10 Tips Apa Yang Dilakukan Setelah Cabut Gigi

Kesehatan7 Views

Siapa nih yang baru cabut gigi dari rumah sakit di kota bogor atau puskesmas di bogor? Entah karena gigi berlubang, mau pasang behel, atau sebab lain, cabut gigi memang sering jadi pilihan.

Yang Tidak Boleh Dilakukan Setelah Cabut Gigi

Setelah gigi dicabut, ada beberapa hal yang perlu kamu lakukan biar proses penyembuhan berjalan lancar dan nyaman. Yuk, simak tips apa yang harus dilakuan setelah cabut gigi bungsu atau geraham bawah dari Cimanggu Bogor!

Gigit Kapas dengan Baik

Dokter bakal kasih kapas yang harus digigit di bagian gigi yang dicabut. Nah, gigit kapas itu selama 30-45 menit buat membantu menghentikan pendarahan. Jangan langsung dibuang ya, biar darahnya bener-bener berhenti dulu.

Hindari Bilas Mulut Terlalu Kuat

Setelah cabut gigi, biasanya kita pengen banget kumur-kumur biar mulut bersih. Tapi, jangan kumur-kumur terlalu kuat ya! Bilas mulut dengan lembut dan gunakan air garam hangat buat membantu membersihkan mulut dan mencegah infeksi.

Jangan Langsung Makan atau Minum yang Panas

Setelah cabut gigi, jangan makan dan minum dulu ya. Tunggu sampai efek anestesi hilang dan area gusi mulai sembuh. Makanan dan minuman yang panas bisa bikin luka jadi makin parah dan sembuhnya lama.

Makan Makanan Lunak

Selama beberapa hari setelah cabut gigi, makanlah makanan yang lunak dan mudah dikunyah. Bubur, yogurt, atau kentang tumbuk bisa jadi pilihan yang tepat. Hindari makanan keras atau pedas yang bisa bikin area bekas cabut gigi jadi iritasi.

Hindari Menghisap atau Mengunyah di Bekas Cabut Gigi

Jangan isap permen, minum pakai sedotan, atau mengunyah di area bekas cabut gigi. Tindakan ini bisa bikin bekuan darah di gusi lepas dan bikin pendarahan lagi. Usahakan makan dan minum di sisi yang lain dulu ya.

Minum Obat Sesuai Resep Dokter

Kalau dokter kasih resep obat pereda nyeri atau antibiotik, minum sesuai petunjuk ya. Jangan lupa buat selalu mengikuti dosis yang dianjurkan biar proses penyembuhan berjalan lancar dan kamu bebas dari rasa nyeri.

Jaga Kebersihan Mulut

Tetap jaga kebersihan mulut meski baru cabut gigi. Sikat gigi dengan lembut dan hati-hati, hindari area bekas cabut gigi. Kamu bisa kumur-kumur dengan air garam hangat buat membantu membersihkan mulut dan mengurangi rasa nyeri.

Hindari Aktivitas Berat

Setelah cabut gigi, hindari aktivitas berat atau olahraga dulu ya. Istirahat yang cukup penting banget buat membantu tubuh kamu pulih lebih cepat. Jadi, nikmati waktu istirahatmu dulu beberapa hari.

Kompres Dingin

Kalau ada pembengkakan di area bekas cabut gigi, kamu bisa pakai kompres dingin di bagian luar pipi. Kompres dingin mengurangi bengkak dan nyeri. kompres sekita 15 menit.

Balik Lagi ke Dokter Jika Ada Masalah

Kalau kamu merasa ada yang nggak beres seperti pendarahan terus menerus, nyeri yang nggak kunjung hilang, atau ada tanda-tanda infeksi, jangan ragu buat hubungi dokter gigi di bogor. Wajib hubungi profesional daripada dibiarkan.

Merawat bekas cabut gigi itu nggak sulit kok, asalkan kamu tahu caranya. Dengan mengikuti tips apa yang dilakukan setelah cabut gigi geraham atau bungsu di atas, dijamin proses penyembuhan bakal lebih cepat dan nyaman. Semoga bermanfaat buat kamu yang baru aja cabut gigi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *