Bahan Makanan Kuliner Ramadhan untuk Sahur dan Berbuka Puasa yang Sehat

Posted on

Ramadhan ala stay at home di tengah wabah corona tidak membatasi aktivitas beribadah dan berkreasi meski tetap di dalam rumah.

Bulan yang penuh berkah dan hikmah ini perlu disyukuri serta dijalani dengan penuh keikhlasan.

Aktivitas menghidangkan menu berbuka dan sahur dapat tetap dilakukan sembari memperhatikan kebersihan makanan dan minuman.

Bahan Menu Makan Sahur Praktis dan Simpel

Hidangan bergizi nan menggugah selera yang lezat bisa menjadi penyemangat dalam memulai aktivitas di bulan puasa. Sajian sahur praktis berupa karbohidrat seperti nasi dengan sayuran segar serta lauk yang nikmat dapat menambah tenaga dari pagi sampai sore hari.

Nasi sebagai karbohidrat utama favorit orang indonesia wajib dihidangkan. Yang menjadi pertanyaan ialah soal teman lauknya yang harus pas dan tidak membosankan.

Daging ayam cocok untuk hidangan sahur bergizi yang pas karena tidak terlalu berat dan dapat dinikmati setiap anggota keluarga karena tidak terlalu banyak menimbulkan resiko kesehatan seperti hipertensi.

Ayam goreng merupakan menu sederhana sahur yang mengenyangkan karena daging cukup digoreng beberapa menit tanpa harus banyak menambahkan garnish, cukup dengan timun dan sambal serta nasi hangat sudah cukup mengisi perut.

Selain digoreng, daging ayam dapat dibuat menjadi soto ayam, pepes, maupun semur tergantung selera. Dengan harga yang cukup terjangkau, daging ayam adalah pilihan favorit lauk untuk makan saur bersama keluarga. Daging ini dapat dibuat berbagai variasi supaya tidak bosan.

Makan Daging ketika Sahur

Aneka olahan jenis daging seperti daging sapi, kambing, kerbau, domba, dan sejenisnya bisa menjadi menu sahur agar tidak mudah lapar mengingat daging tersebut lebih sulit dicerna daripada ayam atau ikan. Terlepas dari resiko kesehatan seperti naiknya tekanan darah atau kolesterol maupun harganya yang memang lebih mahal namun bersahur atau berbuka menjelang lebaran tanpa menikmati rendang seperti ada yang kurang.

Olahan jenis daging biasa dimasak menjadi sop, rendang, soto, barbeque, sate, tongseng atau menjadi bahan isian samosa maupun bakso apabila daging cincang.

Kuliner Seafood Sahur

Seafood seperti cumi, udang, nila, kakap, tuna dan berbagai jenis ikan lainnya adalah sumber protein alternatif yang enak dan praktis. Hidangan goreng tepung maupun menu sahur sehat seperti pepes ikan maupun direbus bisa menjadi ide santap sahur enak.

Camilan Sahur

Jika dirasa perut sudah kenyang namun mulut masih ingin terus mengunyah maka kentang goreng atau perkedel yang bertekstur renyah dan empuk. Untuk panganan jajanan yang lebih gurih dan garing bisa mencicipi kerupuk udang maupun rengginang.

Buah dan Sayuran untuk Sahur

Selain lauk diatas, Sayuran dan buah adalah menu wajib sahur sebagai sumber serat yang harus dipenuhi supaya pencernaan sehat. Jika mampu, menu oseng kangkung, sayur asem, maupun bayam adalah pilihan yang tepat. Sedangkan bila tak sempat untuk sayur karena dikejar waktu imsak maka potongan timun maupun tomat sudah dirasa cukup. Belanja Sayuran baru bisa ke supermarket di Bogor

Adapun buah sebagai pelengkap pencuci mulut yang bagus untuk sahur seperti melon, jeruk, dan apel cukup dikonsumsi beberapa buah. Jika sempat, membuat jus buah naga atau jus wortel bisa menjadi penutup santapan sahur yang menyenangkan.

Menu Sahur Murah dan Hemat ala Rasulullah

Tentu di zaman nabi belum ada rendang sapi ataupun tongseng kambing. Mereka mengutamakan makanan praktis dan sederhana seperti kurma dan madu karena esensi berpuasa sendiri adalah beribadah menahan nafsu. Jadi kalau di bulan puasa berat badan malah naik karena pola makan serta pengeluaran untuk makanan lebih banyak justru malah esensi berpuasa yang utamanya tidak dapat.

Bagi anak kost yang uangnya terbatas, mie dan telur menjadi bahan makanan yang terjangkau. jika ingin masakan berkuah maka bisa membuat mie rebus. Kalau ingin yang ada rasa sate-nya bisa membuat mie goreng rasa ayam panggang. Apalagi sekarang mie instan sudah banyak variasi rasa jadi memang tidak akan membosankan. Namun perlu diingat, makan mie tidak boleh dijadikan makanan pokok dan dikonsumsi setiap hari karena resiko kesehatan. Bisa diselang-seling dengan nasi telor atau sayur.

Menu Buka Puasa yang Segar

Hidangan berbuka puasa biasanya adalah minuman sebagai pelepas dahaga. Tidak disarankan langsung ke makanan berat karena perut akan kaget. Minuman Dingin dan Hangat dapat disajikan.

Mulai dari Es Pisang Ijo, Es Mangga, Es Cendol Pacar Cina, sampai Kolak Kolang Kaling adalah hadiah yang pantas bagi sang juara yang telah berhasil menjalani puasa dengan sukses. Kalau minuman dingin biasa bisa dibeli ke minimarket favorit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *