10 Tips Bagaimana Cara Membersihkan Rumah dengan Benar, Cepat dan Rapi

Keluarga10 Views

Buat para penghuni perumahan di cimanggu bogor yang sering merasa males banget buat membersihkan rumah? Tenang aja, kamu nggak sendirian! Tapi, rumah yang bersih itu penting banget buat kenyamanan dan kesehatan kita.

10 Cara Membersihkan Rumah yang Rapi dengan Cepat

Nah, kali ini Cimanggu Bogor mau kasih tau cara seru dan efektif buat cara membersihkan rumah yang sudah lama kosong, rumah yang sudah ditempati lama ataupun rumah baru yang kotor secara alami

Buat Rencana dan Jadwal Membersihkan Rumah

Pertama-tama, bikin rencana bersih-bersih biar kerjaan kamu nggak berantakan. Tentuin area mana yang mau dibersihin duluan dan bikin jadwal harian atau mingguan.

Misalnya, Senin buat bersihin kamar, Selasa buat dapur, dan seterusnya. Dengan rencana yang jelas, kamu jadi lebih fokus dan nggak bingung mau mulai dari mana. Berikut contoh jadwal membersihkan rumah setelah renovasi atau rumah yang berantakan.

Senin

  1. Membersihkan lingkungan rumah dengan menyapu
  2. Membersihkan udara di rumah dengan air purifier
  3. Membersihkan Teras Rumah

Selasa

  1. Membersihkan tembok rumah
  2. Membersihkan pekarangan rumah
  3. Membersihkan pintu rumah

Rabu

  • Membersihkan perabot rumah
  • Membersihkan debu di rumah
  • Membersihkan bagian luar rumah

Kamis

  • Membersihkan lantai rumah yang kotor
  • Membersihkan kaca jendela rumah
  • Membersihkan halaman rumah

Jumat

  • Membersihkan kamar mandi
  • Membersihkan filter ac rumah
  • Membersihkan tembok kotor

Sabtu

  • Membersihkan plafon rumah
  • Membersihkan jamur pada dinding rumah
  • Membersihkan got depan rumah

Minggu

  • Membersihkan jendela kaca rumah
  • Membersihkan keramik rumah
  • Membersihkan blower ac rumah

Hari libur

  • Membersihkan tangki air rumah
  • Membersihkan pipa air rumah
  • membersihkan atap rumah yang bocor

Siapkan Peralatan yang Dibutuhkan

Sebelum mulai, siapin semua peralatan yang dibutuhkan. Mulai dari sapu, kain lap, ember, cairan pembersih, sampai vakum. Kalau semuanya udah siap, kamu nggak perlu bolak-balik nyari alat pas lagi semangat bersih-bersih. Tentunya bisa menjadi cara membersihkan rumah yang benar serta rapi dengan cepat. Kamu bisa beli peralatannya dengan mengunjungi supermarket di bogor.

Mulai dari Atas ke Bawah

Bersihin rumah itu ada urutanny! Mulai dari bagian atas seperti plafon, kipas angin, atau rak tinggi, lalu turun ke bawah. Dengan cara ini, debu atau kotoran yang jatuh bisa dibersihin pas kamu bersihin bagian bawah.

Setiap jengkal pada bagian dalam dan luar rumah juga tidak akan terlewatkan dari pembersihan sehingga tidak akan ada lagi binatang seperti cicak, semut, sarang laba-laba, kutu, lalat, kecoa, tikus, dan bekas kotorannya yang membuat rumahmu menjadi bau.

Kalau kamu menemukan bagian rumah yang perlu perbaikan bisa coba cari tukang bangunan panggilan terdekat di bogor yang akan memperbaiki bagian rumah tersebut secara profesional.

Gunakan Musik atau Podcast

Biar nggak bosen, nyalain musik favorit atau dengerin podcast seru saat bersih-bersih. Musik bikin mood lebih baik dan kegiata membersihkan rumah jadi tidak terasa berat. Pilih playlist yang bikin semangat dan joget-joget dikit juga boleh, biar tambah seru!

Fokus pada Satu Area

Jangan coba-coba buat bersihin semua ruangan sekaligus, nanti malah jadi nggak maksimal. Fokus ke satu tempat kemudian jika sudah selesai bisa ke tempat lain.

Gunakan Produk Pembersih Alami

Cara membersihkan rumah yang baik adalah dengan menggunakan produk pembersih alami yang ramah lingkungan dan aman buat kesehatan. Misalnya, campuran cuka dan air buat bersihin kaca, atau baking soda buat membersihkan noda membandel. Rumah jadi lebih sehat karena bebas bahan kimia.

Jangan Lupa Sudut dan Celah Kecil

Sudut dan celah kecil sering banget terlupakan padahal biasanya di situ banyak debu dan kotoran ngumpet. Jangan lupa bersihin bagian-bagian tersembunyi seperti di bawah sofa, belakang lemari, atau sela-sela jendela. Gunakan vakum atau sikat kecil buat menjangkau area ini.

Buat Kegiatan Bersih-bersih Jadi Aktivitas Keluarga

Kalau tinggal bareng keluarga atau teman serumah, ajak mereka buat ikut bersih-bersih. Bagikan tugas biar semua area rumah terjangkau dan selesai lebih cepat. Selain bikin rumah bersih, kegiatan ini juga bisa jadi momen kebersamaan yang seru. kalau rumah mu besar dan anggota keluarga masih belum mampu untuk membersihkannya bisa coba jasa pembantu di bogor.

Buang atau Jual Barang yang Nggak Diperlukan

Bersih-bersih rumah juga saat yang tepat buat decluttering alias buang barang-barang yang nggak diperlukan. Kumpulkan barang-barang yang udah nggak dipakai, rusak, atau nggak ada fungsinya lagi. Kamu bisa donasi atau jual barang yang masih layak pakai. Kamu bisa jual melalui grup facebook bogor atau mendatangi bank sampah di kota bogor.

Jaga Kebersihan Secara Rutin

Setelah rumah bersih, jangan sampai kotor lagi dalam waktu singkat. Jaga kebersihan secara rutin dengan melakukan pembersihan kecil setiap hari. Misalnya, lap meja setelah makan, sapu lantai setiap malam, atau cuci piring langsung setelah digunakan sehingga tugas bersih-bersih besar jadi lebih ringan.

Membersihkan rumah itu nggak harus jadi kegiatan yang membosankan atau melelahkan. Dengan 10 tips cara membersihkan rumah yang kotor di atas, kamu bisa bikin bersih-bersih rumah jadi lebih efektif dan menyenangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *