Sejarah Misteri Goa Gudawang Cigudeg Bogor Legenda Pendekar Pasundan

Posted on

Goa Gudawang merupakan salah satu objek wisata yang terdapat di Kabupaten Bogor, memang kawasan Bogor memiliki banyak sekali tempat wisata yang di kunjungi oleh para wisatawan dari dalam negeri maupun luar negeri. Hal ini di karenakan terdapat berbagai macam tempat wisata yang di sediakan mulai dari wisata alam, wisata kuliner maupun tempat wisata yang instagramable.

Tempat wisata Goa di jasingan ini telah berdiri sejak tahun 1991, dan semenjak itu pula goa ini terbuka untuk umum. Peresmiannya sendiri di lakukan oleh pemerintahan provinsi Jawa Barat pada saat itu, goa ini sangatlah patut anda kunjungi terutama bagi para siswa ataupun siswi jurusan IPS yang akan melaksanakan study tour.

Di dalam gua ini memiliki pemandangan yang sangat menakjubkan, anda dapat melihat aliran air sungai yang jernih di dalam gua kemudian di kelilingi dengan stalagtit dan juga stalagmit yang memerlukan waktu berabad- abad sehingga ukurannya menjadi besar. Untuk memasuki gua ini, anda di haruskan menuruni tangga yang menurun dan sedikit berliku.

Harga Tiket Masuk Ke Goa Gudawang

Gua yang terletak di cigudeg ini merupakan goa yang sangat indah, di dalam goa ini terdapat 3 lorong goa yang memiliki nama masing-masing seperti goa sipahang, goa simenteng dan juga goa simasigit. Untuk sampai menuju ke dalam goa ini anda di haruskan menuruni beberapa anak tangga yang menurun dan juga berliku, maka anda harus waspada kemudian berhati-hati dalam melangkah.

Harga tiket masuk yang di bandrol bagi para wisatawan yang ingin melihat keindahaan goa gudawang atau hanya sekedar untuk mengunjunginya saja maka di kenakan biaya sebesar Rp. 3.000 pada hari kerja, akan tetapi jika anda mengunjungi goa gudawang ketika hari libur maka akan di kenakan biaya tiket masuk sebesar Rp. 4.000 per orangnya.

Pengunjung yang mendatangi tempat wisata ini dari berbagai macam latar belakang baik itu siswa-siswi, mahasiswi ataupun masyarakat biasa yang sedang menghabiskan waktu liburannya dengan mengunjungi goa Gudawang. Berlibur ke goa ini akan lebih bermanfaat, karena akan menambah pengetahuan serta wawasan anda mengenai sejarah dan juga keadaan alam Indonesia.

Lokasi Tempat Wisata Goa Gudawang

Goa gudawang merupakan salah satu tempat wisata yang berada di Kota Bogor provinsi Jawa Barat, untuk lebih tepatnya goa gudawang ini berada di Desa Argapura Kecaman Cigudeg. Dengan berlibur ke goa ini maka anda akan menyaksikan keindahan stalaktit dan stalagmite goa gudawang yang mengkerucut, stalaktit dan juga stalagmit merupakan hal yang tak mudah untuk di temui membutuhkan waktu berabad- abad agar terbentuk menjadi stalaktit dan juga stalagmit.

Akses menuju tempat wisata ini juga sangatlah mudah di tempuh oleh para wisatawan baik itu dari dalam negeri maupun mancanegara, ada banyak hal yang perlu di eksplor para wisatawan selain keindahannya juga cerita mistis yang terdapat di goa sipahang ini.

Sebelum anda memasuki goa, akan di suguhkan berbagai jenis pepohonan yang rindang dan masih tetap terjaga kealamiannya. Jika anda merupakan wisatawan yang berasal dari kota Tangerang maka anda akan menempuh perjalanan selama 2 jam untuk ke lokasi goa gudawang ini dengan jarak tempuh sekitar 60 Km.

Keunikan Serta Keindahan Yang Terdapat Di Goa Gudawang

Bogor merupakan sebuah kabupaten yang memiliki wilayah yang sebagian besar berpotensi menjadi tempat wisata alam, maka tidak heran jika banyak para wisatawan yang memiliki tujuan untuk berlibur di kota Bogor. Goa Gudawang merupakan salah satunya, ada beberapa keunikan serta keindahan yang di miliki goa ini. Hal ini lah yang mewajibkan para wisatawan mengunjunginya, berikut beberapa keindahan dan keunikan yang di miliki goa gudawang :

Memiliki Banyak Goa

Mungkin anda berfikir jika mengunjungi goa gudawang ini, anda hanya akan menikmati keindahan satu goa saja. Perlu anda ketahui bahwa kawasan ini di dalamnya memiliki banyak sekali goa kecil lainnya, jumlahnya sekitar 12 goa. Goa-goa tersebut memiliki lebar dan juga kedalaman yang berbeda antara satu goa dengan goa lainnya.

Maka dapat di pastikan jika anda memutuskan untuk berlibur ataupun hanya sekedar berwisata ke goa gudawang ini tidak akan pernah merasa menyesal, anda bisa menikmati keindahan dari ke 12 goa dalam satu tempat yang sama. Tentunya terdapat banyak stalagtit dan juga stalagmit yang sangat indah di dalamnya.

Perlengkapan Untuk Menyusuri Goa Sipahang

Ada beberapa hal yang perlu di perhatikan untuk memasuki goa, apalagi jika goa yang akan anda susuri memiliki kedalaman yang cukup panjang. Hal ini di karenakan jika semakin panjang goa maka oksigen yang terdapat di goa tersebut semakin sedikit, oleh karena itu anda akan memerlukan beberapa peralatan serta perlengkapan untuk memasuki goa.

Untuk mendapatkan segala perlengkapan yang di butuhkan dalam menyusuri goa anda tidak perlu bingung mencarinya. Hal ini telah di sediakan oleh pihak pengelola, jadi anda sebagai wisatawan tinggal menyediakan budget yang cukup sehingga dapat menikmati segala fasilitas yang akan menunjang liburan anda selama di goa gudawang ini.

Pemandangan Di Atas Goa Simasigit

Sebelum anda memasuki goa gudawang akan di sambut dengan pemandangan alam yang sangat indah, anda tidak akan mungkin dapat melihat pemandangan tersebut di kota besar. Dengan rindangnya pepohonan yang hijau di temani dengan udara sejuk khas pegunungan, akan membuat liburan anda menjadi suatu hal yang sangat luar biasa dan tidak akan terlupakan.

Anda bisa membayangkan betapa indahnya pemandangan di dalam goa gudawang dengan melihat keadaan di luar goa tersebut pastilah sangat luar biasa, hanya dengan membayar tiket masuk yang sangatlah terjangkau bisa menimati karunia tuhan yang sangat luar biasa.

  • Misteri Di Dalam Goa Simenteng

Terdapat banyak misteri yang beredar di sekitar wilayah goa gudawang ini, di yakini oleh penduduk sekitar bahwa goa tersebut merupakan goa atau tempatnya pendekar-pendekar pasundan. Banyak masyarakat yang percaya bahwa dulunya lorong di dalam ini di jadikan tempat untuk bersemedi.

Goa gudawang sendiri merupakan goa yang terbentuk murni hasil dari bentukan alam, pembentuka goa sehingga bisa kita nikmati keindahannya ini mebutuhkan waktu jutaan tahun lamanya sehingga terbentuklah goa gudawang yang indah.

Untuk anda yang belum terbiasa menyusuri goa mungkin akan sedikit terasa menakutkan, akan tetapi jika anda berkunjung ke goa di parung panjang ini tidak perlu khawatir akan tersesat di dalam goa. Anda akan di temani oleh seorang pemandu, pemandu tersebut merupakan warga yang berada di sekitar wilayah goa gudawang sehingga mereka telah mengetahui bagaimana keadaan dan jalan di goa tersebut lebih mendetail.

Goa gudawang merupakan salah satu objek wisata yang sepatutnya anda coba di liburan tahun ini bersama keluarga, apalagi jika anda seorang pecinta alam goa ini sangat di rekomendasikan bagi anda untuk di jelajahi.memiliki banyak keindahaan yang perlu anda eksplore seperti halnya stalaktit dan juga stalagmite.

One thought on “Sejarah Misteri Goa Gudawang Cigudeg Bogor Legenda Pendekar Pasundan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *