Tips Cara Menjaga Kacamata Agar Awet dan Tahan Lama

Informasi32 Views

Pernah ngalamin kacamata yang rusak terus, bro? Pasti bikin bete, kan? Nah, sebenernya ada beberapa tips sederhana yang bisa kita lakuin biar kacamata kita tetap awet dan tahan lama. Namun, sebenernya ada beberapa alasan kenapa kacamata bisa cepet rusak. Berikut ulasannya versi Cimanggu Bogor.

Perlakuan yang Kurang Awas

Kebanyakan dari kita suka abai sama kacamata, nih. Kadang dijadiin gantungan baju, ditaro di tempat yang asal-asalan, atau malah dicampur aduk sama barang-barang lain. Nah, perlakuan yang nggak hati-hati ini bisa bikin kacamata cepet rusak, lho. Jadi, kudu lebih awas, nih, jaga-jaga supaya kacamata nggak gampang pecah.

Bersihin kacamata Asal-asalan

Membersihkan kacamata juga perlu dilakuin dengan hati-hati, bro. Kalo kita asal-asalan bersihinnya, bisa-bisa malah bikin lensa kacamata jadi baret atau goresan. Jadi, pilih bahan pembersih yang aman dan gunakan kain yang lembut buat ngelapnya. Dijamin, kacamata kita bakal lebih awet.

Suhu yang Ekstrem

Kacamata juga bisa rusak kalo sering kena suhu ekstrem, loh. Misalnya, kalo sering ditaro di tempat yang panas banget, bisa bikin bingkainya jadi melengkung atau warnanya jadi pudar. Begitu juga kalo kena suhu dingin yang ekstrem. Jadi, jaga-jaga aja, kalo bisa kacamata disimpen di tempat yang stabil suhunya.

Benturan atau Jatuh

Nah, ini dia yang paling sering bikin kacamata rusak: kejatuhan atau kena benturan. Kacamata itu kan kaca, ya, jadi rentan banget sama benturan. Kalo kejatuhan dari ketinggian atau kebentur sama benda keras, bisa langsung pecah deh. Jadi, hati-hati ya kalo bawa kacamata, jangan sampe jatuh!

Kualitas yang Kurang Bagus

Terakhir, kualitas kacamata juga bisa jadi penyebabnya. Kacamata yang murahan atau yang kualitasnya nggak bagus biasanya cepet rusak. Lensanya bisa buram, bingkainya rapuh, atau bahkan warnanya luntur. Makanya, kalo beli kacamata, lebih baik pilih yang kualitasnya oke biar lebih tahan lama.

Nah, itu dia beberapa alasan kenapa kacamata cepet rusak. Kita mesti lebih hati-hati dalam memperlakukan dan merawat kacamata biar nggak cepet rusak. Sekarang kita simak tips cara memakai kacamata yang benar di bawah ini!

Simpan dengan Aman

Kamu harus hati-hati dalam menyimpan kacamata. Pastikan kacamata selalu diletakkan di tempat yang aman dan terlindungi, seperti di dalam kotak kacamata yang biasanya disertakan saat pembelian. Hindari meletakkan kacamata di tempat yang terlalu panas, lembab, atau terkena sinar matahari langsung.

Bersihkan Secara Berkala

Membersihkan kacamata secara teratur juga penting, bro. Gunakan cairan pembersih kacamata yang khusus dan kain mikrofiber yang lembut. Hindari penggunaan tisu atau kain lain yang kasar, karena bisa merusak lensa kacamata. Bersihkan kacamata setiap hari atau sesuai kebutuhan untuk menjaga kejernihan lensa dan kebersihan bingkai.

Hindari Terkena Cairan Kimia

Jauhkan kacamata dari kontak dengan cairan kimia seperti parfum, hairspray, atau pembersih rumah tangga. Cairan kimia tersebut bisa merusak lapisan pelindung pada lensa atau bingkai kacamata. Selain itu, hindari juga menggunakan air panas atau air dingin berlebihan saat membersihkan kacamata.

Gunakan Sarung Kacamata

Kalo lagi nggak dipake, lebih baik simpen kacamata dalam sarung khusus. Sarung kacamata ini bisa melindungi kacamata dari goresan atau debu saat disimpan di dalam tas atau kantong. Jadi, kacamata kita lebih aman dan terjaga kualitasnya.

Hindari Pemakaian yang Kasar

Selalu gunakan kacamata dengan hati-hati dan hindari pemakaian yang kasar. Jangan meletakkan kacamata dengan lensa menghadap ke bawah atau meletakkannya di tempat yang bisa terinjak atau tertindih. Begitu juga saat meletakkan atau melepas kacamata, pastikan kita tidak memegangnya dari lensa, karena bisa merusak atau melengkungkan lensa.

Dengan menjaga kacamata dengan baik, kita bisa memperpanjang umur pakai kacamata dan menghindari kerusakan yang tidak perlu. Jadi, mulai sekarang, jangan remehkan cara perawatan kacamata ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *