Wisata dengan banyak Mitos Ke Curug Seribu di kaki Gunung Salak

Posted on

Air terjun di Bogor menjadi salah satu tempat wisata yang banyak dikunjungi oleh orang. Curug Seribu nama lokasinya. Bukan berarti terdapat curug yang jumlahnya seribu air terjun. Entah dari mana asal usul nama curug tersebut. Sampai saat ini saya belum memiliki referensi tentang nama Curug Seribu Bogor itu. Sekilas memandang gambar curug tersebut memiliki daya tarik untuk dikunjungi. Tidak perduli dengan nama curug lagi. Terpenting keindahannya yang keren.

Keindahan Curug di Bogor memang perlu mendapatkan perhatian dari berbagai pihak supaya banyak pengunjung yang datang. Pasalnya sayang sekali jika serpihan surga di pojok Pulau Jawa ini dibiarkan begitu saja. Memang karena faktor utamanya adalah lokasi yang berada di pedalaman dan akses ke wisata Curug agak sulit. Airnya yang jernih dan suhu yang sangat dingin menjadikan sensasi tersendiri. Oleh karena itu sesekali kalian mengunjungi wisata ini.

Segala Tentang Curug Seribu Bogor Jawa Barat

Rekreasi ke Curug membuat bagi siapa saja menjadi merasakan keindahan, kebahagiaan, ketenangan, dan pengalaman yang sangat mengesankan di hidup mu. Bagaimana menurut mu tentang curug ini jika kamu sama sekali belum pernah kesana? Jika belum tahu maka tepatlah artikel ini untuk bacaan Anda. Siapa tahu dengan membaca artikel ini Anda dan keluarga berminat pergi ke wisata Curug di gunung bunder nan jauh disana.

Tak hanya keindahannya yang memukau mata dan hati pengunjung. Tempat rekreasi Curug tersebut terkenal dengan hawa mistis alias angker. Mungkin karena lokasinya masih di pedalaman, dekat dengan gunung yang katanya paling angker. Sehingga berbagai cerita mistis dari para pengunjung pun beredar. Namun semua itu tetap tidak mengurangi rasa penasaran dan keinginan untuk pergi ke lokasi wisata Curug Seribu di Bogor. Kenapa dan mengapa? Entahlah, mungkin curug ini sangat eksotis.

Lokasi Wisata Curug Seribu

Hari akhir pekan, liburan nasional, atau kesempatan kapanpun Anda ingin berpergian kesini wajib mengetahui berada dimanakah lokasi wisata tersebut. Seperti halnya jika Anda telah membuat daftar berpergian ke tempat wisata Curug Seribu. Anda bisa menuliskannya di buku catatan atau di daftar tempat hiburan di Indonesia yang kamu punya. Lalu dimanakah tepatnya lokasi air terjun ini?

Jika Anda berasal dari daerah domestik mungkin tidak asing lagi dengan wisata ini. Akan tetapi orang daerah luar Jawa Barat pasti kebingungan. Saya akan memberikan alamat wisata Curug Seribu Bogor ini. Lokasi wisata ini berada di Gunung Sari Pamijahan Bogor. Anda bisa langsung cari menggunakan aplikasi Google Maps. Kecanggihan teknologi harus Anda manfaatkan ketika perjalanan kemanapun.

Akses Ke Curug di Gunung Bunder

Setelah mengetahui lokasinya, langkah kedua mungkin Anda harus memperhatikan bagaimana akses menuju lokasi wisata curug tersebut. Memang banyak orang bilang bahwa curug ini ngumpet. Karena memang lokasinya yang masih agak pedalaman dan berada di kawasan gunung. Jaraknya 40 km jika Anda perjalanan melalui rute dari Kota Bogor sampai ke pintu gerbang kawasan Wisata Gunung Salak Endah.

Kemudian Anda harus menempuh sekitar 3-4 km menuju pintu masuk Curug Seribu dari pintu masuk wisata Gunung Bunder. Sisanya sekitar 1 km harus jalan kaki. Ada beberapa jalur ke tempat rekreasi alam ini. Jalur Cemplang-Pamijahan-Salak Endah, atau Cikampak-Salak-Endah, atau Taman Sari-Gunung Bunder-Salak Endah, atau jalur Cibatok-Salak Endah. Anda bisa memilih salah satu dari 4 jalur diatas untuk menuju kesana.

Harga Tiket Masuk dan Parkir Wisata Curug Gunung Salak

Wisata ke tempat curug biasanya tidak perlu banyak mengeluarkan biaya. Mulai dari biaya transportasi, makanan, minuman, tiket masuk, dan parkir. Jika kalian pergi ke tempat wisata di Bogor ini juga demikian. Perlu mempersiapkan biaya yang harus Anda keluarkan. Akan tetapi jika kalian pergi kesini tidak perlu keluar banyak biaya. Mungkin Anda sedang ke Bogor bisa mampir ke tempat wisata ini.

Tiket masuknya sangatlah murah. Mulai dari pembayaran biaya pintu masuk Gunung Bunder sebesar Rp 4.000 per orang dan Rp 2.000 per motor. Setelah sampai di pintu gerbang Curug Seribu Anda dikenakan tarif lagi Rp 3.000 per orang. Tersedia tempat parkir disana. Bisa saja ada tarif untuk parkir saat ini. Harga ini berdasarkan pengalaman beberapa tahun lalu seorang pengunjung kesana. Bisa jadi harga tiket masuk sudah berubah.

Jam Operasional Kawasan Curug Seribu

Pergi ke air terjun yang sangat indah ini jangan sampai Anda terlalu pagi atau terlalu sore. Jadi rencanakan dengan baik perjalanan Anda kesana. Mungkin Anda perlu bersiap dari rumah berangkat jam berapa, perjalanan kesana memerlukan waktu berapa jam, dan kapan waktu Anda harus pulang kembali.

Curug Seribu di Bogor mulai membuka jam operasionalnya pada pukul 08.00 WIB. Jadi Anda baru diperbolehkan untuk berkunjung pada jam 08.00. Sedangkan jam tutup Curug Seribu pada pukul 16.00 WIB. Jadi jangan terlalu sore jika berkunjung kesana. Nanti sedikit waktu yang Anda miliki untuk menikmati keindahan curug ini. Juga jangan terlalu sore untuk pulang.

Hal Yang Tidak Boleh Dilakukan Di Curug Seribu

Karena suasana atau hawa mistis di lokasi Curug Seribu, dari pintu masuk hingga lokasi wisata. Juga menurut beberapa pengunjung yang mengalami hal mistis serta beberapa kejadian aneh yang pernah terjadi. Maka dari itu beberapa hal yang harus Anda perhatikan adalah menjaga sopan santun ketika perjalanan kesana dan saat di Curug Seribu. Beberapa hal yang harus diperhatikan juga adalah tata berbicara, tindak tanduk, jangan kencing sembarangan, jaga kebersihan dan jangan mengunjungi tempat terlarang disana.

  • Fasilitas dan Akomodasi di Sekitar Curug

Beberapa Fasilitas yang bisa Anda lihat dan pergunakan disana meliputi tempat mandi cucu kakus, mushola, warung makan, camping ground, dan shelter. Itulah beberapa sarana dan prasarana yang disediakan disana. Tentunya hal tersebut digunakan untuk kelengkapan wisata. Tetap menjaganya jika kalian berkunjung kesana.

  • Misteri Curug Seribu

Banyak kejadian mistis yang dialami oleh pengunjung. Namun bagi warga itu hal yang wajar karena memang mereka percaya ada yang menjaga kawasan tersebut. Mulai dari rekaman awal mahasiwa yang merasa air terjunnya ke atas, kamera bergerak kebawah sendiri, kesurupan, hingga tenggelam. Jadi apapun itu yang pertama perhatikan selalu keselamatan. Jangan pernah mencoba melewati tali pembatas di Curug Seribu.

Sekian berbagi informasi mengenai kawasan Curug yang berada di Bogor ini. Selalu perhatikan hal-hal yang boleh dan tidak dilakukan dimanapun Anda berada. Juga keselamatan selalu Anda prioritaskan. Terutama ketika perjalanan, berfoto selfi ria, dan berenang disana. Meskipun keindahan Curug Seribu sangat mempesona kita tidak boleh sembarangan meneksploitasinya. Kita harus menjaga keindahan Curug Seribu ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *