Inilah Referensi Masjid di Bogor yang Bisa Anda Kunjungi

Posted on

Masjid tak hanya sebagai sarana ibadah saja, tapi juga beragam aktivitas lain bisa dilakukan di sini selama masih hal yang positif. Bangunan masjid yang unik juga bisa dijadikan tempat rekreasi religi. Masjid di kota Bogor juga punya banyak pilihan untuk tempat wisata religi bersama keluarga ataupun teman-teman.

Anda juga bisa mengikuti kajian yang umumnya dilaksanakan pada sore hari untuk mengisi waktu setelah pulang kerja. Wisata religi di masjid semakin meningkat terutama saat bulan Ramadhan tiba.

Tentu saja karena saat bulan Ramadhan semua masjid berlomba-lomba mengadakan kegiatan agama dan masyarakat saat itu sedang berada dalam kondisi semangat beribadah. Sebenarnya tak hanya saat bulan Ramadhan saja, berkunjung di masjid bisa Anda dilakukan kapan saja. Saat memutuskan untuk datang ke masjid, usahakan turut menjaga kenyamanan dan kebersihan di lingkungan sekitarnya.

Daftar Masjid di Bogor

Penduduk Indonesia yang tersebar di 33 provinsi mayoritas memeluk agama Islam. Maka tak heran untuk menemukan masjid di sebagian besar wilayah Indonesia bukan perkara sulit. Tak terkecuali dengan kota Bogor yang banyak berdiri masjid megah dan punya arsitektur unik. Ada pilihan masjid di kabupaten Bogor yang bisa Anda kunjungi untuk sekedar melaksanakan ibadah maupun berwisata menikmati pemandangan yang syarat dengan kesan religius. Bogor merupakan kota besar dan di sinilah istana kepresidenan berdiri. Wisatawan juga banyak mengunjungi kota ini karena dikenal punya udara sejuk, terutama di wilayah puncak Bogor.

Masjid yang menjadi salah satu fasilitas utama bagi masyarakat maupun wisatawan tentu menjadi hal penting untuk dikunjungi juga, khususnya bagi masyarakat muslim. Masjid yang berada di Bogor terbilang cukup banyak jumlahnya. Namun, Anda bisa mengunjungi beberapa masjid yang menjadi referensi karena punya bangunan megah dan juga aktivitas keagamaannya cukup intensif dilakukan. Di bawah ini, ada daftar masjid di kota Bogor yang bisa dijadikan referensi.

Masjid Andalusia Islamic Center

Masjid Andalusia Islamic Center merupakan salah satu pilihan masjid di sentul Bogor yang menarik untuk dikunjungi. Masjid yang punya gaya bangunan khas Spanyol ini digagas oleh seorang muallaf yang dikenal sebagai ahli dalam bidang ekonomi syariah, yaitu M. Syafii Antonio.

Anda bisa mengunjungi Masjid Andalusia di Jalan Insinyur Haji Juanda Nomor 78 Bogor. Bangunan terlihat sangat megah dengan adanya kubah besar di bagian tengah. Apabila Anda sedang melewati wilayah Babakan Madang, Bogor, tidak salahnya untuk mampir ke masjid ini.

Masjid Raya Bogor

Di masing-masing daerah pasti punya masjid raya yang dijadikan ciri khas. Tak jarang masjid raya dibangun menyesuaikan keadaan budaya masyarakat, sehingga bentuk bangunan antara satu dengan lainnya sangat berbeda. Masjid Raya Kota Bogor masuk dalam daftar referensi masjid bagus Bogor yang patut Anda kunjungi loh. Masjid ini sudah dibangun sejak tahun 1970-an dan sekarang mulai dilakukan perkembangan fasilitas keagamaan dan keilmuan.

Masjid ini cukup besar, karena di dalamnya terdapat ruang khusus pusat pengkajian agama dan perpustakaan yang dibuka secara umum. Anda dapat mengunjungi Masjid Raya Bogor yang beralamat di Jalan Padjadjaran Nomor 10, Bogor Timur.

Masjid Az-Zikra

Masjid besar Bogor lainnya yang tak boleh Anda tinggalkan, yaitu Masjid Az-Zikra. Masjid yang berada di komplek perumahan muslim ini didirikan atas pimpinan Ustad Arifin Ilham yang sangat kondang di lingkungan masyarakat Indonesia.

Masjid Az-Zikra telah dibangun sejak tahun 2009 di kawasan Bukit Az-Zikra, Bogor. Anda bisa mendengarkan langsung kajian Ustad Arifin Ilham yang sering diadakan di masjid ini.

Masjid Atta’awun

Masjid puncak bogor punya daya tampung jamaah sekitar 700 orang. Bangunan masjid yang ditampilkan hampir sama seperti masjid sebelumnya. Tampaknya masyarakat Bogor punya selera bangunan modern dan megah.

Kubahnya juga cukup unik karena terdapat bagian, yang paling besar merupakan kubah utama. Di sekitarnya ditumbuhi banyak pohon dan tumbuhan, sehingga udaranya terasa lebih sejuk.

Masjid Harakatul Jannah

Masjid gadog bogor dapat Anda temui di pintu keluar Tol Gadog. Apabila Anda akan ke puncak pasti akan melewati masjid ini, karena lokasinya berada di tepat lampu merah persimpangan Gadog. Alamat tepatnya berada di Pandansari, Ciawi, Bogor.

Masjid dua lantai ini punya pemandangan yang cukup eksotis. Selain bangunan yang terlihat megah, di sekelilingnya diberi banyak pepohonan. Anda dapat bersantai di halaman masjid, tapi tetap jaga kebersihan agar tetap nyaman ya.

Masjid Muhajirin

Apabila Anda sedang berada di Kecamatan Bogor Timur, tepatnya di Jalan Dukuh Raya, mampirlah ke Masjid Muhajirin untuk beribadah ataupun sekedar menghilangkan kelelahan setelah perjalanan jauh. Sama seperti masjid di Bogor lainnya, Anda akan mendapatkan pemandangan yang masih asri. Maklum saja, meskipun sudah terbilang kota tapi Bogor masih berudara bersih karena posisinya berada di puncak.

Masjid Jami Nurul Haq

Di kota ataupun di desa, Anda tak perlu khawatir akan kesusahan mencari masjid di Bogor. Kawasan perkotaan, seperti Kecamatan Tanah Sareal ada sebuah masjid yang bisa Anda kunjungi. Nama masjid tersebut adalah Masjid Jami Nurul Haq. Meskipun tidak terkenal seperti masjid raya ataupun Masjid Az-Zikra, tapi ada banyak kegiatan keagamaan yang bisa Anda ikuti di masjid ini.

Masjid Nurul Ikhlas

Tak hanya Masjid Jami Nurul Haq, saat berada di Kecamatan Tanah Sareal sudah dipastikan Anda akan menemukan banyak masjid. Satu diantara masjid di Bogor yang berada di Kecamatan Tanah Sareal adalah Masjid Nurul Ikhlas. Masjid ini bisa Anda jadikan salah satu referensi, terutama saat bulan Ramadhan telah tiba.

  • Masjid Al-Qubba

Masjid daerah Bogor juga banyak Anda temui di Kecamatan Bogor Utara. Salah satu masjid yang bisa Anda jadikan referensi sebagai wisata religi di Bogor Utara yaitu Masjid Al-Quba.

Seperti namanya, bahwa masjid ini juga punya kubah yang merupakan ciri khas dari masjid pada umumnya. Masjid ini berada di Perumnas Bantarjati, tepatnya di Jalan Tatapakan II RT 02 RW 10, Kelurahan Tegal, Gundil, Bogor.

Masjid Agung

Satu lagi masjid dekat stasiun Bogor yang bisa Anda datangi untuk wisata religi, yaitu Masjid Agung yang berada di Jalan Dewi Sartika, Kawasan Pasar Kebon Kembang, Kecamatan Bogor Tengah. Untuk bentuk bangunannya tidak banyak perbedaan dari konsep masjid lainnya yang ada di Bogor, yaitu bergaya modern dengan kubah besar. Jika sedang lewat daerah ini, tak ada salahnya untuk mampir ya. baca daftar pesantren di bogor 

Berikut ini adalah daftar mesjid besar di bogor yang memiliki banyak jamaah

  1. Masjid Agung Al-Mi’raj Pajajaran
  2. Masjid Attawakal Gunung sari
  3. Masjid Agung Pasar Anyar
  4. Masjid Nurul Huda Cipayung Girang
  5. Masjid At-Taqwa Bojongbaru
  6. Masjid Nurul Amal Ciseeng
  7. Masjid Al-Hidayah Kedung Badak
  8. Masjid HUSNUL MA’AB Tapos Udik
  9. Masjid Quba Sukaraja
  10. Masjid AN-NUR SINAR SARI
  11. Masjid Baiturrahmah Seuseupan
  12. Masjid Nurul Falah Pasir Angin
  13. Masjid Al-Ijtihad Sadeng
  14. Masjid NURUT TAQWA jonggol
  15. Masjid Hidayatul Ikhwan Sukasirna
  16. Masjid Jabal Nur Sentul City
  17. Masjid Al-Muhajirin Bantar Kemang
  18. Masjid Al-Awwalien Leuwiliang
  19. Masjid Ar-Rahman Tegal Gundil
  20. Masjid NURUL FAIZIN PAMAGERSARI
  21. Masjid ASH-SHOHEH KARANG ASEM TIMUR
  22. Masjid Nurul Iman Curug
  23. Masjid Maidah Semplak
  24. Masjid BAITURAHIM sukajaya
  25. Masjid Al-Juman Bondongan

Selain daftar referensi masjid di Bogor yang sudah dibahas di atas, masih banyak lagi masjid lainnya yang bisa Anda jelajahi dan cari tahu sendiri. Wisata religi apalagi saat bulan Ramadhan memang menghadirkan suasana yang berbeda. Apalagi Anda bisa berbuka dan beribadah bersama dengan jamaah lainnya. Selain itu, Anda juga bisa menjalin silahturahmi dengan sesama umat muslim untuk meningkatkan kualitas keimanan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *