Jalur Trekking Bukit Paniisan Gunung Pancar Sentul Bogor

Wisata16 Views

Kawasan sentul bogor punya destinasi wisata terbaru untuk para pecinta trekking yaitu Pasir Pete dan Bukit Paniisan yang berada di babakan madang tepatnya desa karang tengah. Kawasan bukit paniisan sentul dan pasir pete sekarang telah memikat para penggemar wisata olahraga outdoor.

Objek wisata alam bukit paniisan kabupaten bogor dan daerah pasir pete terdiri atas kawasan perbukitan dengan pemandangan cantik yang menyegarkan mata.

Pada awal jalur trekking bukit paniisan, kamu akan melalui trek yang curam nan berkelok, lalu setelah berjalan sebentar kamu akan menemukan pos registrasi untuk kemudian membayar tiket masuk bukit paniisan.

Trekking Bukit Paniisan

Dari pos pendaftaran, kamu bisa lanjut trekking bukit paniisan sentul dengan berjalan mendaki mengarah ke Bukit Sanema. Bukit tersebut merupakan penanda bahwa kamu sudah setengah jalan untuk sampai ke pasir pete dan bukit paniisan.

trekking sentul bukit paniisan kabupaten bogor jawa barat
cara ke bukit paniisan foto

Jalur trekking bukit paniisan setelah melewati Bukit Sanema didominasi kawasan mendatar sehingga tidak perlu menguras tenaga dan bisa juga dijadikan tempat peristirahatan sejenak.

Cara ke bukit paniisan dari Bukit Sanema ialah dengan berjalan kaki menyusuri area kawasan hutan pohon pinus yang sejuk serta pemandangan yang cantik. Tidak heran Bukit Paniisan menjadi salah satu destinasi favorit untuk trekking di sentul Bogor.

Saking sejuknya, mungkin kamu akan bertanya tinggi bukit paniisan berapa mdpl? Bukit ini ternyata berada di ketinggian 846 mdpl yang termasuk ke dalam kawasan wisata gunung pancar. Tidak heran jika udara disini sangat segar selain pemandangan alamnya yang menakjubkan.

Tempat wisata alam di bogor ini telah berubah menjadi destinasi favorit wisatawan khususnya para turis yang suka akan ketenangan dan keindahan alam. Karena kawasan ini merupakan daerah perbukitan yang cenderung sepi serta pemandangan yang ditawarkan pun cantik.

Jika sudah sampai di puncak Bukit Paniisan, wisatawan akan terpesona memandang luasnya langit biru, lereng perbukitan cantik, dan tentu saja hamparan pepohonan yang menghijau di sekitar bukit ini.

Jika sudah lelah setelah menempuh berjalan kaki trekking bukit paniisan, kamu bisa duduk di tempat duduk yang sudah disediakan sambil sejenak beristirahat memandangi pemandangan alam dan udara segar khas dataran tinggi.

Bukit Paniisan bisa menjadi tempat ideal untuk melepaskan penat setelah jenuh beraktivitas di hari kerja. Selain menikmati alam dan bersantai, kamu juga bisa merasakan kedamaian lahir dan batin di Bukit Paniisan.

Khusus untuk kamu yang sudah panas dan capek setelah melakukan trekking sentul bukit paniisan yang ingin merasakan kesegaran air pegunungan, kebetulan tidak jauh dari bukit ini terdapat Curug Cibingbin yang menawarkan empat air terjun yang indah.

peta bukit paniisan via gunung pancar
trekking bukit paniisan berapa mdpl

Keunikan akan empat air terjun di Curug Cibingbin selain bisa menikmati kesegaran air terjun yang dingin juga kamu bisa leluasa memilih air terjun untuk digunakan baik untuk hanya sekedar cuci muka atau berendam. Setiap air terjun disini punya keindahan dan keunikan masing-masing.

Cara ke Bukit Paniisan

Jika kamu menggunakan mobil dari Jakarta ataupun dari Cimanggu Bogor dapat melewati Tol Jagorawi kemudian keluar di Pintu tol Sentul City/Sentul Selatan.

Sedangkan pengguna kendaraan sepeda motor dari Jakarta bisa melewati Jalan Raya Bogor terus melewati jalan ke arah Sentul City.

Jika sudah sampai di Sentul City, kamu bisa mengikuti jalan ke arah kawasan gunung pancar. Sampai pertigaan yang mau ke kawasan gunung pancar, kamu belok kiri dan tetap di jalan umum agar tidak melalui kawasan gunung pancar dan harus membayar tiket masuk gunung pancar.

Setelah menyusuri jalan yang berkelok dan sempit. Kamu bisa memarkirkan kendaraan mu di sekitar daerah wangun yang menjadi pos masuk ke Bukit Paniisan. Dari tempat parkiran ini, kamu bisa melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki menuju puncak Bukit Paniisan.

Meskipun terdapat tempat parkir untuk mobil dan motor, kamu perlu berhati-hati ketika menuju ke tempat ini. Selain jalannya kecil hanya muat satu mobil kecil dan berkelok dengan tepian jurang, juga minim penerangan. Hindari menggunakan mobil besar dan berjalan pada malam hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *