wisata tidak terganggu dan mendapatkan pengalaman yang maksimal.

Tips Berkunjung Ke Suaka Elang Loji Bogor

Berikut ini kami sampaikan tentang tips untuk berkunjung ke tempat ini. Sehingga rencana perjalanan tidak akan mengalami kendala dan dapat dilakukan persiapan dengan matang. Berikut informasinya.

  1. Perhatikan Jenis Kendaraan yang Digunakan

Hal pertama dan utama untuk di perhatikan adalah jenis kendaraan yang digunakan. Mengapa? Karena track yang harus dilewati cukup terjal. Sebagai saran, disarankan untuk menggunakan jenis kendaraan seperti jeep dan jangan gunakan sedan. Mengingat, jalan yang ditempuh cukup mendaki.

  • Jangan Berenang Dekat Air Terjun

Karena disekitar area terdapat wisata air terjun curug cibadak loji , penting untuk memperhatikan aturan yang ada. Air terjun yang ada di tempat ini dapat berubah sewaktu-waktu, baik deras ataupun tenang. Karenanya, penting untuk Anda tidak berenang terlalu dekat dengan air terjun. Karena tidak pernah diketahui, arus berubah dan akan membahayakan diri.

  • Gunakan Smartphone Sebagai Penunjuk Arah

Untuk Anda yang baru pertama kali mendatangi tempat ini, mungkin mencapai tempat ini cukup sulit. Karenanya, pengunjung dapat dibantu dengan keberadaan smartphone. Dengan menggunakan smartphone, akan didapatkan lokasi tempat ini dengan lebih cepat dan tepat.

  • Jangan Membuat Api

Karena tempat ini merupakan wisata edukasi, sebaiknya perhatikan tentang aturan ini. Adapun aturan yang dimaksud adalah jangan membuat api di sekitar daerah camping. Hal ini penting, mengingat di sekitar area terdapat pohon pinus yang cepat menyambar bila tersulut api.

  • Simpan Barang di Tenda

Jika ingin melakukan tracking disekitar area atau mendatangi air terjun, sebaiknya tinggalkan barang Anda di dalam tenda. Jadi, hilangkan keinginan untuk membongkar tenda yang telah dibangun dan tinggalkan barang-barang di tempat ini. Namun pastikan bahwa tenda dilengkapi dengana alat pengaman. Sehingga tidak ada barang yang hilang dan membantu untuk lebih menikmati keindahan air terjun.

Itulah beberapa tips yang dapat dilakukan sebagai persiapan sebelum berwisata. Setelah mengetahui hal tersebut, berikutnya Anda harus mengetahui tentang keindahan alam yang ada di sekitar area.

Keindahan Alam Di Area Camping Ground Suaka Elang Bogor

Selain suaka burung elang, tempat ini juga dilengkapi dengan titik-titik tertentu yang bisa dijadikan sebagai salah satu daya tarik bagi pengunjung. Berikut ulasannya.

  1. Jembatan Ditengah Rimbun Pohon

Berkunjung ke area ini, sangatlah sayang jika tidak menikmati keindahan jembatan yang ada di dalam hutan. Pada bagian bawah jembatan, Anda dapat melihat sungai yang mengalir deras. Selain sungai, di sekitar jembatan tersedia pepohonan yang rimbun. Melihat keindahan ini, tentu pengunjung berlomba-lomba untuk berfoto dan mengabadikannya. Namun, saat mengunjunginya penting untuk menjaga keamanan karena jembatan ini merupakan jembatan gantung.

Tidak jarang, terdapat pasangan yang menjadikan tempat ini sebagai spot pre wedding. Hal ini penting untuk dicatat, karena mungkin saja Anda tertarik untuk menggunakannya sebagai spot pre wedding bersama pasangan. Untuk berjalan di atas jembatan, sebaiknya lakukan dengan hati-hati. Perhatikan pula berapa banyak pejalan kaki yang dapat naik ke jembatan. Agar tidak membahayakan keselamatan.

  • Curug Cibadak

Tidak hanya jembatan, Anda dapat mendatangi area wisata lain di tempat ini. Area yang dimaksudkan adalah mendatangi Curug Cibadak yang berjarak 1 jam dari area camping. Curug ini memiliki tinggi hampir 20 meter, jadi dapat terbayangkan keindahan dari curug ini. Bagi yang memiliki kesempatan, jangan lupa untuk berswafoto di sini. Karena keindahannya begitu menawan dan sangat sayang jika dilewatkan. Walaupun memiliki ketinggian yang cukup tinggi, tempat ini memiliki kolam yang kecil. Karenanya, minim aktivitas air yang dapat dilakukan.

Tiket Masuk Wisata Edukasi Elang Suaka Loji

Inilah informasi yang mungkin Anda ingin tahu sedari tadi, yaitu tentang berapakah harga tiket masuk ke tempat. Sejauh ini, tidak ada harga yang ditetapkan untuk masuk ke tempat ini. Karena, hanya tersedia biaya parkir untuk kendaraan pengunjung. Misalnya, Anda ingin mendatangi tempat ini untuk sekedar berwisata tanpa menginap, pengunjung akan dikenakan biaya Rp 10.000/kendaraan.

Sedangkan, untuk kendaraan tamu yang menginap, harus membayarkan biaya Rp 25.000/kendaraan. Karena terdapat tarif yang berbeda, sebaiknya siapkan dana lebih dalam bentuk uang pecahan kecil. Sehingga tidak menganggu kegiatan wisata yang akan dilakukan di tempat ini.

Dalam artikel ini, telah tersedia tips yang dapat dilakukan sebelum berwisata. Sebaiknya, ikuti tips tersebut sehingga wisata di Suaka Elang Loji ini dapat berjalan dengan lancar. Bila masih kekurangan informasi saat di tempat, sebaiknya cari informasi tambahan melalui penduduk setempat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *