Little Green Canyon Leuwi Liyet Sentul Bogor

Posted on

Memang Bogor tempat wisata yang masih menjadi primadona di negeri ini. Selain kulinernya yang terkenal terdapat juga aneka macam barisan jenis wisata. Anda imajinasikan apabila green canyon tidak hanya ada diluar negeri saja. Akan tetapi negeri Indonesia juga menghadirkan pesona green canyon versi alaminya. Jika ingin menikmati green canyon di negeri ini, datanglah ke tempat wisata di Bogor. Anda bisa menikmati keindahaan Leuwi Liyet seperti mengunjungi green canyon di luar sana.

Keberadaan Leuwi Liyet masih hangat, sebab mungkin satu dekade terakhir tempat wisata di Bogor ini baru menjadi lirikan. Pesona alami dan keindahan berwisata di tempat Leuwi Liyet memberikan sebuah pengalaman yang mengesankan dan keistimewaan dalam mengisi hari-hari libur Anda. Pasalnya ada banyak berbagai hal yang harus Anda ketahui sebelum memutuskan untuk pergi kesana. Mulai dari trek lokasi menuju kesana hingga keselamatan.

Semua Tentang Keindahan Leuwi Liyet

Bagi Anda yang ingin mencoba tempat wisata baru di Bogor memang inilah jawabannya. Akan tetapi memang Anda harus mengetahui gambaran kondisi Leuwi Liyet sebelum memutuskan untuk pergi kesana. Pada kesempatan ini saya akan menjelaskan dan memberkan gambaran bagaimana kondisi wisata disana, serta hal lainnya yang wajib Anda ketahui. Supaya ketika Anda kesana tidak kesal hati atau merasa tidak sesuai dengan ekspektasi.

Namun tak bisa dipungkiri lagi, keindahan Leuwi Liyet menjadikan para wisatawan di negeri ini berbondong-bondong pergi berkunjung karena rasa penasarannya. Wisata yang dijuluki green canyon Bogor ini memiliki tebing yang masih terdapat pepohonan hijau, airnya yang jernih dan segar, dan terdapat curug kecil diatasnya. Terkadang Anda juga bisa menggunakan pelampung atau sejenisnya untuk bisa berenang menikmati segarnya air dan keindahan di sekitarnya.

Keunikan Leuwi Liyet

Sedikit profil mengenai Leuwi Liyet tempat wisata yang ada di Bogor, saya paparkan dibagian ini. Leuwi Liyet memiliki seni alamiah dengan tebing membentuk huruf U sehingga terlihat sangat eksotis. Meskipun ukurannya tidak terlalu tinggi kombinasi air dan warna hijau toska terang, jernih, dan segar sangat memberikan efek menyegarkan dimata. Sehingga pikiran setiap pengunjung yang datang menjadi segar.

Leuwi Liyet memiliki sebuh tebing yang juga dialiri oleh air sehingga mirip dengan air terjun. Meskipun ukuran curugnya sangat mini tetapi setidaknya melengkapi keindahan pesona alam tersebut. Wisata green canyon yang berada di Bogor juga masih terdapat pepohonan disekeliling tebing. Sehingga Anda bisa merasakan kesejukan, kesegaran, rasa damai dan rasa nyaman berada disana. Dan masih banyak keindahan lainnya yang tak bisa dituliskan. Datang saja.

Lokasi Wisata

Inilah wisata yang memberikan dampak keindahan yang menakjubkan setiap hati pengunjung. Banyak orang berbondong-bondong kesana. Apakah Anda juga telah merencakannya? Pastikan Anda mengetahui berada dimanakah lokasi green canyon Leuwi Liyet. Walaupun Anda asli Jawa Barat atau berasal dari luar Jawa Barat, tetap saja lokasi wisata ini sangat minim diketahui oleh banyak orang. Oleh karena itu saya akan memberikan dimanakah itu berada.

Tempat rekreasi alam ini memang berada di Bogor. Tepatnya berada di atas Curug Leuwi Hejo dan merupakan hulu Curug Barong. Sehingga Leuwi Liyet masih berada di Kec. Babakan Madang Kab. Bogor. Dengan demikian Anda bisa mengunjungi beberapa wisata dalam satu waktu. Karena Leuwi Liyet juga masih satu jalur dengan beberapa kawasan wisata lainnya seperti Curug Leuwi Hejo, Barong, dan Curug Cipet.

Akses Menuju Leuwi Liyet

Satu yang perlu Anda perhatikan ketika ingin berpergian menuju tempat wisata green canyon di Bogor. Jaga stamina dan kesehatan Anda. Pasalnya rute jalan menuju Leuwi Liyet masih dikelilingi sawah, bebatuan, dan naik turun. Mengingat lokasinya berada diatas tempat wisata yang lain. Sehingga sangat dibutuhkan tenaga dan stamina yang kuat. Jika menggunakan kendaraan pribadi dengan mobil dari masuk tol jurusan Bogor dan keluar di pintu tol Sentul.

Ikuti atah yang menuju Sirkuit Sentul sampai ketemu pertigaan Gedung SCC. Ambil arah kiri lalu terus ikutin jalan sampai di Gerbang Depan Jungle Land dan terus sampai di Karang Tengah 6. Ketika sampai di pertigaan belok kiri dan lurus sampai ketemu masjid berwarna biru di kiri jalan. Maju sekitar 200 m ke depan ada sebuah warung. Lalu Anda ambil arah kanan ke Posyandu rumah pak RT. Setelah itu Anda harus menempuh sekitar 1 jam untuk menuju wisata green canyon Leuwi Liyet dengan berjalan kaki.

Harga Tiket Masuk dan Parkir

Tempat ini masih dikelola oleh swadaya masyarakat, jadi harga masuk dan parkir bisa setiap saat berubah. Ada juga yang mungkin biasanya terdapat pungli. Oleh karena itu Anda bisa berwisata kesana bersama dengan teman Anda. Sesampainya di tempat parkiran Anda akan dikenakan harga tiket masuk sebesar Rp 5.000 per orang. Sedangkan parkir motor Rp 5.000 dan mobil Rp 10.000.

Tips Jika Pergi Menuju Leuwiliyet

Berdasarkan situs resmi pemerintah kabupaten Bogor. Jika Anda akan pergi bilang saja akan berkunjung ke Curug Barong. Mengapa demikian? Sebab terjadi pungli yang mewajibkan menggunakan guide. Padahal jalur untuk menuju kesana sudah tersedia dan mudah untuk dilalui. Beberapa hal yang tidak boleh Anda lakukan adalah jangan menebang pohon, mencorat-coret batu, berbuat mes um, dan selalu menjaga kebersihan.

  • Berenang Di Leuwi Liyet

Jika Anda berwisata kesini persiapkan beberapa perlengkapan seperti pakaian, tas, dan P3K. Tak lengkap jika jauh datang ke wisata green canyon Bogor tetapi tidak menikmati airnya. Biasanya mereka yang datang juga berenang dan hingga terjuan dari atas bebatuan tinggi. Akan tetapi perlu diingat bahwa kedalaman Leuwi Liyet cukup dalam. Jadi usahakan tetap berhati-hati ketika berenang. Anda bisa menggunakan ban atau semacamnya untuk berenang demi keselamatan.

  • Jangan Pergi Ke Leuwi Liyet Musim Hujan

Tips bagi Anda yang ingin berkunjung kesana, wisata yang ada di Bogor dengan rasa green canyon. Pergilah disaat musim yang tepat mungkin tidak terlalu kemarau karena panas, juga jangan kesana di musim penghujan. Karena mengingat jika hujan maka debet air akan bertambah dan terkadang Curug Leuwi Hejo pun ditutup, apalagi menuju lokasi jelas tidak bisa.

Oleh karena itu jangan rencakan bepergian ke leuwi hejo pada musim penghujan. Rencanakan ulang jika terjadi mendunh atau sudah gerimis. Bukan hanya soal keselamatan. Keindahan airnya pun juga berubah ketika musim penghujan. Hal ini di karenakan air yang mengalir terlalu banyak dan deras sehingga membawa material kecil menyebabkan warna air berubah menjadi keruh.

Sekian informasi mengenai tempat wisata Leuwi Liyet yang berada di Bogor Jawa Barat. Jangan lupa untuk mempersiapkan segala sesuatunya jika kalian ingin berkunjung ke wisata green canyon yang berada di Bogor ini. Semoga hari libur mu menyenangkan dengan berwisata disini. Terimakasih telah membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *