Bawa Anak Bermain dan Belajar Bertani di Kebun Wisata Pasirmukti

Posted on

Bagi anda yang tinggal di kota besar dengan suasana yang macet, adanya polusi udara dimana – mana dan berbagai rutinitas yang cukup padat tentu ingin sesekali berlibur dengan suasana yang berbeda. Suasana liburan yang paling sering diminati adalah suasana yang identik dengan alam dan pedesaan.

Hal tersebut tidak terlepas dari suasana pedesaan yang identik dengan rasa sejuk, indah dan bebas dari macet. Salah satu destinasi liburan yang tepat untuk dikunjungi oleh anda dan keluarga dengan suasana alamnya yang asri adalah Desa Wisata Pasirmukti.

Kebun wisata ini, sangat menarik untuk anda kunjungi bersama dengan keluarga. Saat anda berkunjung ke agro wisata ini, maka kedua mata anda akan langsung disuguhi pemandangan hijau dan asri yang cukup luas. Dengan demikian penat dan lelah karena perjalanan jauh akan langsung terbayarkan saat itu juga. Lokasinya yang luas yakni sekitar 15 ha akan membuat anda dan keluarga bebas untuk menjelajahi dan pastinya akan merasa puas saat berlibur.

Sejarah Berdirinya Kebun Wisata Pasirmukti

Sebelum memutuskan untuk berkunjung ke suatu tempat wisata akan lebih baik jika anda mengetahui sejarahnya terlebih dahulu. Agro Wisata Pasirmukti berdiri sejak tahun 1979 atas gagasan dari Emily Turanggan. Hobi berkebun dan menanam Anggrek Emily Turanggan mampu membuahkan hasil. Dari yang awalnya hanya pada lahan 3500 meter persegi kemudian terus diperluas dengan membeli lahan – lahan sekitar kebun dari para petani.

Pada mulanya agro wisata pasirmukti ini hanya dikunjungi oleh keluarga dan sahabat – sahabat dari Emily Turanggan. Namun, sekitar tahun 2001 kebun tersebut mulai dikunjungi oleh masyarakat umum. Semakin besarnya minat pengunjung membuat kebun ini dikelola secara professional pada tahun 2003 oleh PT. Kebun Pasirmukti. Dengan pengelolaan secara professional kebun ini memiliki konsep agro wisata sekaligus tempat pelatihan pertanian dengan luas lahannya mencapai 15 ha.

Lokasi Kampung Wisata Pasirmukti

Lokasi destinasi wisata di bogor ini cukup strategis yakni berada di kawasan Citeureup, Bogor. Untuk alamat lengkapnya yakni berada di Jl. Raya Tajur Pasirmukti Kilo Meter 4, Citeureup, Pasirmukti, Tajur, Citeureup, Pasir Mukti, Citeureup, Bogor, Jawa Barat dan bisa ditempuh selama kurang lebih 60 menit bila dari Jakarta.

Namun, hal tersebut apabila jalanan ibu kota tidak macet, jika macet bisa jadi lebih dari waktu yang telah diperkirakan. Oleh karena itu, bagi anda yang berkunjung dari arah Jakarta harus merencanakan jadwal keberangkatan sebaik mungkin agar tidak terjebak macet.

Jam Buka Desa Pasirmukti

Saat anda berkunjung ke suatu tempat wisata yang tidak boleh sampai lupa untuk dicari tahu adalah jam buka lokasi wisata. Jangan sampai saat anda berkunjung ternyata tempat wisata yang menjadi pilihan belum dibuka, sudah tutup bahkan sedang libur sehingga mengharuskan anda menunggu lama atau bahkan pulang dengan tangan hampa.

Jika demikian akan sangat merepotkan bukan? Namun, anda tidak perlu khawatir jika ingin berkunjung ke kebun Pasirmukti kerena tempat wisata ini buka setiap hari. Jam buka tempat ini mulai pukul 08.00 sampai dengan pukul 17.00 WIB.

Harga Tiket Kebun Wisata Pasirmukti

Harga tiket masuk menjadi hal penting untuk diperhatikan saat anda akan berlibur. Berlibut ke Kampung Pasirmukti Bogor tidak terlalu merogoh kocek dalam – dalam, untuk tiket masuknya hanya Rp. 15.000. Untuk memuaskan anda saat berlibur, berikut ini berbagai paket wisata yang bisa anda pilih saat berkunjung ke Agro Wisata Pasirmukti.

  1. Paket Agro Junior

Paket ini dibandrol dengan harga Rp. 115.000 per orangnya dengan minimal anggotanya sekitar 10 orang. Aktivitas yang dilakukan mulai dari tanam padi, bajak sama, melukis caping, menanam anggrek hingga bermain di kolam lumpur. Sedangkan fasilitas yang didapat berupa tiket masuk, saung, pemandu edukatif, snack, makan siang dan sertifikat.

  • Paket Agro Adventure

Paket ini dibandrol dengan harga Rp. 200.000 per orangnya dengan minimal anggota 20 orang. Aktivitas pada paket ini dilaksanakan 2 hari mulai dari tracking, api unggun, naik rakit, tangkas di lumpur, hingga petualangan di malam hari. Untuk fasilitasnya berupa tenda camping, tiga kali snack dan nasi kotak.

  • Paket Anak Petani

Paket ini dibandrol dengan harga Rp. 350.000 per anak dengan minimal anggota 10 anak. Aktivitas dilaksanakan selama 2 hari mulai dari naik rakit, rumah tani, dunia padi, petualangan di malam hari, hingga api unggun. Untuk fasilitasnya berupa akomodasi, pemandu, tiga kali snack dan prasmanan serta sertifikat.

  • Paket Lansia

Paket ini dibandrol dengan harga Rp. 75.000 per orangnya dengan anggota 20 orang. Aktivitas yang dilakukan disesuaikan dengan usia. Sedangkan untuk fasilitasnya berupa makan siang prasmanan dan snack untuk satu kali makan.

  • Paket Camping

Paket ini dibandrol dengan harga 85.000 per orang dengan minimal anggota 5 orang. Fasilitas yang disediakan sederhana berupa tiket masuk, minuman, kamar mandi, arena camping, tenda camping, dan makan pagi.

  • Paket Ceria

Paket ini dibandrol dengan harga Rp. 55.000 per orang dengan minimal anggota 20 orang. Fasilitas yang disediakan sederhana berupa tiket masuk, tenda, alas terpal dan makan siang.

Fasilitas Kebun Wisata Pasirmukti

Sesuai dengan namanya Agro Wisata Pasirmukti tentu wisata ini identik dengan wisata bernuansakan pertanian serta peternakan. Berbagai macam kebun tanaman bisa anda nikmati saat berkunjung kesini. Mulai dari kebun anggrek yang menjadi cikal berdirinya tempat rekreasi di bogor ini , hingga kebun sayuran, kebun buah serta pertanian yang menggunakan sistem hidroponik.

Berbagai jenis buah yang ditanam seperti buah jambu air, jambu batu, jeruk kasturi, matoa, belimbing dan mangga. Sedangkan untuk tanaman hidroponik berada di green house yang dibagi menjadi dua area. Instalasi hidroponik yang digunakan di Agro Wisata Pasirmukti ini ada dua yakni tipe vertikultur dan tipe kolam apung. Bagi anda yang berkunjung di area ini akan mendapatkan tips bercocok tanam serta praktek langsung menanam aneka buah.

Untuk nuansa peternakan, anda akan disuguhkan dengan kolam tempat pemeliharaan ikan serta kandang beternak sapi. Adanya dua nuansa yakni pertanian dan peternakan membuat tempat wisata ini memiliki berbagai paket edukasi yang bisa anda pilih saat berlibur. Beberapa contoh paket yang disediakan oleh pihak pengelola seperti paket argo junior, paket agro adventure serta paket anak petani. Paket – paket edukasi tersebut tentunya memiliki berbagai kegiatan menyenangkan seperti menanam anggrek, padi dan melukis caping.

Bagi anda yang telah selesai mengikuti kegiatan dari paket edukasi yang dipilih, bisa langsung bermain di berbagai wanaha permainan yang disediakan. Wahana tersebut tidak terlepas dari kegiatan pertanian dan juga peternakan. Wahana – wahana tersebut seperti kolam berenang, persewaan ATV, flying fox, kolam lumpur, menangkap ikan serta belajar membajak sawah secara tradisional dengan bantuan sapi.

Demikianlah ulasan mengenai Kebun Wisata Pasirmukti. Jangan lupa untuk berkunjung jika anda berada di kawasan Citeureup, Bogor. Semoga ulasan ini bermanfaat untuk anda dan selamat berlibur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *