Tips Perawatan dan Rekomendasi Toko Oli di Bogor Terbaik untuk Motor Matic

Transportasi33 Views

Merawat motor matic adalah sebuah tugas yang tak boleh dianggap sepele. Salah satu aspek utama dalam perawatan motor matic adalah pemilihan oli yang tepat. Oli bukan sekadar cairan di dalam mesin, melainkan elemen kunci yang memengaruhi performa dan usia motor kamu. Cimanggu Bogor akan membahas peran oli dalam motor matic kamu, jenis oli yang perlu kamu ketahui, serta rekomendasi oli terbaik untuk motor matic kamu.

Pahami Apa itu Oli Motor Matic dan Fungsinya

Sebelum kita melangkah lebih jauh, mari kita pahami beberapa fungsi utama oli motor matic:

Menjaga Suhu Mesin Tetap Normal

Apakah kamu pernah merasakan mesin motor matic kamu menjadi terlalu panas saat digunakan? Biasanya, hal ini terjadi karena kurangnya perawatan oli. Oli juga berfungsi untuk mengontrol suhu mesin, mencegahnya dari kepanasan berlebihan. Selain itu, saat mesin beroperasi, oli juga membantu mendinginkan mesin.

Melumasi Mesin Motor

Oli motor matic berperan sebagai pelumas untuk komponen mesin, baik yang kasar maupun yang halus. Fungsi ini membuat pergesekan antar komponen mesin menjadi lebih lancar, mengurangi gesekan dan mencegah karat. Oleh karena itu, mengganti oli secara teratur akan menjaga kinerja mesin motor matic kamu.

Biaya Makin Hemat

Meskipun kamu harus mengeluarkan uang untuk mengganti oli secara berkala, Hal ini adalah investasi yang bijak. Oli motor matic yang terawat dengan baik akan mengurangi biaya perbaikan dan memastikan mesin tetap dalam kondisi prima.

Bikin Umur Mesin Motor Panjang

Oli yang teratur diganti akan membantu memperpanjang umur mesin motor kamu. Ini karena oli yang baik akan membuat komponen mesin berfungsi dengan baik, mengurangi keausan, dan menjaga mesin dalam kondisi optimal.

Cek Juga
Toko Aki khusus Motor
Jual Ban untuk Motor
Beli Kampas Motor

Tipe Oli Motor Matic yang Wajib kamu Ketahui

Sekarang, mari kita bahas jenis-jenis oli motor matic yang perlu kamu ketahui:

Gear Oli atau Oli Gardan

Oli gardan motor matic perlu diganti ketika kamu merasa motor sudah tidak nyaman untuk digunakan. Ini krusial agar mempertahankan performa pelumasan oli. Umumnya, oli gardan harus diganti setiap 2000 km, tetapi ini juga tergantung pada kondisi jalan dan intensitas penggunaan motor.

Ingatlah untuk membandingkan jadwal pergantian oli gardan dengan oli mesin. Sebagai panduan umum, kamu dapat mengganti oli gardan setiap tiga kali ganti oli mesin. Ini berarti jika kamu mengganti oli mesin tiga kali, kamu juga harus mengganti oli gardan.

Oli Mesin

Oli mesin harus diganti secara teratur agar mesin tetap berkinerja baik. Jika kamu sering terlambat mengganti oli, hal ini dapat mengganggu sistem kerja komponen mesin, yang dapat mengakibatkan kerusakan pada motor matic kamu. Umumnya, oli mesin motor matic perlu diganti setiap bulan atau setiap 2000-3000 km.

Rekomendasi Terbaik Oli Khusus Motor Matic

Sekarang, mari kita tinjau beberapa merek dan tipe oli motor matic terbaik untuk tahun 2021:

Shell Advance AX7 Matic

kelebihan oli shell advance ax7 matic
review oli shell advance ax7 matic

Dari Belanda, Shell Advance AX7 Matic menggunakan formula terbaik berbahan dasar semi sintetik dan tersedia dalam kapasitas 0,8 liter dan 1 liter.

Motul Scooter LE 10W 30

motul scooter expert le 10w-30
motul scooter 4t le 10w-30

Motul Scooter LE 10W-30 memiliki kualitas mumpuni dan dapat digunakan pada motor matic baru maupun lawas. Ini sangat populer di dunia balap.

Castrol Active Matic

castrol activ matic review
keunggulan oli castrol activ matic

Castrol Active Matic adalah oli berkualitas tinggi dari Inggris dengan bahan dasar semi sintetik. Ini cocok untuk motor matic dengan viskositas 10W-30 dan 20W-40.

Top 1 Action Matic

keunggulan oli top 1 action matic
oli gardan top 1 action matic

Oli ini dirancang khusus untuk motor matic keluaran terbaru dari Jepang seperti Honda dan Yamaha. Harganya terjangkau dan menghadirkan sensasi berkendara yang halus dan nyaman. Tersedia dalam berbagai viskositas sesuai dengan tipe motor matic kamu.

Suzuki Genuine Oil SGO

suzuki genuine engine oil
ecstar suzuki genuine oil

Direkomendasikan untuk motor Suzuki, oli ini dapat mencegah pengendapan dan korosi mesin atau oksidasi.

Oli Mesin Matic Lainnya

  • BM1 PC 1500 Matic
  • AHM SPX2
  • Yamalube Super Matic
  • Repsol Moto 4T 10W 30 Matic
  • Federal Matic 30

Kapan Waktu Pas ganti Oli Motor Matic?

Mengganti oli motor matic secara rutin sangat penting. Berikut adalah panduan umum:

Setelah 2000 km

Ketika motor matic kamu telah menempuh jarak 2000 km, gantilah oli. Ini akan menjaga mesin tetap sehat dan menghindari kerusakan yang mungkin terjadi.

Setelah 3000 km

Jika kamu mengendarai motor matic sekitar 3000 km, segera ganti oli. Motor yang menempuh jarak ini biasanya telah digunakan selama sekitar dua bulan.

Selain itu, kamu harus mengganti oli setiap 1 atau 2 bulan jika kamu hanya menggunakannya untuk perjalanan singkat atau jarang digunakan. Penggantian oli juga diperlukan setiap 2 minggu jika kamu melakukan perjalanan harian hingga 200 km.

Tips Bikin Awet Mesin Motor Matic kamu

Terakhir, berikut beberapa tips untuk merawat motor matic kamu dengan baik:

Ganti Oli Mesin Secara Rutin

Selalu patuhi jadwal penggantian oli motor matic kamu, umumnya setiap 2000-3000 km.

Panaskan Motor Setiap Hari

Panaskan motor kamu setiap hari selama 5 hingga 10 menit. Gunakan kick starter untuk pemanasan harian yang efektif.

Cek Kondisi Busi dan Aki

Cek secara berkala kondisi aki dan busi motor matic kamu. Aki yang rusak dapat menyebabkan masalah kelistrikan dan starter.

Atur Gas Dengan Stabil Ketika Berkendara

Selalu pertahankan kecepatan gas yang stabil saat berkendara agar membantu menjaga mesin tetap sehat dan mencegah keausan berlebihan pada komponen motor kamu.

Daftar Toko Oli di Bogor yang Terpercaya

Kalau kamu ingin mencari penjual oli asli di daerah Bogor, tidak sda salahnya untuk mengunjungi toko spare part bogor.

Dengan merawat motor matic kamu dengan baik dan memilih oli yang sesuai, kamu dapat memastikan bahwa kendaraan kamu akan tetap berkinerja baik dan awet selama bertahun-tahun. Ingatlah bahwa merawat motor matic adalah investasi untuk masa depan kendaraan kamu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *