Jelajah Wisata ke Curug Beret yang Sepi dan Jarang Pengunjung

Posted on

Curug beret adalah salah satu lokasi wisata air terjun yang sangat baik dan layak untuk di kunjungi oleh keluarga. Karena curug beret ini memiliki berbagai jenis pemandangan yang masih sangat alami dan juga masih di liputi oleh udara yang sangat segar sehingga dapat membuat pikiran setiap pengunjung kembali segar. Sehingga dapat membuat para pengunjung kembali segar dan siap untuk melakukan berbagai jenis aktivitas sehari-hari.

Curug beret ini sendiri terletak pada puncak Gunung Gede. Air terjun yang menarik untuk dikunjugi ini memiliki ketinggian hingga sekitar 20 – 30 meter dari permukaan. Oleh karena itu jika anda ingin mandi di lokasi wisata air terjun ini anda bisa menikmati kucuran air yang sangat segar.

Sehingga dapat membuat anda kembali segar dan siap untuk melakukan aktivItas kembali. Dan air terjun ini sendiri adalah salah satu jenis ikon air terjun yang cukup terkenal di Bogor, Jawa Barat.

Rute yang perlu untuk anda tempuh

Bagi anda yang ingin menuju ke lokasi air terjun ini anda perlu menempuh berbagai jenis jalanan yang agak sedikit curam. Terlebih apa bila anda berpergian pada saat musim penghujan, oleh karena itu anda perlu untuk berhati – hati dan persiapakan berbagai jenis barang yang di butuhkan untuk mendaki dan mencapai ke lokasi wisata yang satu ini. Setelah melewati jalan raya, pengunjung harus melewati jalan dengan sedikut hutan untuk sampai ke lokasi.

Bagi anda yang ingin menuju ke puncak untuk menyaksikan berbagai keindahan yang ada di sekitar Gunung Gede, sangat disarankan agar tidak membawa kendaraan pribadi yang anda miliki. Karena rute perjalanan yang lewati adalah berupa jalan yang berliku dan juga mungkin hanya bisa di lalui oleh kendaraan yang berukuran kecil. Selain itu jika anda mengajak kerabat anda untuk mencapai air terjun ini anda lebih baik berjalan kaki sehingga membuat perjalanan anda semakin menarik dan juga semakin terasa.

Harga tiket masuk

Bagi anda yang ingin mengujungi curug beret ini anda tidak akan di kenakan biaya masuk. Tetapi anda perlu untuk izin terlebih dahulu kepada pengurus dan juga posko penjagaan untuk mendapatkan izin dari pengurus dan juga pengelola. Hal ini perlu untuk di lakukan agar anda tidak tersesat dan juga hilang pada saat anda melakukan pendakian.

Daya tarik

Apa saja daya tarik yang membuat anda ingin menuju ke lokasi curug yang satu ini? Salah satu daya tarik yang menjadi salah satu ikon dari curug beret ini adalah udara yang ada di sekitaran curug ini sangat segar dan membuat kita tidak cepat untuk lelah meskipun sudah menaiki gunung gede. Selain itu ada juga yang menjadi daya tarik lain dari curug yang satu ini adalah pemandangan alam yang ada di sekitaran lokasi curug.

Hal tersebut sangat baik sehingga anda tidak akan merasa kecewa setelah mengunjungi lokasi wisata yang satu ini. Selain itu anda juga bisa mengabadikan berbagai momen yang ada di sekitaran bahkan disepanjang perjalanan menuju curug beret.

Lokasi curug beret

Curug Beret sendiri terletak di dekat Bumi Perkemahan Baru Bolang di kawasan Taman Nasional Besar Pangrango, di kaki Gunung Pangrango. Keberadaan curug ini masih termasuk terpencil maka belum dan juga sedikit dikenal orang. Namun jika bagi para pendaki yang sering menaiki gunung gede pasti sudah pernah dan sering melewati lokasi curug beret ini. Namun jika anda ingin mengunjungi lokasi wisata curug beret ini anda perlu untuk berhati – hati.

Meskipun memiliki rute yang cukup ekstrim dan cukup berbahaya jika pada musim hujan, tidak menyurutkan oengunjung agar datang ke curug beret. Pemandangan di sekitaran air terjun cukup menarik dan juga sangat layak untuk di kunjungi oleh wisatawan baik dari dalam dan juga luar negeri. Namun jika anda mengujungi lokasi wisata curug ini, setiap pengunjung sangat diwajibkan agar tetap menjaga kebersihan sehingga pemandangan alam di sekitaran curug tidak kotor dan tidak kehilangan keindahannya.

Hal yang bisa anda lakukan

Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa anda lakukan jika sedang berada di curug beret. Bagi anda yang ingin berenang dan ingin merasakan sejuknya air yang ada di sekitaran lokasi wisata curug beret ini, harus selalu berhati-hati. Terlebih jika anda ingin berenang, perhatikan terlebih dahulu agar mengetahui apakah air sedang tinggi atau tidak. Jika air sedang tinggi, biaanya pengunjung dihimbau agar tidak memasuki air.

Selain itu bagi anda yang tidak ingin berenang di lokasi wisata air terjun, anda dapat mengisi waktu dengan mengabadikan berbagai foto pemandangan alam yang ada di sekitaran lokasi curug beret. Selain itu juga anda bisa untuk mengisi kegiatan dengan berkeliling di sekitaran lokasi curug atau melakukan berbagai kegiatan olah raga kecil di sekitaran lokasi curug beret. Bersantai diantara pepohonan pun rasanya bukan ide yang buruk.

Tips bagi anda yang ingin menuju ke lokasi curug

Berikut ini adalah beberapa jenis tips yang bisa untuk anda jadikan sebuah pedoman sebelum anda ingin mengujungi lokasi wisata curug beret yang di kenal dengan cukup berbahaya dan juga ekstrim.

  1. Perhatikan kondisi cuaca pada saat anda hendak pergi berwisata

Salah satu tips yang dapat kami berikan adalah perhatikan kondisi cuaca saat sebelum anda dan rombongan memutuskan pergi ke lokasi wisata di curug beret. Hal ini perlu diperhatikan karena jika anda berpergian ke lokasi gunung gede pada saat hujan, sangat tidak dianjurkan mengingat kondisi jalan yang licin. Hal ini cukup membahayakan keselamatan pengunjung karena rute yang harus anda lalui menjadi semakin licin dan juga ekstrim.

Selain itu jika anda pergi pada musim hujan anda juga akan sulit untuk mengabadikan berbagai momen – momen menarik serta pemandangan alam yang ada di sekitaran lokasi wisata yang satu ini.

  • Bawa peralatan yang diperlukan

Bagi anda yang belum pernah menuju ke lokasi curug beret. Anda perlu untuk membawa peralatan yang di perlukan. Jangan membawa barang yang tidak penting karena selain merepotkan, juga cukup membahayakan. Sangat dianjurkan untuk membawa peralatan yang sekali pakai.

  • Bawa obat yang dibutuhkan

Selanjutnya anda juga perlu untuk membawa obat yang anda perlukan selama perjalanan. Terutama bagi anda yang memiliki riwayat penyakit khusus seperti asma, hipotermia, dan sebagainya.

  • Bawa makanan

Anda juga perlu untuk membawa makanan anda sendiri hal ini perlu untuk anda perhatikan agar anda dapat menghemat biaya selama anda melakukan wisata di lokasi wisata ini.

  • Perhatikan barang bawaan anda

Anda juga perlu untuk memperhatikan barang bawaan anda pada saat kondisi lokasi curug sedang ramai. Jaga barang bawaan yang dinilai berharga seperti handphone, kamera, dompet, dan sebagainya.

Masih banyak lagi tips yang perlu untuk anda perhatikan pada saat mengunjungi Curug beret yang ada di Gunung Gede, Jawa Barat. Bagi pemula, sebaiknya jangan mengunjungi curug ini tanpa didampingi oleh guide.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *