10 Tips Kerja Remote Luar Negeri Dari Rumah

Dunia Kerja16 Views

Kerja remote tanpa pengalaman dari rumah sudah bukan jadi hal aneh lagi. Banyak dari kita yang mulai merasakan asiknya bekerja dari rumah, kafe, atau bahkan dari pantai.

Tips Kerja Remote di Rumah

Namun, kerja remote pemula juga punya tantangan tersendiri. Cimanggu Bogor punya tips biar kerja remote tanpa skill makin asyik dan produktif, yuk simak beberapa tips kerja remote berikut ini!

Buat Rutinitas Harian

Walaupun kerja dari rumah, tetap perlu punya rutinitas harian. Seperti harus tetap mandi dan juga sarapan sampai dengan menyiapkan peralatan untuk bekerja.

Ini penting supaya otak kita tetap terprogram bahwa sekarang waktunya bekerja, bukan santai-santai.

Kalau kamu tidak punya program atau jadwal untuk bekerja dan cenderung abai dengan pekerjaanmu bisa jadi kamu akan dimarahi oleh bos kamu.

Ciptakan Ruang Kerja Nyaman

Nggak perlu punya ruang kerja besar, yang penting nyaman dan bebas dari gangguan. Pastikan meja dan kursi yang digunakan ergonomis biar nggak cepat pegal.

Kalau perlu, tambahkan dekorasi kecil yang bisa bikin semangat, seperti tanaman atau poster motivasi.

Usahakan untuk tidak bekerja di dalam kamar tidur (karena akan ada godaan ngantuk) atau di tempat yang membuat fokusmu terganggu.

Atur Waktu Kerja dengan Baik

Kerja remote sering kali bikin kita lupa waktu. Buat jadwal kerja yang jelas, termasuk kapan mulai, kapan istirahat, dan kapan selesai. Jangan lupa ambil waktu untuk istirahat sejenak agar pikiran tetap fresh.

Manfaatkan Teknologi

Gunakan aplikasi dan alat yang bisa membantu produktivitas, seperti aplikasi manajemen proyek, kalender digital, atau aplikasi chatting untuk komunikasi dengan tim. Dengan begitu, segala tugas dapat dikerjakan baik dan tidak keteteran.

Jangan lupa agar selalu merawat perangkat elektronik penunjang pekerjaanmu seperti laptop atau smartphone biar tidak ada kendala ketika bekerja.

Jangan Multitasking Berlebihan

Bekerja dari rumah kadang bikin kita tergoda untuk melakukan banyak hal sekaligus, seperti bekerja sambil nonton TV atau bermain dengan anak.

Sebaiknya fokus pada satu pekerjaan dulu sampai selesai supaya hasilnya maksimal. Kalau bisa, kunci pintu ketika kamu sedang lagi fokus bekerja.

Tetap Terhubung dengan Tim

Kerja remote bukan berarti kita kerja sendirian. Tetap jaga komunikasi dengan tim melalui meeting online, chatting, atau email. Ini penting untuk memastikan semua pekerjaan berjalan lancar dan kita tetap merasa sebagai bagian dari tim dan tidak terjadi miskomunikasi yang berakibat efek buruk terhadap pekerjaanmu.

Utamakan Kesehatan

Jangan lupa untuk tetap berolahraga, makan makanan sehat, dan cukup istirahat. Kerja remote bisa bikin kita lupa bergerak, jadi pastikan tetap aktif dan menjaga kesehatan tubuh.

Minimal berlari kecil atau berjalan-jalan di dalam rumah sudah cukup untuk meningkatkan detak jantungmu.

Cari Inspirasi di Luar

Bekerja dari rumah terus-terusan bisa bikin bosan dan suntuk. Sesekali, coba kerja dari tempat lain, seperti kafe, taman, atau coworking space. Suasana baru bisa memberi inspirasi dan ide segar yang meningkatkan produktivitas.

Tentukan Batasan Waktu

Kerja remote dari rumah bakal bikit kamu sulit bagi waktu untuk pribadi dan waktu buat kerja. Bikin batasan waktu yang jelas kapan harus berhenti bekerja dan mulai menikmati waktu untuk diri sendiri dan juga bersama keluarga.

Nikmati Fleksibilitasnya

Kerja remote memberi kita fleksibilitas waktu dan tempat. Manfaatkan fleksibilitas ini agar dapat membagi waktu pekerjaan dan kehidupan pribadi. Jangan terlalu kaku juga.

Dengan mengikuti tips kerja remote job di atas, kerja dari rumah bisa jadi lebih menyenangkan dan produktif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *