Mengenal Bisnis AirBnB beserta Keuntungannya

Posted on

Apakah kalian sudah tahu apa itu AirBnB? jika belum, berikut akan dijelaskan terlebih dahulu apa itu AirBnB. AirBnB adalah perusahaan marketplace online bagi orang yang ingin menyewa atau menyewakan kamar di sebuah rumah, apartemen atau lainnya.

Jadi prinsipnya adalah Anda bisa menyewakan kamar di rumah atau apartemen Anda kepada orang lain. Cari uang dari AirBnB bisa Anda jadikan pekerjaan sampingan dan untuk menambah penghasilan Anda.

Di AirBnB ini biasanya orang-orang akan menyewa satu kamar atau satu rumah langsung dalam sehari. Jika Anda mempunyai kamar di apartemen atau rumah yang tidak terpakai, Anda bisa menyewakannya lewat AirBnB ini.

Bergabung dan Dapatkan Keuntungan di AirBnB

Biasanya orang-orang yang hobi traveling sangat mengandalkan AirBnB ini. Pasalnya, mereka bisa mendapatkan tempat yang mereka mau sesuai lokasi traveling mereka serta sewa tempatnya cenderung lebih murah ketimbang menyewa kamar hotel. Mereka bisa menyewa satu kamar saja atau bisa menyewa satu tempat (rumah/apartemen) sekaligus.

Nah, melihat fenomena ini, Anda harus pintar-pintar untuk memanfaatkannya. Apalagi kalau Anda mempunyai ekstra kamar di rumah atau apartemen Anda yang sayang kalau hanya menjadi pajangan belaka. Menyewakan tempat lewat AirBnB pasti memiliki keuntungan tersendiri. Lalu apa saja keunggulan menyewakan kamar di AirBnB?

Pendaftarannya yang Mudah

Salah satu keunggulan dari dapat uang dengan AirBnB ini adalah pendaftarannya yang mudah. Anda hanya perlu membuat akun di AirBnB saja. Untuk langkah-langkah yang lebih rinci adalah sebagai berikut.

  1. Masuk ke https://www.AirBnB.co.id/ kemudian klik daftar.
  2. Anda bisa mendaftar lewat akun facebook, akun google atau email Anda.
  3. Isikan data sedetail mungkin di profil Anda. Foto-foto yang Anda unggah harus jelas agar Anda terlihat bersungguh-sungguh.
  4. Kemudian, tambahkan tempat yang Anda ingin sewakan ke daftar AirBnB
  5. Klik pada Menjadi Tuan Rumah kemudian klik Buat Iklan Baru.
  6. Buatlah iklan tempat yang Anda sewakan dengan semenarik mungkin dan jujur.

Kamar Kosong Tak Terpakai Bisa Mendatangkan Uang

Tidak banyak orang yang tahu kalau kamar kosong yang biasanya tak diperhatikan, kini bisa menjadi peluang usaha di AirBnB. Biasanya orang-orang hanya menggunakan kamar kosong atau rumah kosong jika ada tamu saudara atau teman jauh, itupun jarang sekali. Akan tetapi di AirBnB Anda bisa kedatangan tamu seminggu sekali atau bahkan dua hari sekali. Tentu saja tamu itu tidak ‘numpang’ secara gratis akan tetapi membayar sewanya juga. Daripada kamar atau rumah kosong Anda berdebu, akan lebih baik jika disewakan di AirBnB.

Pembayaran Aman

Anda tidak perlu khawatir tertipu dengan Bisnis AirBnB ini karena sistem pembayarannya sangat terkontrol oleh AirBnB. Jadi semua sistem pembayarannya adalah menggunakan kartu kredit atau paypall. Pelanggan akan mengirimkan bayaran sewa tempat Anda ke sistem AirBnB setelah itu AirBnB akan mengirimkannya ke Anda dengan di potong 3% untuk biaya aplikasinya. Demi keamanan, AirBnB melarang untuk bertransaksi diluar pengawasan AirBnB sendiri.

Dikunjungi Jutaan Wisatawan

Jika tempat yang Anda sewakan memiliki kesan yang bagus di benak pengunjung, maka mereka tidak akan segan-segan merekomendasikan tempat Anda ke pengguna AirBnB lain, alhasil tempat Anda akan dikunjungi oleh banyak wisatawan yang akan menyewa tempat Anda. Dan pastinya Anda juga bisa bertemu orang-orang baru yang bisa menambah wawasan Anda dengan cerita-cerita mereka. Tentu usaha penyewaan AirBnB bisa menjadi keseruan tersendiri karena banyak bertemu orang-orang lokal atau bahkan dari mancanegara sekalipun. baca aplikasi pesan hotel

Harga Ada di Tangan Anda

Jika Anda berasumsi jika harga sewa tempat Anda ditentukan oleh AirBnB, Anda salah besar. Bisnis AirBnB ini menyerahkan harga sewa tempat Anda di tangan Anda sendiri. Artinya Anda bebas menentukan harga. Akan tetapi meskipun seperti itu, Anda juga harus mempertimbangkannya sesuai fasilitas yang Anda sediakan agar terkesan tidak terlalu mahal atau terlalu murah. Jika dirasa tempat yang Anda sewakan berlokasi strategis seperti di Bali, Lombok atau kota-kota wisata lainnya, maka Anda bisa sedikit menaikkan harganya.

Semakin Dekat Lokasi Wisata Semakin Banyak Pengunjung

Seperti yang kita ketahui, Bisnis AirBnB ini menargetkan wisatawan dan traveler. Mereka pasti akan memilih rumah atau apartemen yang dekat dengan tempat wisata. Oleh karena itu, semakin dekat tempat Anda dengan tempat wisata maka tempat Anda akan semakin dicari dan ramai. Tentunya ini menjadi peluang usaha yang menjanjikan mengingat tempat wisata tidak akan sepi pengunjung apalagi jika tempat wisatanya terkenal, maka tidak hanya wisatawan lokal saja yang datang akan tetapi wisatawan mancanegara juga. cek gedung pernikahan bogor

  • Tidak Harus Menyewakan Seluruh Rumah

Tidak harus menyewakan seluruh rumah, Anda juga bisa menyewakan satu kamar saja. Jadi nanti penyewa akan tinggal satu rumah dengan Anda akan tetapi berbeda kamar. Bagi yang hanya mempunyai satu kamar yang kosong dan ingin menyewakannya, janganlah khawatir. Anda hanya perlu memolesnya dan merenovasinya agar layak untuk dihuni. Hal ini justru lebih mudah karena Anda bisa bercengkrama dengan si penyewa. Anda juga bisa memantau langsung kegiatan si penyewa.

  • Hanya Perlu Biaya Perawatan

Di Bisnis AirBnB ini, modal Anda hanya di biaya perawatannya saja. Karena rumah atau kamar yang Anda sewakan sudah tentu milik Anda sendiri. Dengan sedikit renovasi dan penataan ruangan, tempat Anda sudah siap untuk disewakan. Anda bisa biaya perawatan dari pembayaran penyewa yang diberikan kepada Anda. Jadi Anda masih bisa tetap untung. cek hotel dekat kebun raya

  • Keselamatan di AirBnB untuk Anda

Lalu bagaimana jika ada penyewa yang merusakkan barang Anda? atau penyewa terluka berada di rumah Anda? Tenang saja, Anda tidak usah khawatir karena AirBnB akan menanggung kerugian yang Anda alami dari kejadian tersebut. AirBnB menyediakan 2 asuransi yaitu Jaminan Tuan Rumah dan Asuransi Perlindungan Tuan Rumah. Jaminan Tuan Rumah adalah ketika terjadi ketika ada kerusakan yang tidak sengaja, maka AirBnB akan menanggung samapi satu juta dolar tanpa biaya ekstra dari Anda. Untuk Asuransi Perlindungan Tuan Rumah, AirBnB akan menanggung dan melindungi Anda dari klaim tanggung gugat. AirBnB menyediakan sampai satu juta dolar yang disertakan secara gratis. Jadi jangan takut untuk bergabung di Bisnis AirBnB.

AirBnB ini memang memiliki prospek yang bagus untuk ke depannya. Karena sekarang ini tren traveling masih sangat booming di Indonesia. Apabila rumah Anda berada di dekat tempat wisata, bisa saja AirBnB ini menjadi ladang usaha Anda. Setelah menginap, pelanggan biasanya memberikan star dan review yang bisa mendatangkan pelanggan berikutnya. Nah, dengan memperoleh uang dari AirBnB ini membuat kamar atau rumah Anda yang tak terpakai bisa mendatangkan rezeki. Jadi apakah Anda tertarik untuk menyewakan tempat Anda di AirBnB ini? Jika iya, Anda bisa mulai mendaftarkan hunian Anda.

One thought on “Mengenal Bisnis AirBnB beserta Keuntungannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *