Mengetahui isi dari Prasasti Kebon Kopi atau Tapak Gajah

Posted on

Prasasti kebon kopi adalah salah satu jenis prasasti kuno yang ada di Indonesia. Prasasti tersebut adalah satu dari sekian banyak prasasti peninggalan dari Kerajaan Tarumanegara yang di temukan di sekitaran daerah Ciaruteun Ilir Kabupaten Bogor. Prasasti ini adalah sebuah prasasti terbuat dari batu yang sangat sering untuk di temui di berbagai wilayah yang ada di Indonesia. Oleh karena itu jika anda menyukai wisata sejarah, lokasi ini perlu untuk anda jadikan tujuan wisata selanjutnya.

Prasasti di bogor ini sendiri adalah salah satu bentuk saksi sejarah bahwa pernah adanya sebuah kerajaan besar yang bernama Tarumanegara. Lokasi wisata yang satu ini sangat layak untuk anda kunjungi.

Terutama bagi pengunjung yang sangat menyukai sejarah dapat untuk datang langsung dan mencari tahu fakta – fakta yang terdapat di dalam prasasti ini. Prasasti kebon kopi berisi riwayat tentang penebangan hutan yang di ubah untuk lahan perkebunan kopi.

Lokasi prasasti kebonkopi

Prasasti tapak gajah ini adalah bukti dari keberadaan sebuah kerajaan yang ada di sekitaran Bogor. Pada zaman dahulu prasati ini ditemukan di desa Kampung Muara, desa Ciaruteun Ilir, Bibungbulang Kab. Bogor Jawa Barat. Pada lokasi tersebutlah pertama kali prasasti itu ditemukan. Namun pada saat ini lokasi prasasti ini sudah sedikit mengalami perubahan karena adanya berbagai jenis pembangunan di sekitaran lokasi awal di temukkannya.

Rute untuk menuju ke lokasi prasasti kebon kopi

Bagi anda yang ingin mengunjungi lokasi wisata ini, anda dapat datang langsung ke lokasinya. Untuk rute yang dapat untuk anda lalui adalah bisa di katakan cukup memadai dan juga tidak terlalu jauh dari pusat kota Bogor. Bagi anda yang ingin menuju lokasi wisata yang satu ini, cukup dengan menempuh jarak 19 kilo meter dari pusat kota bogor.

Namun jika anda belum mengetahui rute mana yang dapat dilalui untuk mempersingkat waktu perjalanan, biasanya tesedia berbagai arah jalan alternatif yang disediakan oleh warga atau pihak pengelola. Selain bantuan arah, Anda juga dapat menggunakan berbagai jenis aplikasi yang dapat membantu anda mengetahui lokasi untuk menemukkan rute yang terbaik untuk anda lalui dengan bantuan aplikasi ini. Aplikasi yang lazim digunakan yaitu Waze, Gogle Maps, dan sebagainya.

Bahan Dasar Batu Prasasti

Bahan dasar dari batu prasasti ini adalah sebuah batu yang memiliki ukuran yang cukup besar dan di tuliskan melalui sistem pahatan. Sehingga goresan pahatan yang membentuk tulisan cukup terbaca secara jelas hingga saat ini. Selain itu, batu besar yang satu ini terbuat dari batuan andesit berwarna ke coklatan yang sangat besar sehingga mudah untuk membedakan prasasti kebonkopi dengan prasasti lainnya.

Dan pada bagian isi dari prasasti yang satu ini di pahat dengan menggunakan bahasa Sanksekerta dan di padukan dengan huruf pallawa. Dan juga di temukkan sebuah telapak kaki gajah yang sangat dominan pada batu prasasti.

Harga Tiket Masuk

Bagi anda yang ingin mengujungi lokasi wisata yang satu ini anda perlu membayarkan beberapa biaya, yaitu untuk tiket masuk dan biaya parkir bagi anda yang datang dengan membawa kendaraan pribadi. Untuk anda yang ingin masuk dan mengujungi lokasi yang satu ini anda perlu untuk membayarkan uang tiket masuk sebesar Rp.10,000.

Dengan sejumlah uang tersebut anda telah bisa untuk menikmati dan menyaksikkan secara langsung prasasti yang satu ini. Oleh karena itu harga tiket ke lokasi wisata prasasti kebon kopi cukup terjangkau oleh seluruh kalangan, terutama bagi pelajar yang ingin berwisata ke lokasi wisata ini.

Hal Yang Bisa Anda Lakukan Di Lokasi Wisata

Bagi anda yang telah memutuskan untuk berwisata di lokasi yang satu ini anda perlu mengetahui hal – hal apa saja yang bisa dilakukan di area lokasi wisata sejarah ini. Tempat wisata sejarah prasasti kebon kopi ini, pengunjung bisa melakukan berbagai jenis penelitian yang berkaitan dengan prasasti atau sekedar membaca prasasti secara langsung.

Selain itu anda juga dapat untuk mengetahui apa saja sejarah terkait dengan penemuan prasasti kebon kopi ini. Pengunjung juga bisa berjalan-jalan di sekitaran lokasi wisata prasati kebon kopi. Hal ini dapat membuat anda mengetahui dan semakin mencintai berbagai jenis kebudayaan dan juga sejarah yang ada di sekitaran lokasi.

Manfaat Mengujungi Lokasi Wisata Prasasti Kebon Kopi

Berikut ini adalah berbagai jenis manfaat dan keuntungan yang mungkin saja untuk anda dapatkan apabila memilih untuk mengujungi lokasi wisata sejarah.

  1. Dapat menambah pengetahuan

Wisata sejarah kebon kopi bisa dijadikan sebagai salah satu destinasi wisata bagi pelajar. Bagi orang tau yang emiliki anak usia sekolah, sangat dianjurkan untuk mengunjungi tempat ini. Pasalnya, sejarah Kebon Kopi sering dijadikan sebagai materi pelajaran di sekolah. Anda akan mendapatkan pengetahuan mengenai perkembangan dan juga sejarah yang ada di sekitaran lokasi dan juga keadaan yang ada di zaman Kerjaan Tarumanegara.

  • Dapat menambah koleksi foto yang anda miliki

Selain dapat untuk menambah pengetahuan mengenai keadaan dan sejarah dari kerajaan Tarumanegara, pengunjung juga diperbolehkn untuk mengambil foto disekitar lokasi. Bahkan pahatan pada prasasti pun bisa ikut diabadikan dan kembali diteliti setelah pulang ke rumah. Dengan demikian, koleksi foto – foto sejarah anda bertambah dengan foto dari prasasti kebon kopi ini.

Selain itu lokasi foto di sekitaran prasasti yang kebon kopi sangat baik dan juga layak untuk anda abadikan. Sangat disayangkan jika momen-momen tersebut dilewatkan begitu saja.

  • Dapat menumbuhkan rasa cinta terhadap tanah air

Berkunjung ke situs sejarah bisa menambah rasa nasionalisme pada pengunjung. Anda dapat untuk menumbuhkan rasa cinta terhadap tanah air di dalam diri anak – anak anda. Oleh karena itu anda bisa untuk mengetahui betapa besarnya dan kayanya negara kita ini. Sehingga membuat kita semakin cinta dan semakin sayang terhadap negara ini .

  • Dapat mengetahui sejarah dan asal muasal berdirinya bangsa

Dan juga kita dapat mengetahui jati diri bangsa kita yang sebenarnya melalui sejarah – sejarah dari berbagai jenis kerajaan yang pernah dan berjaya di Indonesia seperti kerajaan tarumanegara ini. Oleh karena itu dapat membuat kita sulit untuk terpecah – pecah dan bisa menjadi media pemersatu bangsa .

Itulah beberapa ulasan singkat mengenai prasasti kebon kopi yang layak untuk di kunjungi jika anda memiliki waktu luang pada akhir pekan nanti. Selain itu anda juga bisa untuk mengisi waktu luang anda dengan berbagai jenis kegiatan yang bermanfaat dan juga murah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *