Sensasi Jernih Air Curug Cibaliung Bogor

Posted on

Semua wisata negeri ini sangat mempesona. Tak terkecuali dengan wisata air terjun. Tak perlu pergi jauh-jauh kawan. Semuanya bisa Anda dapatkan disini. Berbagai pengalaman yang tak terlupakan berwisata bersama keluarga, sahabat, dan teman-teman. Jadi jangan sampai tak mampir di Curug Cibaliung apabila pergi wisata ke Bogor. Wisata alam yang membuat seluruh perasaan terkagum atas anugerah keindahan dari sang Maha Kuasa.

Bagi kalian yang belum memiliki rencana kemanakah agenda wisata Anda selanjutnya maka destinasi Curug patut menjadi rekomendasi dan ada di daftar wisata berikutnya. Atau suatu saat Anda sedang mengadakan perjalanan ke Bogor untuk suatu urusan jangan lupa mampir kesini. Dijamin bakal seru dan asyik. Bahkan Anda bisa berenang dan bermain air sepuasnya disana. Tak hanya itu, berbagai pengalaman selama perjalan dan pemandangan yang disajikan begitu alami.

Kupas Tuntas Keindahan Curug Cibaliung

Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi informasi tentang suatu objek wisata yang bernama Curug Cibaliung. Karena menurut hemat saya, sangat disayangkan jika terlewat begitu saja. Juga memberikan daya tarik dan semoga suatu saat menjadi destinasi yang paling keren dan top di negeri ini. Tentunya dengan berbagai macam campur tangan pemerintah serta masyarakat untuk membangun wisata air terjun Bogor yang layak untuk dikunjungi.

Disini saya akan memberikan gambaran kondisi Curug, letak lokasi wisata Curug , harga tiket masuk, tips dan trik jika berkunjung kesana, dan terakhir hal-hal yang boleh dan tidak boleh untuk dilakukan disana. Informasi tersebut sangat berguna untuk memberikan wawasan Anda dan persiapan macam apa saja, serta bagaimana seharusnya kita melestarikan wisata curug di Bogor yang bernama Cibaliung ini. Langsung saja ke poin utama kupas tuntas Curug di sentul ini.

Kondisi Wisata Curug Yang ada di Sentul City

Masih saja ada wisata curug yang belum terjamah oleh banyak orang di kawasan Sentul Bogor. Curug indah tersebut memang terlihat masih mempesona. Pemandangan sekitar dihiasi pepohonan, air mengalir dari curug, dan airnya yang jernih serta segar. Semua orang sangat mengagumi keindahan Curug di bogor ini. Karena berpergian kesini artinya Anda mendapatkan berbagai macam pengalaman berwisata.

Sebab tidak hanya melihat dan menimati segarnya air. Tempat wisata Bogor yang satu ini masih memiliki kondisi air yang berwarna hijau toska. Bahkan merupakan curug terindah menurut beberapa pengunjung yang datang. Sekeliling curug terdapat beberapa bebatuan yang bisa Anda gunakan untuk berfoto ria. Akan tetapi beberapa kekurangan yang ada apabila berwisata kesini adalah fasilitas yang tersedia sangatlah minim.

Lokasi Wisata Curug Cibaliung

Lokasi curug di Bogor beberapa mungkin masih satu jalur dengan destinasi wisata lainnya. Begitu juga air terjun yang masih satu jalur dengan wisata Leuwi Hejo dan sekitarnya. Oleh karena itu Curug Cibaliung berada di Kampung Wadung, tepatnya Desa Karang Tengah, Babakan Madang – Bogor, Jawa Barat. Anda dan teman-teman tidak akan kesulitan jika menuju ke tempat itu karena memang lokasinya tidak jauh dari beberapa objek wisata curug disana.

Apalagi terdapat arah petunjuk menuju ke lokasi wisata curug. Anda juga bisa menggunakan teknologi seperti GPS untuk menuju lokasi wisata Curug Cibaliung. Akan tetapi saran saja, jika berpergian ke curug bersama dengan teman yang sudah pernah berpengalaman kesana. Alasannya karena untuk menuju ke Curug Cibaliung Anda harus melakukan treking dengan jarak yang cukup panjang hingga menempuh waktu sekitar satu setengah jam. Bersiaplah.

Harga Tiket Masuk Area Rekreasi Alam

Karena lokasi Curug ini masih satu kawasan dan satu jalur dengan beberapa destinasi wisata maka agaknya Anda harus mengeluarkan biaya, waktu, tenaga yang cukup lumayan besar. Tiket masuk ke tempat wisata dan beberapa biaya yang akan Anda keluarkan sebagai berikut.

Pertama, membayar biaya masuk di kawasan wisata Leuwi Hejo sebesar Rp 15.000 dan biaya parkir Rp 5.000. Kedua, Anda harus mengeluarkan Rp 5.000 lagi untuk masuk ke objek wisata Curug Cibaliung. Ada lagi biaya opsional yang dikeluarkan jika memerlukan penitipan barang Rp 2.500 atau ganti baju dan mandi Rp 2.500 disana.

Akses Rute Menuju Wisata Curug Cibaliung

Akses menuju kesana tidak terlalu sulit untuk ditemukan. Sehingga Anda bisa dengan mudah menuju kesana dan berwisata kesana kapanpun. Menuju wisata air terjun di Bogor ini bisa menggunakan kendaraan pribadi untuk menghemat waktu. Ambil arah menuju jalan utama ke Jungle Land, sebelum gerbang Jungle Land belok kanan arah perkampungan, lalu belok kiri setelah pertigaan ke arah Leuwi Hejo.

Jika Anda telah sampai pada tempat parkir disana maka Anda harus memarkirkan kendaraan Anda. Kemudian melanjutkan perjalanan kembali dengan berjalan kaki untuk bisa menuju objek wisata. Jarak menuju ke daerah tersebut kurang lebih hanya bisa diperkiraan dengan waktu tempuh sekitar 1,5 jam.

Tips Berkunjung ke Air Terjun Cibaliung

Ada beberapa tips jika Anda ingin berkunjung ke objek wisata air terjun Bogor. Jangan berkunjung ketika sudah mendung atau gerimis, apalagi jika sudah hujan. Jangan berkunjung ketika musim penghujan. Karena warna airnya keruh pemirsa. Jangan pula berkunjung musim kemarau karena panas sekali ketika perjalanan. Persiapan fisik dan kesehatan serta stamina untuk menempuh jarak destinasi. Biaya yang cukup harus dipersiapkan mungkin dengan cara menabung.

  • Kegiatan Wisata Di sekitar curug

Beberapa kegiatan yang bisa Anda lakukan di Curug Cibaliung adalah berenang. Akan tetapi sebelum Anda ke kawasan ini harus melewati treking yang cukup panjang. Akan tetapi setelah sesampainya disana Anda bisa berenang sepuasnya. Anda juga bisa terjun bebas dari bebatuan yang berada di sekitarnya. Tentunya perhatikan keselamatan. Anda juga bisa menggunakan pelampung tidur jika ingin mengapung di atas air dengan kedalaman 7 meter.

  • Hal yang Boleh dan Tidak Boleh dilakukan

Kemudian terakhir yang harus saya bahas adalah tentang apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan di kawasan curug. Lestarikan pepohonan, jagalah kebersihan, jangan sampai Anda berkunjung meninggalkan sampah apapun itu. Lalu jagalah sopan santun Anda sebab berbagai cerita mistis yang muncul, jangan berenang bila tidak bisa berenang. Jagalah keindahan apapun disana, karena Curug merupakan anugerah dari Sang Maha Kuasa yang dimiliki oleh negeri ini.

Sekian berbagi informasi mengenai tempat wisata curug yang ada di Bogor. Harga tiket masuk sewaktu-waktu bisa berubah. Jangan lupa untuk mempersiapkan segala sesuatunya untuk berpergian menuju wisata Curug Cibaliung. Perhatikan keselamatan dan keamanan serta perhatikan kondisi kendaraan Anda sebelum berpergian wisata curug di Bogor sebab rute jalan menuju ke curug biasanya naik turun. Selamat berwisata.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *