Tempat Wisata Little Venice Kota Bunga Puncak Bogor

Posted on

Bogor memang salah satu kota yang sangat cocok untuk destinasi wisata, baik bagi Anda yang berada di lokasi Jawa Barat dan sekitarnya maupun dari daerah lain. Hawanya yang sejuk serta beragam pilihan lokasi wisata mampu menjadikan liburan lebih menyenangkan serta menghilangkan penat. Tak heran jika Bogor selalu ramai dikunjungi khususnya warga dari luar kota. Bogor menawarkan berbagai pilihan wisata, dari wisata alam, bangunan unik serta wahana permainan yang seru.

Salah satu lokasi wisata yang harus Anda kunjungi di area Bogor adalah Little Venice Kota Bunga. Keunikan yang ditawarkan tempat ini adalah adanya bangunan bergaya Venicia. Konsep Liitle Venice memang terinspirasi dari kota Venice di Italia. Kawasan Little Venice pun dilengkapi dengan danau, kano serta petugas yang berpakaian ala eropa.

Little Venice sangat cocok bagi Anda yang menyukasi konsep Eropa. Lokasi ini juga bisa digunakan untuk sedikit menyembuhkan rasa penasaran bagaimana rasanya berlibur ke luar negeri, seperti di negeri-negeri Eropa. Memang tak benar-benar mirip, karena dibatasi oleh bebagai perbedaan. Namun, dengan harga yang murah meriah dan lokasi yang tak terlalu jauh, berlibur di Little Venice akan menghadirkan sensasi yang berbeda dibandingkan berlibur di lokasi lainnya.

Venice adalah kota di Italia yang terkenal sebagai kota di atas air. Pemandangan kota satu ini memang sangat berbeda dengan kota pada umumnya. Dengan adanya destinasi wisata di puncak tersebut, Anda tak perlu bepergian jauh hingga ke Italia untuk merasakan pemandangan kota air dengan bangunan yang unik. Little Venice sangat cocok untuk berlibur bahkan untuk sesi pemotretan.

Little Venice dibuka setiap hari. Pada hari Senin hingga Jumat, Little Venice dibuka mulai pukul 08.00 hingga 16.30 WIB. Sedangkan khusus akhir pekan dan hari libur lainnya, waktu kunjung dibuka lebih lama, yakni pada pukul 08.00 hingga 18.00 WIB. Tempat wisata satu ini terdapat dalam kawasan Kota Bunga, sehingga kerap disebut sebagai Little Venice Kota Bunga.

Daftar Fasilitas yang Ada di Little Venice Kota Bunga

Ada berbagai ikon yang ada di area seluas 185 hektar ini. Begitu sampai di lokasi, tentunya Anda akan disambut oleh bangunan ala Eropa serta kanal yang menghubungkan ruas antar bangunan. Terlihat pula gondola yang hilir mudik membawa penumpang. Meski ikon utama yang dimunculkan adalah Kota Venesia, namun Anda juga dapat melihat berbagai ikon dari Negara lain. Contohnya adalah Menara Eiffel Paris, Kuil Itsukushima Jepang, Patung Merlion Jepang dan lain sebagainya.

Di area Venesia Kecil Kota Bunga juga disediakan berbagai fasilitas umum, seperti kamar mandi, musola dan tempat makan. Tak ada larangan membawa bekal sehingga Anda bebas mempersiapkan bekal untuk dimakan di lokasi. Meskipun bebas dalam hal bawaan, namun Anda pun harus menjaga kebersihan taman hiburan tersebut dengan baik agar selalu terlihat rapi.

Lokasi Little Venice Bogor Kota Bunga dan Cara Mengaksesnya

Sebenarnya, lokasi tempat wisata ini tidak di pusat kota Bogor. Litte Venice Kota Bunga berlokasi tepat di Jl. Hanjawar, Desa Sukanagalih, Pacet, Cipanas. Jarak dari pusat kota Bogor adalah 44 km. Perjalanan yang dibutuhkan selama kurang lebih 2 jam melalui Jalan Raya Ciawi-Cianjur. Anda juga bisa mencapai lokasi melalui Tol Jagorawi. Tol Jagorawi ini digunakan jika Anda berangkat dari arah Jakarta dan sekitarnya. Jarak yang perlu ditempuh dari Jakarta berkisar 87 km dengan durasi perjalanan 3 jam.

Jika Anda berencana berangkat menggunakan kendaraan umum dari Jakarta, Anda bisa menaiki bus Marita jurusan Kampung Rambutan-Cianjur. Kemudian, turunlah di Panas Cipanas dan melanjurkan dengan angkutan umum berwarna kuning dengan ujung bawah berwarna hitam (Jurusan Cipanas ke Loju). Setelah itu, turunlah di gerbang kompleks Kota Bunga. Di area gerbang, Anda akan mendapati ojek yang menawarkan jasa dengan biaya Rp10.000. Anda bisa menggunakan jasa ojek untuk menghemat energi.

Biaya yang Dibutuhkan di Area Little Venice Cianjur Kota Bunga

Selain perumahan dengan banyak villa di puncak, Little Venice Kota Bunga merupakan destinasi wisata yang menyediakan banyak wahana. Namun, sistem pembayaran yang dianut bukanlah sistem pembayaran total untuk seluruh wahana. Anda dipersilahkan memilih sendiri wahana apa yang ingin dicoba. Dengan adanya keputusan ini, biaya berlibur dapat ditekan.

Harga tiket yang dibanderol untuk menikmati pemandangan unik Little Venice terbilang cukuo murah, yakni sebesar Rp25.000 untuk dewasa dan Rp30.000 untuk anak-anak. Namun, harga tiket untuk akhir pekan dan hari libur ada tarif tersendiri. Untuk dewasa dikenai sebesar Rp40.000 dan anak-anak sebesar Rp30.000. Pihak pengelola juga menawarkan tiket Fun senilai Rp35.000. Dengan tiket Fun, Anda bisa menaiki gondola serta kapal tanpa perlu membayar lagi.

Jika Anda membeli tiket biasa namun ingin merasakan berbagai fasilitas yang ditawarkan, Anda perlu merogoh kocek. Ada beberapa fasilitas untuk mengitari Little Venice Kota Bunga sehingga Anda dapat merasakan sensasi berkeliling di kota air. Perahu bisa dinaiki dengan biaya Rp15.000 per orang. Setiap perahu dapat dinaiki hingga 4 orang. Jika Anda datang beramai-ramai, Anda bisa menggunakan kapal missisipi dengan kapasitas 20 orang. Biaya sewa kapal ini adalah Rp15.000 per orang.

Namun, anak kecil biasanya tertarik dengan bentuk yang unik. Anda bisa mencoba perahu bebek, sepeda air, banana boat ataupun perahu naga. Perahu bebek besar mampu menampung hingga 8 orang seharga Rp80.000, sedangkan perahu bebek kecil menampung 4 orang dengan biaya Rp40.000 per orang. Jika Anda tak ingin bersusah payah mengayuh perahu bebek, Anda bisa mencoba perahu bebek motor dengan biaya Rp15.000. Kapasitas perahu bebek motor adalah 9 orang.

Sepeda air kecil dapat digunakan untuk 2 orang dengan biaya sebesar Rp20.000 per orang. Sedangkan sepeda air besar Rp40.000 per orang. Perahu naga dapat menampung hingga 9 penumpang. Ada pula fasilitas sniper dengan biaya sewa Rp15.000 dengan 40 butir pelur. Disediakan pula battery car dengan baiaya Rp10.000 per coin.

Anda memiliki tujuan khusus selain berlibur? Tenang. Little Venice Kota Bunga juga menawarkan lokasinya untuk prewedding. Untuk foto prewedding di satu lokasi dikenai biaya sebesar Rp1.000.000, sedangkan untuk dua lokasi tarifnya sebesar Rp1.500.000. Waktu untuk foto prewedding disediakan pada pukul 08.30 hingga 16.30 WIB. Untuk biaya shooting berbeda dengan biaya foto.

Untuk biaya shooting juga dibagi menjadi 2, yakni harga operasional untuk satu lokasi adalah Rp2.000.000 dan untuk dua lokasi sebesar Rp3.000.000. Untuk harga tidak operasional satu lokasi sebesar Rp3.000.000 dan dua lokasi sebesar Rp4.000.000. Waktu untuk shooting dipersilahkan pada pukul 10.00 hingga 15.00 WIB. Jika Anda ingin menggunakan waktu selain yang telah disediakan oleh pengelola, maka biaya yang dikenakan pun berbeda. Tarif foto menjadi Rp200.000 per jam. Sedangkan untuk shooting sebesar Rp250.000.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *