Informasi tentang Jenis Pekerjaan di Kota Bogor

Posted on

Banyak lulusan baru yang bertanya mengenai pekerjaan apa yang ada di bogor. Sebetulnya ada berbagai macam profesi di bogor yang menunjang aktivitas kegiatan ekonomi. Letak geografis bogor yang bersebelahan dengan kota metropolitan jakarta membuat ciri kehidupan masyarakat kota bogor adalah masyarakat perkotaan yang berbasis komuter dengan adanya akses transportasi dari dan ke jakarta baik melalui kereta, bus, maupun kendaraan pribadi. Namun, luasan daerah sekitar kota bogor yang berdampingan dengan kabupaten bogor yang notabene bercirikan pedesaan dengan kehidupan agraris membuat cakupan lowongan pekerjaan di bogor menjadi besar.

Berdasarkan sumber BPS pada tahun 2018. Terdapat lebih dari 800.000 penduduk usia kerja yang menjadi angkatan kerja minimal 15 tahun keatas dengan jumlah pengangguran terbuka lebih dari 50.000 orang. Dari jumlah tersebut, paling banyak adalah lulusan SMA. Kemudian diikuti dengan lulusan SD, lulusan SMP, Sarjana S1 Universitas, dan Diploma D3 Akademi. Sedangkan lapangan pekerjaan utama di bogor yang paling banyak menyerap tenaga kerja adalah sektor jasa seperti perhotelan, rumah makan, serta perdagangan besar dan eceran. Lalu diikuti jasa sosial bagi kemasyarakatan dan perorangan, industri manufaktur dan pengolahan, transportasi angkutan dan komunikasi atau pergudangan, jasa perusahaan asuransi dan keuangan, usaha persewaan tanah dan bangunan, jasa konstruksi bangunan, usaha pertambangan atau penggalian, pengolahan sumber air dan gas juga listrik, dan yang terakhir adalah usaha perikanan atau kehutanan termasuk pertanian dan perburuan.

Sebelum membuat lamaran kerja di bogor, berikut ini adalah 5 jenis pekerjaan di daerah bogor terbaru yang menjadi favorit yang mungkin bisa menjadi pilihan.

  1. Pedagang
  2. Pelayan
  3. Supir
  4. Buruh
  5. Pegawai Kantor

Dan dibawah ini adalah ulasan lengkapnya

Pedagang

Pedagang adalah orang yang menawarkan dan menjual suatu barang ke pembeli untuk memperoleh keuntungan. Di setiap sudut kota, pasti akan menemukan profesi yang satu ini. Entah menjual makanan, minuman, pulsa, mobil, rumah atau barang lainnya. Pedagang adalah salah satu pekerjaan yang tidak pakai ijazah sehingga banyak orang yang menggelutinya asalkan bisa menghitung dan punya barang atau jasa yang ingin ditawarkan. Profesi non formal ini meskipun tidak perlu ilmu yang tinggi jika digeluti dengan kesabaran serta keberuntungan akan membuat mereka menjadi orang kaya.

Jenis pedagang ada banyak, pedagang asongan maupun kaki lima di pasar atau toko yang paling mudah dapat ditemukan. Dan saat ini yang lagi naik daun adalah pedagang online yang menjajakan dagangannya di internet baik melalui online shop, marketplace, maupun sosial media. Bisa dibilang berjualan di online shop adalah salah satu kerja online bogor dengan peluang yang menjanjikan kedepan. Berdagang bisa dilakukan secara eceran/retail yang langsung menyasar ke konsumen akhir atau secara grosir yang dilakukan distributor untuk menjual barang dalam jumlah besar kepada pedagang eceran.

Pelayan

Pelayan merupakan seseorang yang mampu memenuhi kebutuhan atau permintaan konsumen. Pelayan banyak ditemukan di rumah makan, hotel, supermarket, dan tempat usaha lainnya. Keterampilan yang harus dimiliki seorang pelayan biasanya didapat dari pengalaman sehingga tidak memerlukan pendidikan yang tinggi untuk menjalani profesi ini. Yang pasti keramahan dan kejujuran merupakan faktor utama karena pekerjaan ini berhadapan langsung dengan konsumen.

Menjadi seorang pelayan tidak perlu memiliki persyaratan pendidikan formal karena tugasnya tidak perlu memerlukan keahlian khusus. Tugas pelayan di restoran contohnya mempersilahkan duduk pengunjung kemudian mencatat pesanan setelah itu mengantarkan pesanan ke meja tamu. Pekerjaan ini ada yang dibayar bulanan maupun harian tergantung dari sistem remunerasi yang berlaku di tempat usaha tersebut. Istilah lain dari pelayan adalah pramusaji untuk tempat makan dan pramuniaga untuk pelayan yang bekerja di toko. Banyak perusahaan yang menjadikan posisi pelayan sebagai salah satu pekerjaan paruh waktu di bogor.

Supir

Pengemudi atau Driver merupakan salah satu mayoritas pekerjaan di bogor yang diminati. Persyaratan untuk terjun ke dunia kerja ini adalah harus memiliki surat izin mengemudi atau SIM baik SIM A untuk mobil, SIM C untuk motor, maupun SIM B untuk mobil angkutan seperti bus atau truk. Selain persyaratan izin, sikap disiplin dalam berkendara dan tanggung jawab juga harus dimiliki dalam mengantarkan barang maupun orang agar sampai dengan tujuan dengan selamat serta tepat waktu.

Profesi ini dibutuhkan di perusahaan, namun juga ada yang bersifat pekerjaan freelance seperti ojek online. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan, pendapatan menjadi driver perusahaan maupun perorangan terbatas pada gaji bulanan namun memperoleh kepastian pendapatan rutin. Sedangkan pendapatan sebagai driver freelance seperti driver online atau ojek online lebih fleksibel bisa lebih besar atau kecil tergantung dari jumlah penumpang.

Bagi supir truk logistik dari perusahaan jasa kurir bogor yang mengantarkan barang antar kota bahkan antar pulau biasanya bisa berhari-hari berada di luar kota sehingga pastikan keluarga diberitahu bahwa pekerjaan yang digeluti memiliki jadwal kerja tidak tentu dan beragam resiko yang mungkin saja dihadapi. Selain keahlian mengemudikan kendaraan, pengetahuan akan kendaraan juga harus dimiliki seperti memperbaiki mesin, mencuci, mengganti ban, dan sebagainya.

Buruh

Lowongan kerja di bogor bagi lulusan SMK favorit Bogor berikutnya adalah buruh. Buruh merupakan tenaga kerja yang menggunakan tenaganya baik pikiran maupun otot dalam memperoleh pendapatan. Ruang lingkup pekerjaan buruh sebenarnya cukup luas mengingat definisi buruh sendiri yang sangat besar. Buruh dapat ditemukan di berbagai industri seperti pergudangan, transportasi, industri pengolahan, konstruksi, pertambangan, perikanan, kehutanan, pertanian, dan lainnya.

Karena ruang lingkupnya cukup besar serta pendidikan yang tidak terlalu diutamakan, pekerjaan di wilayah bogor ini cukup banyak diminati. Persyaratan yang dimiliki oleh buruh biasanya adalah pengalaman dan keahlian yang lebih diutamakan. Contohnya jika memiliki keahlian di bidang jahit tentu akan memiliki kesempatan lebih besar untuk diterima bila melamar menjadi buruh jahir di perusahaan tekstil. Jenis usaha industri yang paling banyak menyerap tenaga kerja di kota bogor adalah industri tekstil termasuk pengolahan barang dari kulit. Kemudian diikuti industri pengolahan logam baja, pengolahan kayu, kimia farmasi, pengolahan kertas, pengolahan karet, pengolahan pangan atau makanan, dan peralatan.

Jadi sebelum melamar dan mengirimkan cv via email, akan lebih baik bila sudah menguasai keterampilan tertentu yang nantinya disesuaikan dengan perusahaan yang dituju. Pihak HRD biasanya lebih mengutamakan rekomendasi orang dalam untuk posisi tersebut karena akan lebih mudah diawasi. Ada juga sebagian perusahaan yang menggunakan jasa yayasan penyalur tenaga kerja di Bogor (outsourcing) sebagai sarana untuk melakukan rekrutmen.

Pegawai Kantor

Profesi ini bagi sebagian besar masyarakat adalah merupakan impian. Bekerja dalam ruangan ac menggunakan kemeja rapi dan wangi serta hanya duduk manis sambil mengetik sesuatu di depan layar komputer. Tugas staff kantoran yang umum biasanya tidak jauh dari administrasi sehingga sudah dapat dipastikan persyaratan untuk menjadi karyawan tersebut adalah harus bisa membuat dokumen dari aplikasi komputer. Kualifikasi minimal biasanya adalah sarjana semua jurusan tergantung dari bagian apa yang akan dilamar.

Pegawai kantoran biasanya dibawah naungan perusahaan swasta baik di bidang jasa maupun perdagangan ataupun instansi pemerintahan. Untuk bidang pekerjaan karyawan swasta cukup banyak, diantaranya seperti Penjualan, Pemasaran, Administrasi Bisnis, Perencanaan, Sumber Daya Manusia, Keuangan, Perekrutan, Personalia, Hubungan Industrial, Sarana dan Prasarana, Pengembangan Usaha, Hubungan Masyarakat, Penelitian, Produksi, Teknologi Informasi, Operasional, Distribusi, Konstruksi, Pertambangan, Manufaktur, Pengadaan, Logistik, Rantai Pasokan, Gudang, Pegadaian, dana pensiun, asuransi, investasi, koperasi, bank, hotel, restoran, pusat perbelanjaan dan lainnya

Khusus untuk lembaga pemerintahan yaitu dikenal dengan pegawai negeri sipil atau PNS. Dengan gaji dan tunjangan yang menggiurkan membuat siapa saja berebut kursi posisi PNS tersebut. Badan lembaga baik instansi maupun dinas dengan jumlah PNS terbanyak di kota bogor adalah dinas pendidikan kota bogor yang kemudian diikuti dinas kesehatan lalu dinas lingkungan hidup serta satuan polisi pamong praja. Setelah itu ada dinas perhubungan, sekretariat daerah, kecamatan bogor barat, kecamatan bogor selatan, dinas perumahan dan pemukiman, kecamatan tanah sareal, kecamatan bogor tengah, serta dinas pekerjaan umum dan penataan ruang. Adapun instansi selanjutnya dengan jumlah PNS dibawah 100 orang diantaranya adalah sekretariat KPU, sekretariat DPRD, RSUD Kota Bogor, kecamatan bogor utara, kecamatan bogor timur, kantor kesatuan bangsa dan politik, inspektorat kota bogor, dinas tenaga kerja dan transmigrasi, dinas sosial, dinas pertanian, dinas perindustrian dan perdagangan, dinas pengendalian penduduk dan KB, dinas penanaman modal dan PTSP, dinas pemuda dan olahraga, dinas pemberdayaan masyarakat, dinas pariwisata dan kebudayaan, dinas koperasi dan UKM, Dinas Komunikasi dan Informatika, dinas ketahanan pangan, dinas kependudukan dan catatan sipil, dinas kearsipan dan kepustakaan, badan perencanaan pembangunan daerah, badan pengelolaan keuangan dan aset daerah, badan pendapatan daerah, badan penanggulangan bencana daerah, dan badan kepegawaian dan pengembangan SDA.

Selain 5 profesi populer diatas, berikut adalah beberapa daftar profesi pekerjaan di bogor yang mungkin dapat menjadi pilihan baik untuk yang ingin kerja harian baik sampingan paruh waktu atau freelance maupun fulltime atau penuh waktu. Untuk mengirim CV secara online bisa mencoba ke beberapa website loker bogor yang terpercaya

  • Penyambung Tali Kabel
  • Konsultan Keuangan dan Investasi
  • Webmaster
  • Ilmuwan Konservasi
  • Penjual Ikan Segar
  • Nakhoda
  • Ahli Geologi dan Geofisika
  • Dokter Hewan
  • Perawat Anestesi
  • Manajer
  • Jaksa Penuntut Umum
  • Analis Database
  • Wasit
  • Pengurus Rumah Ibadah
  • Perakit Kendaraan
  • Tester Sistem
  • Pengasuh Anak
  • Petugas Patroli
  • Operator Kamera
  • Kepala Fakultas
  • Pemotong Pola Garmen
  • Pesuruh
  • Alih Bahasa
  • Arkeolog
  • badut
  • Guru Piano
  • Dokter Medis
  • Peternak
  • Penasihat Hukum
  • Terapis Akupuntur
  • Medicurist
  • Perakit Mesin Mekanikal
  • Pembuat Produk Susu
  • Notaris
  • Buruh Angkat Barang
  • Operator Entri Data
  • Kepala Terminal Bus
  • Kru Olahraga
  • Ahli Pencicip Makanan
  • Asesor Klaim
  • Kurir
  • Asisten Medis
  • Orchestrator
  • Pengolah Makanan
  • Operator Ekskavator
  • Penagih Hutang
  • Penasehat Lingkungan
  • Organisator Kesejahteraan Perempuan
  • Optometris
  • Peledak Dinamit
  • Koreografer
  • Sekretaris Daerah
  • Perencana Lahan
  • Inspektur Kesehatan
  • Bedah Gigi
  • Konselor Rehabilitasi
  • Pembangun Angker Dinamo
  • Pembaca Meteran
  • Desainer Multimedia
  • Pembantu Pssikiatri
  • Akuntan Manajemen
  • Juru Taksir
  • Pemotong Kaca
  • Guru Pendamping
  • Masinis
  • Penyanyi
  • Nelayan
  • Radiografer
  • Pedagang Pasar
  • Sais Bendi
  • Pengecat Bangunan
  • Perawat Kecantikan
  • Pewawancara
  • Kepala Stasiun Kereta
  • Pengurus Pemakaman Jenazah
  • Pengawas Kesehatan dan Keselamatan Kerja
  • Pengisi Mesin Penjual Otomatis
  • Perantara
  • Osteopath
  • Prosthodontist
  • Ahli Sejarah
  • Auditor Lingkungan
  • Polisi
  • Petenis
  • Kondektur Transportasi
  • Endodontist
  • Psikolog Klinik
  • Okupasi Terapis
  • Tukang Service Elektronik
  • Supervisor
  • Penguji Kualitas Kulit
  • Petugas Kebersihan
  • Pembuat Pakaian
  • Petani Budidaya
  • Pakar Sumber Daya Manusia
  • Teknisi Farmasi
  • Juru Tulis
  • Feldscher
  • Operator Sinyal dan Langsir
  • Penggembala
  • Ajudan
  • Petugas SPBU
  • Bidan
  • Realtor
  • Pedicurist
  • Petugas Intelijen
  • Farmakolog
  • Kepala Desa
  • Instruktur Teknologi Otomotif
  • Penceramah
  • Teknisi Perangkat Lunak
  • Penasehat Mahasiswa
  • Pekerja Serabutan
  • Canvasser
  • Pemimpin Band
  • Penyiap Makanan Cepat Saji
  • Pengantar Barang
  • Bartender
  • Penjilid Buku
  • Pekerja Serbaguna
  • Pembiak
  • Guru Pendidikan Kejuruan
  • Tentara
  • Kurir
  • Perencana Konferensi dan Acara
  • Pekerja Budidaya
  • Asisten Akuntansi
  • Aeromechanic
  • Pengajar Pendidikan
  • Juru Gadai
  • Petugas Bandara
  • Konselor Sekolah
  • Pramusaji
  • Kolektor Sumbangan
  • Fotografer
  • pemain acrobat
  • Wartawan
  • Park Ranger
  • Pekerja Pengelasan
  • Produser
  • Tester Software
  • Kapten Kapal
  • Pengantar Barang
  • Penghasil Susu
  • Pilot
  • Pengolah Tembakau
  • Juru Lelang
  • Pembersih Bangunan
  • Operator Mesin
  • Visual Artis
  • Periodontist
  • Mekanik Mobil
  • Desainer Grafis
  • Auditor
  • Hakim
  • Konsultan Bisnis dan Manajemen
  • Leksikograf
  • Tukang Jahit
  • Kepala Kelasi
  • Juru Masak
  • Pekerja Ambulans
  • Pedagang Asongan Keliling
  • Ahli Filsafat
  • Surveyor Tanah
  • Arsitek Pertamanan dan Lansekap
  • Penari
  • Broker Saham
  • Penjaga Lapas
  • Analis Programer
  • Pekerja Bangunan Rumah
  • Ahli Geologi
  • Petugas Pelatihan
  • Paedodontist
  • Panitera Pengadilan
  • Pematung
  • Pramugari
  • Tukang Pos
  • Pembasmi Hama
  • Pedagang Keliling
  • Komposer
  • Doorman
  • Aktor
  • Penebang Pohon
  • Psikiater
  • Analis Mutu Air
  • Pekerja Derek
  • Teknisi Bedah
  • Buruh Pertanian
  • Pembuat Kerajinan Anyaman
  • Penyapu Jalan
  • Koordinator
  • Camat
  • Petugas Klinis
  • Penasihat Politik
  • Sonografer
  • Ahli Teknik Listrik
  • Operator Pengeringan Kayu
  • Kontraktor Perburuhan
  • Administrator Sistem
  • Pembuat Pedati dan Gerobak
  • Anggota DPRD
  • Penata Rambut
  • Pencari Kayu
  • Juru Gambar Teknik
  • Teknisi Kamar Gelap
  • Arsitek Bangunan
  • Hydrotherapist
  • Pengajar Komputer
  • Pandai Besi
  • Administrator Database
  • Hairstylist
  • Penggali
  • Penggilas Baja
  • Penyamak Kulit
  • Kasir
  • Ahli Teknik Sipil
  • Pemotong Hewan
  • Pengepul Barang Bekas
  • Baby Sitter
  • Estimator Mekanik
  • Seniman Visual
  • Teknisi Peralatan Komunikasi
  • Koki
  • Orthoptist
  • Dekan
  • Anak Buah Kapal
  • Pekerja Perawatan Hewan
  • Pemoles Logam
  • Asisten Persalinan
  • Penjual Real Estate
  • Pengelola Database
  • Joki
  • Pemetik Buah
  • Pekerja Percetakan
  • Pembuat Arang
  • Analis Sistem Informasi
  • Arsiparis dan Kurator
  • Tukang Cuci
  • Praktisi Pengobatan Tradisional
  • Lurah
  • Dosen Universitas
  • Developer Web
  • Call Center
  • Pengawas Keuangan
  • Stomatologist
  • Kartografer
  • Mekanik Lift
  • Tukang Tembok
  • Konsultan Perikanan
  • Tukang Parkir Jalanan
  • Pelayan Pribadi
  • Bodyguard
  • Tukang Sampah
  • Atlet
  • Penasehat Spiritual
  • Sales Merchandiser
  • Dokter Spesialis
  • Buruh Tani
  • Seniman Digital
  • Mekanik Elektronik
  • Inseminator
  • Perwira Dek Kapal
  • Petugas Tiket
  • Concierge
  • Penjaga Pintu
  • Pelukis Potret
  • Ahli Statistika
  • Ahli Biologi
  • Pemangkas Bulu Ternak
  • Astrolog
  • Pencetak Logam
  • Asisten Aktuaria
  • Analis Jaringan
  • Akuntan Pajak
  • Pengumpul Kayu Bakar
  • Sosiolog
  • Guru Sekolah Dasar
  • Polisi Kehutanan
  • Direktur Utama
  • Advokat
  • Agen Asuransi
  • Spesialis Pemasaran dan Periklanan
  • Musisi
  • Terapis Ortopedi
  • Saucier
  • Scriptboy
  • Spesialis Rehabilitasi Lingkungan
  • Peruang Sendok
  • Penjaga Toko
  • Body Artist
  • Perancang Busana Pakaian
  • Ahli Meteorologi
  • Instruktur Renang
  • Novelis
  • Pemain Bola
  • Interpreter
  • Ahli Penelitian Tanah
  • Pemulung
  • Sanitarian
  • Penyulam
  • Penasehat Pertanian
  • Visual Merchandiser
  • Porter
  • Agen Pengiriman
  • Ortodontis
  • Perancang Grafis dan Multimedia
  • Pembuat Perkakas
  • Pengarah Teknis
  • Analis Penelitian Pasar
  • Copywriter
  • Editor Buku
  • Ahli Terapi Bicara
  • Attendant
  • Satpam
  • Penambang
  • Analis Organisasi dan Metode
  • Pemegang Buku
  • Resepsionis
  • Ventriloquist
  • Rektor
  • Petugas Pemadam Kebakaran
  • Penata Rias
  • Pekerja Kerajinan
  • Opthalmic Optician
  • Operator Mesin Cetak
  • Pengawet Buah dan Sayur
  • Petugas Pembukuan
  • Prompter
  • Konduktor Musik
  • Broker Komoditas
  • Pelayan Toko
  • stand up komedian
  • Pembuat Tembikar
  • Praktisi Paramedis
  • Pembuat Sepatu
  • Penasihat Karir
  • Pekerja Sosial
  • Reporter Media
  • Tukang Reparasi Sepeda Motor
  • Ahli Gizi
  • Montir Listrik
  • Koordinator Kurikulum
  • Telemarketing
  • Ahli Fisika dan Astronomi
  • Pemulih Gambar
  • Chiropractor
  • Penyalur Peralatan Optik
  • Drafter
  • Mekanik Mesin Industri
  • Herbalis
  • Terapis Rekreasional
  • Penyedia Pembelian
  • Pemeriksa
  • Penggiring Ternak
  • Kepala Sekolah
  • Supervisor Toko
  • Juru Katalog
  • Penerjemah
  • Animator
  • Kartunis
  • Pemasang Generator Listrik
  • Perencana Keuangan
  • Walikota
  • Pelayan Kapal
  • Sekretaris
  • Inspektur Sekolah
  • Chef
  • Operator Telepon
  • Penyair
  • Pustakawan
  • Peramal
  • Ahli Bedah
  • Sutradara
  • Mekanik Peralatan
  • Petinju
  • Biarawan
  • Penyiar Radio
  • Tenaga Tata Usaha
  • Pekerja Bawah Air
  • Teller Bank
  • Antropolog
  • Penulis
  • Administrator Jaringan
  • Walker on
  • Psikoterapis
  • Asisten Rumah Tangga
  • Pembersih Karpet
  • Pendeta
  • Juru Vulkanisir Ban
  • Buruh Industri Pengolahan
  • Doorkeeper
  • Pramuwisata
  • Olahragawan
  • Operator Pengeboran
  • Aktuaris
  • Analis Keuangan
  • Paramedis Darurat
  • Agen Tanah
  • Pengelola Gedung
  • Buruh Pengemasan
  • Avionik
  • Tukang Cukur
  • Pembuat Furniture Lemari
  • Model Iklan
  • Pemrogram Aplikasi
  • Pengemudi Kendaraan
  • Apoteker
  • pesulap
  • Tukang Kayu Bangunan
  • Vendor Makanan
  • Subtitler
  • Pemburu Satwa
  • Buruh Konstruksi
  • Ahli Kimia
  • Programmer Multimedia
  • Pencuci Piring
  • Pelatih Olahraga
  • Ilustrator
  • Juru Api
  • Pemecah Batu
  • Desainer Pengembang Software
  • Pengacara
  • Biksu
  • Pengarang
  • Pemain Musik
  • Penyadap Karet
  • Pedagang Makanan Kaki Lima
  • Ahli Holtikultura
  • Pembuat Roti dan Kue
  • Rentenir
  • Penjaga Counter Makanan
  • Imam
  • Instruktur Mengemudi
  • Desainer Interior
  • Perencana Tata Kota
  • Spesialis Metode Pendidikan
  • Dekorator Display

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *