Waspada DBD, Bogor Mulai Musim Hujan! Nih Cara Ampuh Mengusir Nyamuk yang bikin Gatel dan Berisik

Kesehatan9 Views

Akhir-akhir ini yang punya Cimanggu Bogor lagi kurang tidur gara-gara suara berisik dan digigitin nyamuk setiap malam. Siapa di sini yang juga gak tahan sama nyamuk yang suka nongkrong dan mengganggu tidur? Tenang aja, Cimanggu Bogor punya beberapa trik jitu yang sudah berhasil buat mengusir nyamuk biar kita bisa tidur nyenyak.

Pakai Lotion Anti-Nyamuk

Ini adalah cara paling simpel. Oleskan lotion anti-nyamuk sebelum tidur, dan nyamuk akan menjauh. Tapi kekurangannya kulit jadi agak panas dan lumayan boros karena harus ada budget tambahan buat beli lotion tiap hari.

Gunakan Lilin atau Obat Anti-Nyamuk Bakar

Lilin atau obat dengan aroma anti-nyamuk yang dibakar bisa jadi pilihan keren. Nyamuk gak suka baunya! Tapi jeleknya kamar kamu akan penuh dengan asap yang bikin sesak napas.

Pasang Jaring Anti-Nyamuk di Jendela

Biar nyamuk gak bisa masuk ke kamar, pasang jaring anti-nyamuk di jendela. Kita bisa tidur tenang tanpa gangguan.

Pasang Aromaterapi di Kamar

Beberapa minyak aromaterapi seperti lavender, lemon, atau eucalyptus bisa mengusir nyamuk. Coba semprotkan ke kamar sebelum tidur. Bisa juga pakai alat aromaterapi yang dicolokan ke listrik.

Nyalakan AC atau Kipas Angin

Nyamuk suka datang saat udara di kamar kita terlalu lembab. Nyalakan kipas atau AC untuk membuat udara lebih beredar. Tapi hal ini kurang cocok buat kamu yang gak suka udara dingin.

Gunakan Kelambu

Ini adalah cara klasik untuk mengusir nyamuk. Pasang kelambu di atas tempat tidur untuk tidur nyenyak. Hanya saja tidur kita tidak akan leluasa karena dibatasi kelambu

Hindari Menggantung Pakaian Warna Gelap

Nyamuk suka menyerang warna gelap. Pilih pakaian berwarna terang, dan mereka akan kesulitan menemukan kita. Baju yang digantung bisa juga jadi sarang nyamuk, maka lebih baik lipat baju kamu dan masukan ke lemari.

Tanam Tanaman Pengusir Nyamuk

Beberapa tanaman seperti lavender, mint, dan citronella bisa mengusir nyamuk. Tanam di dekat jendela atau pintu.

Gunakan Repellent Elektronik

Ada perangkat elektronik yang menghasilkan gelombang yang mengganggu nyamuk. Coba deh!

Jangan Biarkan Air Menggenang

Nyamuk suka bertelur di air yang tergenang. Pastikan gak ada air menggenang baik di ember terbuka maupun kolam di dalam atau di pekarangan rumah. Segera buang air tersebut atau tutup rapat-rapat karena air yang tergenang itu adalah sarang utama nyamuk penganggu di rumahmu.

Nah, sekarang kita punya senjata ampuh buat melawan nyamuk. Selamat tidur nyenyak, teman-teman!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *