Pelayanan Konsultan Jasa Hukum dan Advokat di Bogor

Posted on

Sebuah kantor hukum biasanya terbagi atas konsultan hukum dan advokat. Ruang lingkup jasa hukum yang diberikan bertujuan memberikan pelayanan dan perlindungan hukum bagi institusi pemerintah, perusahaan atau badan hukum, maupun perorangan meliputi pemberian bantuan jasa hukum, konsultasi hukum, advokasi, serta pendampingan hukum baik di bidang litigasi dan non litigasi.

Litigasi adalah teknik dalam menyelesaikan perkara hukum dengan cara proses pengadilan. Seorang konsultan hukum dapat melakukan aktivitas beracara pada berbagai tingkat badan peradilan yang terendah sampai tertinggi di seluruh wilayah indonesia yang melingkupi peradilan umum baik dalam penanganan perkara pidana atau perdata dimulai dari peradilan tingkat pertama lalu banding kemudian kasasi sampai ke tahap peninjauan kembali atau PK.

Non litigasi merupakan jasa pelayanan hukum melalui proses negosiasi, mediasi, perundingan, atau penyelesaian perkara diluar proses pengadilan. Memberikan legal opinion atau ertimbangan hukum maupun legal advice atau nasihat hukum. Pelayanan non litigasi lainnya yaitu melakukan legal audit dan legal drafting terhadap surat perjanjian juga membuat somasi atau surat peringatan.

Jasa Pelayanan Menggugat dan Digugat di Pengadilan

Jasa pelayanan hukum dalam menangani perkara pidana meliputi pendampingan di tingkat kepolisian dan kejaksaan baik menjadi tersangka, saksi maupun pelapor. Jika sudah masuk ke dalam tahap pemeriksaan di tingkat peradilan, Pendampingan dilakukan di pengadilan tingkat pertama lalu tahapan banding sampai ke tingkat kasasi serta upaya hukum luar biasa di peninjaua kembali (PK) dan terkadang bisa sampai ke tingkat praperadilan. baca jasa pengacara di bogor

Konsultasi Pengacara di Bidang Non Litigasi dan Litigasi

Sebelum melakukan pelayanan bidang litigasi dan non litigasi diatas. Konsultan hukum biasanya menawarkan konsultasi terlebih dahulu tentang persoalan hukum yang dihadapi oleh klien. Konsultasi hukum yang dimaksud bukanlah pendapat atau hal yang dapat dijadikan alat bukti namun hanya berupa pendapat opini hukum advokat tersebut dengan asumsi berdasarkan uraian keterangan serta dokumen pendukung yang diberikan oleh klien. Adapun konsultasi hukum dapat dilakukan sesuai dengan jadwal atau perjanjian antara konsultan dengan klien. Untuk bidang hukum yang dapat ditangani meliputi sebagai berikut :

  • Hukum Perusahaan
  • Hukum Ketenagakerjaan
  • Hukum Bisnis
  • Hukum Lingkungan
  • Hukum Keluarga
  • Hukum Perdata
  • Hukum Kekayaan Intelektual
  • Hukum Pajak
  • Hukum Jaminan
  • Hukum Pasar Modal
  • Hukum Perbankan
  • Hukum Pidana
  • Hukum Kepailitan
  • Hukum Persaingan Usaha
  • Hukum Perlindungan Konsumen
  • Hukum Pertanahan
  • Hukum Asuransi
  • Hukum Kesehatan
  • Hukum Properti

Jangka waktu pemberian pelayanan jasa hukum retainer maupun penanganan perkara biasanya sesuai kesepakatan antara konsultan dengan klien. Jangka waktu perjanjian biasanya adalah satu tahun dan dapat diperpanjang sesuai dengan kesepakatan bersama.

Harga Jasa Pengacara

Biaya jasa hukum biasanya meliputi retainer fee, success fee, operational fee, dan lawyer fee. Biaya akan ditentukan sesuai dengan kesepakatan dan akan tercantum dalam perjanjian. Biaya tersebut digunakan untuk biaya perkara di pengadilan, biaya koordinasi, biaya akomodasi dan transportasi, PPN atau pajak pertambahan nilai 10%, dan biaya lainnya dalam mendukung pelayanan hukum tersebut.

Advokat yang memberikan jasa pelayanan hukum secara profesional akan memberikan progress report baik secara tertulis maupun lisan dari setiap perkembangan kegiatan penanganan perkara yang berlangsung.

Training Materi Hukum

Layanan lain yang diberikan terutama bagi klien instansi pemerintah, perusahaan atau badan hukum, maupun organisasi untuk firma hukum besar sering memberikan training pelatihan hukum dengan para konsultan hukum dan advokat sebagai trainer yang akan memberikan penyampaian materi hukum yang dapat disesuaikan dengan kepentingan atau kebutuhan klien.

Sebuah kantor hukum terpercaya harus mampu melayani kebutuhan masyarakat akan konsultasi hukum dan layanan hukum dengan berpegang teguh kepada kode etik advokat serta menjaga profesionalitas kerja dan memiliki integritas yang tinggi.

Pengacara Berpengalaman Menang di Pengadilan

Tentunya para konsultan dan advokat tersebut harus mempunyai pengalaman juga keahlian dalam bidang hukum terutama dalam aspek berbagai bidang kehidupan masyarakat sehari-hari agar nantinya dapat melayani sesuai kepentingan dan kebutuhan klien.

Tim hukum dalam melaksanakan penanganan perkara harus bertanggung jawab dalam menjaga kerahasiaan data klien serta mampu menangani segala permasalahan hukum berdasarkan pengalaman dan pengetahuan yang dimiliki. Selain itu, Kerjasama advokat dengan legal networking diperlukan agar penyelesaian perkara ditangani secara cepat karena komunikasi dan koordinasi yang baik serta tentunya tidak lupa untuk selalu memperlihatkan attitude sopan dan ramah agar terbentuk teamwork yang baik dengan klien.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *