Mancing di Situ Cikaret Dengan Sejarah Misteri dan Mitosnya

Posted on

Situ Cikaret merupakan salah satu tempat wisata yang terdapat di kabupaten Bogor, terdapat berbagai kisah menarik di balik terbentuknya situ cikaret ini. Asal usul terbentuknya situ ini di karenakan terkikisnya tanah oleh air hujan dan lama kelamaan membentuk sebuah kubangan yang cukup besar, yang sekarang ini di kenal dengan nama situ atau danau Cikaret oleh warga di sekitar wilayahnya.

Dahulunya situ Cikaret merupakan sawah- sawah yang di kelola oleh masyarakat sekitar, banyak masyarakat yang percaya bahwa pusaran dari situ cikaret ini merupakan istana para makhluk ghaib. Pusaran situ ini dapat berubah – ubah dengan cara yang unik, seperti pusaran air dapat berubah wujud menjadi ikan mas ataupun barang- barang yang terbilang unik.

Bagi para wisatawan yang ingin berkunjung ke situ ini di harapkan untuk menjaga ketertiban, hal ini di lakukan untuk mencegah segala bentuk ataupun hal – hal yang tidak di inginkan. Niatkan bahwa kedatangan anda ke situ cikaret hanya sebatas untuk menikmati pemandangan serta keindahaan yang di milikinya.

Harga Tiket Masuk Ke Setu Cikaret

Untuk anda yang merencanakan liburan di tahun ini dengan berkunjung ke situ atau danau, maka anda tidak perlu menyiapkan uang untuk biaya tiket masuk. Karena siapa saja yang berkunjung ke situ ini tidak akan di kenakan biaya sepeser pun alias gratis, dengan tidak adanya tiket masuk ini di harapkan akan lebih banyak lagi para wisatawan yang berkunjung ke situ dan menambah pendapatan warga sekitar dengan cara membeli berbagai jajanan yang di jajakan.

Walaupun tidak di kenakan biaya tiket masuk anda tidak perlu khawatir, dapat di pastikan liburan anda akan terasa menyenangkan jika berkunjung ke situ cikaret ini apalagi jika bersama sanak saudara ataupun bersama teman sepermainan.

Ada banyak sekali berbagai fasilitas yang di sediakan dan juga terdapat berbagai cara yang dapat di lakukan untuk bisa menikmati keindahan alam cikaret ini. Mulai dari menyewa perahu untuk mengelilingi situ, berfoto dan yang lainnya. Di sarankan untuk datang pada sore hari ketika matahari sudah mulai terbenam, selain tidak panas anda juga akan mendapatkan background photo sunset.

Lokasi Dan Rute Perjalanan Menuju Tempat Wisata Situ Cikaret

Danau ini memiliki luas sekitar 1 km X 1 Km merupakan ukuran yang lumayan besar untuk sebuah ukuran situ, danau cikaret juga merupakan tempat wisata yang sangat indah dan salah satu tempat yang di rekomendasikan untuk melepas penat setelah seharian berutat dengan sibuknya pekerjaan.

Adapun letak lokasi wisata setu cikaret ini lebih tepatnya berada di jalan raya cikaret, anda hanya akan membutuhkan waktu beberapa menit saja untuk sampai ke situ ini jika anda berada di pusat pemerintahan kabupaten Bogor. Bagi anda yang masih belum memahami rute perjalanan ada baiknya menggunakan aplikasi maps, hal ini akan membuat anda lebih mudah dan juga cepat untuk sampai di tempat tujuan.

Selain dapat menikmati keindahan setu cikaret, di sekitar lokasi ini tepatnya sama berada di daerah sini juga terdapat tempat wisata taman buah Cikaret Bogor. Keindahan tempat ini tak kalah dengan tempat wisata buah yang telah ada, selain buah di sini juga di rencanakan akan di sediakan berbagai fasilitas yang akan menunjang para wisatawan ketika berlibur bersama keluarga.

Sisi Lain dari Tempat Wisata Sekitar Cikaret Cibinong

Asal muasal situ cikaret ini terjadi karena perubahan alam yang tejadi, awal mulanya situ ini hanya sekedar cerukan kecil yang biasa menampung air hujan. Akan tetapi lama – kelamaan ukurannya semakin melebar dan terbentuklah situ cikaret yang seperti sekarang ini, adapun sisi lain situ cikaret yang perlu anda ketahui sebelum datang ke tempat ini ialah sebagai berikut :

  1. Tempat Warga Memancing

Situ cikaret ini memang cukup dekat dengan wilayah pemukiman masyarakat, banyak sekali masyarakat yang mencari ikan dengan cara memancing atau bahkan menjaring ikan di situ cikaret ini. Hal ini biasanya di lakukan untuk sekedar menjalankan hobi, atau bahkan untuk konsumsi dan selebihnya di jual agar mendapatkan penghasilan tambahan.

Awal mulanya situ ini tidak di peruntukan sebagai tempat wisata, akan tetapi secara sendirinya banyak para wisatawan yang mengunjungi situ ini dan lambat laun situ cikaret menjadi tempat wisata. Selain sangat dekat jaraknya dari ibu kota dengan mengunjungi situ ini anda akan melihat pemandangan yang sangat indah di tepi danau ketika sore hari tiba menjelang matahari terbenam.

Mitos Serta Keangkeran Yang Terjadi Di Setu Cikaret

Terdapat beberapa mitos dan cerita angker yang menyelimuti situ cikaret ini, di yakini oleh warga sekitar bahwa terdapat penunggu di setiap penjuru cikaret ini. Selain itu juga warga sekitar danau mempercayai bahwa terdapat pusaran air di tengah-tengah situ cikaret ini, dan juga terdapat istana ghaib di dalamnya.

Beberapa mitos tersebut di kaitkan dengan terjadinya kecelakaan yang menyebabkan meninggalnya dua wisatawan yang tenggelam di dasar Situ Cikaret ini, adapun mitos lainnya seperti beberapa kemunculan ikan yang berbentuk unik maka itu menandakan akan adanya tumbal.

  • Udara Yang Sejuk

Terlepas dari banyaknya mitos dan juga keangkeran yang menyelimuti situ cikaret ini, terdapat keindahan yang patut anda rasakan dengan datang ke situ ini di saat liburan tiba. Tempat ini sangat di rekomendasikan bagi anda yang telah penat bekerja selama seminggu penuh dan ingin merefresh kembali pikiran anda.

Danau di Cikaret di kelilingi dengan pepohonan yang hijau sehingga membuat udara di sekitar danau sejuk dan juga mnyegarkan, akan sulit rasanya udara seperti itu anda akan dapatkan di ibu kota. Waktu tempuh untuk perjalanan menuju situ cikaret ini dari Jakarta juga tidak terlalu jauh.

Banyak Warga Yang Berdagang Di Pinggir Danau Cikaret

Jika anda berkunjung ke Danau cikaret tidak perlu khawatir akan merasa kelaparan, di sana terdapat banyak pedagang dari mulai makan ringan, makanan berat serta minuman pun tersedia. Adapun harga yang di tawarkan sangatlah terjangkau dan di patok sewajarnya.

Dengan banyaknya wisatawan yang berkunjung ke cikaret ini, kemudian membeli barang dagangan yang di jajakan oleh warga sekitar maka sedikit demi sedikit hal ini akan meningkatkan pendapatan masyarakat di sekitar wilayah tersebut. Selain itu di situ cikaret anda juga bisa bersantai ataupun berkeliling mengitari situ dengan menggunakan perahu nelayan.

Situ cikaret merupakan salah satu tempat wisata yang terbilang masih baru, namun sangat di rekomendasikan bagi anda yang ingin berlibur bersama keluarga di tahun ini dengan tenang dan menikmati suasana matahari terbenam di sertai udara sejuk dan juga hijaunya pepohonan di sekeliling situ.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *