Mengenang Perjuangan Tentara Pembela Tanah Air dengan Mengunjungi Museum PETA Bogor

Posted on

Cagar Budaya Museum PETA sudah dikenal baik di Bogor. Ketahuilah lokasinya memang diperkotaan sehingga Anda akan sangat mudah mengunjunginya dengan menggunakan kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum. Sebagai salah satu tempat rekreasi budaya maka akan lebih mudah mengenalkan Anda dengan sejarah di Indonesia.

Sekarang ini, sebagian besar generasi muda pastinya akan lebih ingin mengunjungi objek wisata yang memiliki spot wisata yang bagus agar dapat di upload ke media sosial.

Namun, ketahuilah bahwa mengunjungi berbagai tempat wisata bersejarah seperti museum juga perlu dilakukan agar generasi mudah lebih memahami sejarah bangsa Indonesia. Ketahuilah lokasi museum terbaik di Bogor ini lokasinya hanya berjarak 5 meter dari Istana Presiden Bogor di Jalan Sudirman no 35.

Museum PETA di Masa Sejarah Indonesia

Ketahuilah bahwa sebelumnya Museum PETA memang menjadi tempat latihan para tentara Indonesia untuk melawan penjajahan, apabila Anda ingin mengetahui sejarah museum PETA pada masa sejarah jaman dahulu. Informasi di bawah ini akan memberikan penjelasannya secara detail untuk Anda.

  1. Pusat Pelatihan Pembelaan Tanah Air
  2. Nah, menurut sejarah museum PETA merupakan tempat pembelaan tanah air yang dilakukan oleh para pahlawan. Tentunya, di tempat ini menyimpan banyak kenangan para pahlawan dalam menjaga dan mempertahankan kewarganegaaran RI di masa penjajahan. Dengan mengajak anak-anak berlibur ke tempat wisata bersejarah seperti museum PETA maka dapat meningkatkan rasa cinta tanah air.
  3. Tangsi Militer KNIL
  4. Berikutnya di masa penjajahan dulu museum PETA juga merupakan salah satu tempat tangsi militer KNIL. Hingga sampai saat ini tangsi di masa penjajahan tersebut juga masih dapat dijumpai. Tentunya tangsi tersebut memang memiliki nilai sejarah yang harus dikenal oleh masyarakat. Biasanya, sebagian besar orang memang menjadikan tangsi bersejarah ini menjadi salah satu spot foto yang unik dan menarik.

Itulah beberapa penjelasan mengenai museum PETA di masa sejarah penjajahan di Indonesia. Tentunya, dengan banyak nilai sejarah yang dapat Anda dapatkan memang membuat tempat ini menjadi sangatlah recomended untuk Anda bersama keluarga.

Cagar Budaya Markas PETA Bogor

Anda pastinya bertanya-tanya apa saja cagar budaya yang bisa dijumpai di Museum Peta, apabila Anda ingin mengetahui penjelasan lebih lengkapnya mari ketahui informasinya di bawah ini.

  • Patung Pahlawan

Di museum PETA Anda akan menjumpai berbagai patung pahlawan yang sangat berjasa membela RI di masa penjajahan. Nah, hal tersebut tentunya memang sangat cocok dijadikan sebagai tempat wisata untuk semua usia dari anak-anak hingga orang dewasa. Hal tersebut tentunya bertujuan agar para generasi penerus bangsa lebih mencintai negara Indonesia.

  • Dokumen Bersejarah

Berikutnya Anda juga dapat membaca berbagai dokumen sejarah yang juga menceritakan perjuangan pahlawan di masa penjajahan. Apabila Anda mengunjungi museum pastinya tidak hanya dijadikan sebagai spot foto yang menarik dan unik. Sebaiknya ketika Anda berkunjung ke museum maka sebaiknya bacalah setiap tulisan dalam sebuah dokumen yang menceritakan berbagai cerita bersejarah yang penting untuk diketahui.

  • Miniatur Pahlawan

Apabila Anda sudah mengetahui berbagai patung pahlawan, ternyata salah satu tempat bersejarah di bogor ini juga menyimpan miniatur pahlawan yang sangat berjasa untuk kemerdakaan Indonesia. Biasanya miniatur tersebut terdapat di dalam kotak kaca sehingga Anda memang tidak dapat menyentuhnya, namun dapat mengetahuinya. Museum PETA ini memang lebih banyak memiliki cerita tentang perjuangan pahlawan Tentara KNIL Indonesia.

  • Tangki Militer

Sudah dijelaskan sebelumnya bahwa di museum PETA Anda memang dapat menjumpai adanya tangki militer. Biasanya spot foto dari tangki memang menarik dengan desain dan bentuknya yang unik dan bersejarah sehingga patut untuk diabadikan. Tangki militer tersebut memang menjadi saksi para pahlawan dalam memperjuangkan kemerdekaannya.

  • Senjata Perang

Berikutnya Anda juga akan menjumpai berbagai senjata perang yang digunakan untuk melawan penjajahan. Senjata perang tersebut tentunya juga diabadikan di dalam kaca sehingga tetap dapat bertahan di jangka yang waktu lama. Tentunya, sebagian besar orang akan lebih mengetahui senjata yang sangat bersejarah di masa penjajahan. Bahkan, senjata perang tersebut juga dapat dijadikan spot foto yang sangat bagus.

  • Baju Tentara

Kemudian Anda juga pastinya dapat menjumpai berbagai baju tentara pahlawan KNIL dalam museum PETA. Apabila Anda seorang warga atau masyarakat Bogor maka sangat diwajibkan untuk mengunjunginya agar dapat meningkatkan rasa kecintaan kepada tanah air. Nah, tempat wisata bersejarah ini memang sangat cocok digunakan sebagai tempat rekreasi untuk anak-anak hingga orang dewasa. Setelah mengetahui beberapa cagar budaya museum PETA di Bogor memiliki banyak patung yang menggambarkan banyak sejarah di masa lampau maka dapat meningkatkan kecintaan kepada tanah air RI Indonesia.

Manfaat Berkunjung Ke Cagar Budaya Museum PETA, Bogor

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa tempat bermain anak di bogor ini memang menjadi wahana wisatawan untuk lebih memperkenalkannya dengan sejarah. Tentunya hal tersebut memang memiliki banyak manfaat untuk membuat para generasi muda lebih mencintai tanah airnya sehingga lebih menghargai para perjuangan pahlawan tentara KNIL dalam melawan penjajahan. Sekarang ini tempat wisata museum memang sudah tidak begitu disukai oleh para wisatawan sehingga Anda dapat memulainya untuk membuat banyak masyarakat berkunjung ke museum agar lebih mengenal sejarah di masa lampau yang juga berfungsi untuk lebih membuat para generasi muda untuk lebih mencintai tanah air.

Lokasi Museum Pembela Tanah Air

Bagi Anda yang belum mengetahui lokasi museum Pembela Tanah Air maka ketahui bahwa lokasinya terletak di Jalan Sudirman No. 53 Bogor. Nah, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum untuk mengunjunginya karena lokasi museum yang satu ini memang sangat mudah dijangkau. Ketahuilah rute menuju museum PETA yang paling mudah yaitu lewat Jalan Sudirman Bogor kemudian Anda harus mengikuti arah petunjuk perjalanan ataupun Anda juga bisa menggunakan google maps untuk sampai di lokasi.

Prosedur Berkunjung ke Museum Pembela Tanah Air

Ketahuilah prosedur berkunjung ke museum pembela tanah air, tidak semua orang ataupun masyarakat umum dapat mengunjunginya. Hal tersebut tentunya disebabkan karena tempat sejarah yang satu ini masih aktif digunakan untuk kegiatan militer. Untuk mengujunginya memang sangatlah diperlukan prosedur khusus. Biasanya prosedur yang harus dibuat untuk mengunjungi museum PETA yaitu membuat permohonan surat kunjungan yang berisi nomer telepon, hari dan tanggal, kemudian jam berkunjung, nama peserta dengan jumlah yang ikut berkunjung, dan alamat peserta. Anda bisa mengirimkannya langsung lewat kantor, paling lambat surat permohonan akan diterima 3 hari pada waktu jam kerja. Ada beberapa ketentuan yang harus diketahui dalam menentukkan jam kunjung ke salah satu tempat rekreasi di bogor ini yaitu di jam kerja mulai pukul 08.00 hingga 15.00. Ternyata museum Pembela Tanah Air juga buka hanya di hari kerja yaitu hari senin sampai dengan kamis. Itulah seputar informasi mengenai museum PETA ataupun Pembela Tanah Air yang memiliki banyak sejarah mengenai perlawanan dari tentara KNIL melawan para penjajah.

One thought on “Mengenang Perjuangan Tentara Pembela Tanah Air dengan Mengunjungi Museum PETA Bogor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *