Jembatan Gantung dan Rumah Pohon di Curug Ciherang Jonggol

Posted on

Berwisata sekaligus menantang adrenalin sangatlah menyenangkan dilakukan. Terlebih jika Anda melakukannya untuk melepaskan penat karena pekerjaan. Maka, Curug Ciherang adalah tempat terbaik untuk menjalankan wisata tersebut. Curug ini merupakan tempat wisata alam yang sedang booming di masyarakat. Kebanyakan orang menyukainya karena pemandangan yang indah dan rumah pohon yang menambah kenyamanan pengunjungnya.

Curug ini, memiliki banyak fasilitas yang membuat nyaman setiap pengunjungnya. Tidak heran, jika pengunjung di tempat ini selalu bertambah dan ramai dikunjungi. Walaupun telah booming, tidak banyak orang yang mengetahui lokasi tepat tempat ini.

Sehingga tidak terjadi kesalahan perjalanan saat menuju tempat wisata. Untuk itu, akan dijelaskan tentang lokasi tempat wisata secara detail, sehingga dapat membantu Anda.

Lokasi Tempat Wisata Curug Ciherang

Untuk mendatangi tempat ini, Anda harus menemukan sebuah desa yang bernama Sirnajaya daerah Bogor. Atau tepatnya, kunjungilah Sirnajaya, Wargajaya, Sukamakmur Bogor. Setelah menemukan tempat ini, pengunjung akan menemukan curug yang sedang booming di masyakarat. Jika masih kesulitan dan tidak menemukannya, sebaiknya gunakan bantuan google maps. Sehingga lokasi dapat ditemukan dengan lebih mudah.

Masalah kendaraan, Anda dapat menggunakan beragam kendaraan untuk mencapai tempat ini. Namun, pastikan bahwa kendaraan ini berada dalam kondisi yang terbaik. Mengingat, jalan yang ditempuh cukup terjal dan memiliki jarak tempuh yang cukup jauh. Bila memungkinkan, pastikan pula siapkan fisik dalam kondisi terbaik. Karena, pengunjung harus berjalan kaki selama 15 menit untuk mencapai curug dari tempat parkir.

Berapakah Harga Tiket Masuk Curug Ciherang

Selain mempersiapkan kendaraan, mempersiapkan dana adalah hal yang perlu diperhatikan. Mengingat, tempat yang dikunjungi tidak menyediakan mesin ATM ataupun bank yang dapat dikunjungi sewaktu-waktu. Karenanya, disarankan untuk menyiapkan dana dalam uang pecahan kecil dan pisahkan uang tersebut dalam kantong-kantong. Tujuannya, agar tidak terjadi kehilangan uang, jika dana terjatuh saat melakukan wisata. Dari semuanya itu, berapakah harga tiket masuk tempat ini?

Harga tiket masuk yang diperlukan adalah Rp 10.000/orang. Namun, siapkan pula dana untuk parkir kendaraan, untuk parkir mobil Rp 25.000 sedangkan motor Rp 10.000/motor. Tiket ini dihitung dalam satu kali parkir, jadi tidak perlu khawatir jika harga akan bertingkat jika dilakukan berhari-hari. Selain tiket tersebut, Anda harus menyiapkan dana untuk masuk ke rumah pohon, yaitu Rp 2.000/orang. Jadi, untuk menikmati semua fasilitas tersebut, siapkanlah dana Rp 50.000/orang.

Ketersediaan Fasilitas di Tempat Wisata

Untuk mendukung kenyamanan dan keselamatan pengunjung selama berwisata, tersedia banyak fasilitas di tempat ini.

  1. Tempat Ibadah Muslim

Pertama, fasilitas tempat ibadah, yaitu Mushola. Jadi, untuk pengunjung yang ingin melaksanakan ibadah tetap dapat melakuknnya tanpa takut kehabisan waktu shalat. Namun pastikan tempat tetap bersih, sehingga dapat dinikmati oleh pengunjung lainnya. Mengingat, tempat ini merupakan tempat ibadah yang harus selalu dijaga kebersihannya.

  • Tempat Makan

Kedua, tersedia warung makan dan tempat makan lainnya. Untuk Anda yang tidak membawa makanan ke tempat ini karena berbagai alasan, tidak perlu khawatir. Karena disini, tersedia terdapat warung makan yang dapat dikunjungi. Inilah salah satu alasan, mengapa perlu disediakan dana dalam pecahan kecil. Karena, harga yang ada di warung-warung makanan ini cukup terjangkau dan tersedia banyak pilihan yang dapat disesuaikan dengan makanan favorit.

  • Tersedia Kuliner Khas Bogor

Untuk yang ingin mengonsumsi makanan khas Kota Bogor, pun tersedia di tempat ini. Inilah keunggulan dari berwisata ke tempat ini, karena selain mendapatkan pemandangan indah pengunjung dapat menikmati wisata kuliner. Selain mengonsumsinya di tempat, pengunjung bisa membeli makanan dan dibawa ke tempat wisata. Namun, pastikan untuk membuang sampah bekas makanan ke tempat yang disediakan. Sehingga, tempat wisata dapat dinikmati dalam waktu panjang dan kelestariannya terjaga.

  • Kamar Mandi Bersih

Ketiga, toilet dan kamar mandi. Hal ini penting, untuk Anda yang ingin menganti baju atau mandi setelah berenang di kolam curug. Tersedia beberapa kamar mandi yang dapat diisi untuk melakukan aktivitas privat tersebut. Tidak perlu khawatir, karena kamar mandi selalu dibersihkan dan dirawat oleh pengelola.

Keindahan dan Kekayaan Alam Air Terjun Ciherang

Kebanyakan orang yang telah mengunjungi tempat ini, sangat terpesona dengan keindahan air terjun ini. Mengingat, keindahannya berbeda dengan tempat lain.

  1. Air Terjun Beranak Tangga

Air terjun menyerupai tangga yang turun hingga kolamnya. Disinilah, pengunjung dapat naik ke batuan yang menyerupai tangga tersebut dan mengabadikan momen. Tapi tetap harus berhati-hati, karena batu cukup licin dan berbahaya saat salah melangkah. Airnya yang begitu jernih pun tidak luput dari perhatian. Karena kedalaman kolam dapat dilihat dengan mata telanjang.

  • Sumber Mata Air Langsung dari Gunung

Lebih dari itu, air nan jernih ini seolah menarik Anda untuk menyeburkan diri dan menyegarkan tubuh didalamnya. Dan benar saja, ketika air menyentuh kulit, maka kesegaran yang akan terasa dan penat karena pekerjaan akan hilang dengan segera. Disekitar batuan dan air jernih inilah, pengunjung dapat mengonsumsi bekal yang dibawa sambil menikmati pemandangan. Namun pastikan, bahwa tidak ada sisa makanan yang masuk ke air dan mencemarkan keindahan air terjun ini.

  • Bisa digunakan untuk Berenang

Bagi Anda yang senang berenang dan menyelam, maka tempat ini cocok dijadikan pilihan. Karena, kolam yang ada di bawah Curug Ciherang, cukup dalam dan dapat dijadikan spot menyelam. Namun jangan terlalu memaksakan diri jika sudah terlalu lelah. Karena dapat membahayakan diri jika terjadi keram dan arus lebih kuat dari pergerakan renang yang dilakukan.

  • Tersedia Wahana Rumah Pohon dan Jembatan Gantung

Rumah pohon dan jembatan gantung adalah tempat terbaik untuk didatangi bersama pasangan. Karena tempat ini memiliki spot terbaik yang akan memperlihatkan keindahan air terjun. Terlebih, menunjukkan adanya pemandangan hutan yang kaya dari ketinggian. Di jembatan gantung, pilihlah bagian tengah jembatan sebagai spot berfoto. Karena selain menantang, hasil foto yang didapat akan lebih menakjubkan. Sedangkan bagian rumah pohon, hanya diperuntukkan bagi mereka yang tidak memiliki fobia.

Karena, rumah pohon memiliki ketinggian yang ekstrem dan cukup memacu adrenalin. Namun jika memiliki jantung yang cukup kuat, sebaiknya mengambil foto di tempat ini. Karena pemandangannya cukup menakjubkan dan sayang untuk dilewatkan. Untuk menambah kenyamanan berwisata, bawalah hammock untuk digunakan. Hammock dapat digantungkan di rumah pohon, untuk bersantai sejenak.

  • Tersedia Penginapan

Jika belum puas menikmati keindahan alam di tempat ini, menginaplah beberapa hari di tempat ini. Karena disini, tersedia tempat menginap berupa camping ground di sekitar area. Cukup sediakan tenda dan nikmatilah wisata bersama keluarga ataupun kerabat terdekat Anda.

Keindahan dan fasilitas di sekitar Curug Ciherang adalah anugerah Tuhan yang sayang untuk dilewatkan. Karenanya, untuk menambah pengalaman sebaiknya datangi tempat ini. Dan bantu lestarikan keberadaannya dengan menjaga kebersihan dan keindahannya selama berwisata.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *