10 Cara Agar Buah Awet dan Tahan Lama

Kesehatan10 Views

Buah-buahan itu nikmat banget dan tentunya bikin sehat, tapi sayangnya kadang cepet layu dan busuk. Biar buah-buahan di rumah bisa awet lebih lama, Cimanggu Bogor akan membagikan tips 10 cara agar buah awet berikut ini:

Simpan Buah di Tempat yang Tepat

Biar buah-buahan tetap segar, simpanlah di tempat yang sejuk dan kering. Jangan taruh di dekat sumber panas atau sinar matahari langsung!

Pisahkan Buah yang Masak dengan yang Belum Matang

Kalau udah beli buah yang masih setengah matang, pisahkan dengan yang udah matang. Biar yang matang ga cepet nularin gas etilen yang bisa bikin yang lain cepet busuk.

Jangan Cuci Semua Buah Secara Bersamaan

Kalo abis belanja buah dari supermarket di bogor, jangan langsung cuci semua buah-buahan. Biar tetap awet, cuci buah-buahan hanya saat mau dimakan aja.

Perhatikan Penyimpanan di Kulkas

Ada buah yang lebih baik disimpan di kulkas, seperti stroberi dan anggur. Tapi ada juga buah yang ga boleh disimpan di kulkas, misalnya tomat dan pisang. Cek jenis buahnya dulu sebelum nyimpen di kulkas.

Gunakan Wadah yang Sesuai

Pilih wadah yang pas buat menyimpan buah-buahan. Ada wadah khusus buat buah yang bisa bantu menjaga kelembaban dan mencegah cepat busuk.

Hindari Menyimpan Buah Rusak

Kalo ada buah yang udah agak rusak, lebih baik dimakan duluan atau diolah jadi jus. Buah yang udah ada cacatnya lebih cepat busuk!

Konsumsi Buah yang Mudah Busuk Lebih Awal

Ada buah-buahan yang lebih cepet busuk, kayak buah-buahan beri dan pir. Konsumsi buah-buahan kayak gitu lebih awal, biar ga sia-sia.

Periksa dan Buang Buah yang Sudah Tidak Layak

Jangan biarin buah yang udah mulai busuk di tengah barang belanjaan di dalam keranjang. Cek buah-buahan secara berkala dan buang yang udah ga layak konsumsi.

Gunakan Beku atau Olah Jadi Jus

Kalo buah-buahan udah mau lewat batas kadaluarsa, jangan dibuang. Bisa dibekukan atau diolah jadi jus, biar tetap bisa dinikmati.

Beli Buah dalam Jumlah yang Sesuai

Beli buah sesuai kebutuhan aja, biar ga ada yang kelebihan dan cepet busuk. Lebih baik beli dalam jumlah sedikit tapi sering, daripada beli banyak tapi ga habis dan malah busuk.

Itulah beberapa tips cara agar buah tetap awet dan fresh lebih lama di rumah. Dengan sedikit perhatian dan tindakan preventif, buah-buahan di rumah bisa tetap segar dan siap dinikmati kapan aja!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *