Daftar Nama Minimarket yang ada di Indonesia

Posted on

Setiap tahunnya data jumlah minimarket di indonesia terus mengalami pertumbuhan persaingan dan perkembangan yang cukup pesat. Hal ini dikarenakan salah satu faktornya ialah pertumbuhan kelas menengah indonesia yang terus meningkat sehingga menjamurnya bisnis franchise waralaba tersebut.

Sudah jelas bahwa toko modern ini menawarkan pelayanan dan fasilitas yang lebih kepada masyarakat ketimbang pasar tradisional. Untuk mereka yang menginginkan kemudahan dan fleksibilitas maka bisnis minimarket adalah jawabannya. Berbeda bila dibandingkan dengan pasar tradisional yang menawarkan harga yang sebenarnya lebih murah namun sulit untuk memperoleh kenyamanan ataupun keamanan berbelanja.

Bagi anda yang tidak jago menawar maka berbelanja di minimarket merupakan pilihan utama. Ini tidak lain karena harga pasti yang transparan tertera di rak sehingga anda tidak perlu repot banyak bertanya soal harga ataupun menawar ke pedagang serta anda tidak perlu takut digetok harga karena ketidaktahuan anda soal harga pasar saat ini.

Fasilitas yang ditawarkan sebagian besar perusahaan minimarket terbaik di indonesia pun tergolong sangat bagus dan hampir sama dengan minimarket di luar negeri. Tidak hanya menjual produk dalam toko berpendingin ac, mereka juga menjual pelayanan tambahan seperti melayani transaksi pembayaran tagihan listrik pln, air minum PDAM, isi ulang pulsa handphone, top up uang elektronik (e-money mandiri, flazz bca, brizzi bri, dll), premi asuransi bpjs, isp internet dan tv berlangganan (indiehome, myrepublic, mnc skyvision, dll), sampai pembelian tiket kereta api atau pesawat semua bisa dilakukan di minimarket.

Sebagai media berimbang dalam melakukan review, kami pun juga membahas mengenai kekurangan dari minimarket. Kemudahan, kenyamanan, dan keamanan dalam berbelanja tentu harus dibayar dengan harga produk yang cenderung lebih mahal sedikit ketimbang harga di pasar tradisional ataupun supplier grosir. Namun hal itu bukan menjadi masalah, karena kelas menengah indonesia saat ini sudah lebih memprioritaskan kemudahan, keamanan, serta kenyamanan dalam berbelanja. baca juga supermarket di bogor

Setelah kami melakukan riset, berikut kami lampirkan daftar list minimarket terbesar di indonesia

  1. Indomaret
  2. Alfamart
  3. Alfamidi
  4. Bright
  5. Circle K
  6. Yomart
  7. Ceriamart
  8. Lawson

Berikut kami berikan ulasan setiap perusahaan minimarket tersebut untuk anda dibawah ini.

  • Indomaret

Dengan jumlah minimarket terbanyak di indonesia (lebih dari 15.000 toko pada tahun 2018), tidak heran jaringan ritel waralaba yang didirikan oleh salim group ini menjadi raja-nya minimarket di seluruh indonesia. Hampir di setiap kecamatan terutama kota-kota besar di indonesia barat sampai tengah pasti anda akan menemukan toko yang dikelola PT. Indomarco Prismatama ini.

Pertumbuhan gerai yang cepat ini tidak lepas dari kontribusi masyarakat yang berpartisipasi serta bekerjasama dengan membeli franchise waralaba ritel itu. Hampir 40% gerai indomaret dimiliki secara waralaba oleh masyarakat umum. Secara hiperbola, anda cukup menyediakan tanah kosong di daerah yang strategis serta ramai maka tidak perlu lama akan dihubungi oleh investor dan pihak indomaret.

Daftar Minimarket di Indonesia

indomaret

Yang dijual oleh indomaret adalah produk yang menjadi kebutuhan sehari-hari masyarakat seperti makanan, minuman, kebutuhan kamar mandi, dan lainnya. Soal harga memang standar namun kadang mereka juga sering mengadakan promo untuk produk tertentu sehingga harga lebih murah dari harga pasaran bisa jadi indomaret merupakan salah satu minimarket termurah di indonesia.

Adapun usaha diversifikasi dari indomaret adalah indomaret fresh, indomaret point, dan indomaret plus, sama-sama menggunakan nama indomaret, namun bedanya indomaret dengan tambahan kata “fresh” memiliki gedung yang lebih besar lengkap dengan tambahan produk yang lebih bervariasi, parkiran lebih luas. Sedangkan indomaret fresh juga menjual produk segar seperti daging beku, buah, dan sayur. Kemudian untuk Indomaret Point lebih berfokus ke convenience Store dengan tambahan kursi buat nongkrong di depan untuk tempat bersantai.

  • Alfamart

Pepatah mengatakan kalau anda menemukan indomaret pasti tidak jauh dari situ ada alfamart, ataupun sebaliknya. Franchise ritel milik HM Sampoerna ini merupakan kompetitor alias pesaing utama dari Indomaret, atau bisa jadi sebaliknya. Jumlah toko alfamart di Indonesia yaitu lebih dari 10.000 hampir mendekati jumlah indomaret, tidak heran kalau persaingan diantara keduanya sangat sengit.

List Minimarket Paling Banyak di Indonesia

alfamart

Walau pun begitu persaingan keduanya di pasar lokal sangat ketat, Alfamart sudah go internasional dengan ekspansinya ke negeri tetangga kita, filipina.

Bicara harga, sama saja. standar bila dibandingkan dengan gerai minimarket merek lain. Produk yang dijual pun sama saja, mereka menjual kebutuhan pokok dan lainnya. Namun keberadaan minimarket terkenal di indonesia ini mampu memenuhi kebutuhan belanja masyarakat sehari-hari.

  • Alfamidi

Alfamidi merupakan versi besarnya Alfamart meskipun saat ini perusahaan induk yang menaunginya berbeda, kalau minimarket yang lain lokasinya di pojok dan nyempil sampai parkir pun kadang sulit maka Alfamidi menawarkan parkiran yang lumayan luas untuk beberapa mobil juga motor. Gerai ritel ini juga memiliki ruangan yang lebih luas yang tentunya mampu menambah kapasitas serta variasi produk yang dijual.

Daftar Waralaba Minimarket Indonesia

alfamidi

Selain kebutuhan sehari-hari, mereka juga menjual produk segar seperti sayuran dan buah juga daging beku. Alfamidi mungkin lebih cocok disebut sebagai swalayan mini ketimbang minimarket karena produknya lebih lengkap.

Di beberapa lokasi, Alfamidi merupakan salah satu minimarket yang buka 24 jam. Jadi kalau dini hari anda lapar dan ingin jajan maka bisa coba datang kesini. Sebagian besar Alfamidi pun juga terdapat atm bank besar seperti ATM BCA, ATM Bank Mandiri, dan ATM BNI. Dengan jumlah gerai lebih dari 1000 Alfamidi mencoba peruntungan di dunia bisnis ritel indonesia.

  • Bright

Ritel Minimarket ini dibawah Pertamina Retail. Sudah jelas anda dapat menemukan bright di beberapa SPBU yang dimiliki oleh Pertamina. Selain di pom bensin, Usaha sampingan milik pertamina ini juga dapat dijumpai di beberapa rest area serta bandar udara.

Bright lebih berfokus untuk menjual aneka jajanan camilan makanan ataupun minuman karena memang lokasinya yang kebanyakan berada di spbu juga rest area sehingga pasar yang dituju adalah para pengendara yang melakukan perjalanan jauh.

Daftar Usaha Waralaba

bright

Selain itu, untuk bright yang berlokasi di spbu terutama pada kawasan pemukiman perkotaan mereka juga menjual LPG 3 Kg dan 12 Kg serta Galon Air. Jadi ketika musim susah cari gas atau air galon di warung biasa, maka coba saja datang ke spbu pertamina.

Bright memiliki sekitar hampir 700 outlet yang tersebar di pulau jawa dan sumatera ini menambah meriah pasar minimarket selain duo grup besar alfa dan indo sebelumnya.

  • Circle K

Gerai minimarket terdekat 24 jam asal amerika ini sudah cukup lama beroperasi di indonesia jauh sebelum pasar ritel tumbuh sangat ketat saat ini. CK atau biasa orang bule sebut si-key ini merupakan salah satu pemain convenience store tertua yang patut diperhitungkan serta masih bertahan sampai saat ini setelah 7-eleven tumbang diterjang kelakuan para alay pencari wifi gratisan.

Meskipun circle K terkenal di masyarakat menjual produk minuman dan makanan dengan harga “premium” namun mereka tetap bertahan sampai saat ini karena pasar yang dituju sangat spesifik ya kalau tidak lain dan tidak bukan adalah menjual secara eksklusif produk hasil tembakau dan minuman yang tidak lembut (alkohol) dengan variasi yang cukup lengkap.

Nama Minimarket yang Bagus
circle k

 

Jadi kalau anda dari kalangan ekslusif yang mencari produk spesifik seperti diatas maka sudah jelas kalau anda harus pergi kemana. Apalagi sekarang ada larangan penjualan minuman tertentu di beberapa kota. Tapi tenang, Circle K juga menjual beragam camilan dan jajanan serta minuman yang aman dan terjamin kehalalannya.

Circle K mempunyai sekitar 500 gerai yang tersebar di seluruh indonesia. Gerai mereka dapat anda temukan di pusat kota dan daerah yang banyak populasi orang asing seperti Bali, Jakarta, dan Yogyakarta.

  • Yomart

Perusahaan minimarket yang dimiliki yogya group ini merupakan salah satu pemain ritel terbesar terutama di kota-kota besar kawasan jawa barat seperti bandung, bogor, sukabumi, ciamis, garut, majalengka, purwakarta, subang, indramayu, cimahi, cianjur dan lainnya serta bersaing ketat dengan duo grup alfa dan indo.

Minimarket Yogya Group
Yomart

Dengan target pasar kalangan masyarakat golongan menengah, pertumbuhan Yomart cukup sukses dengan menjual berbagai produk kebutuhan sehari-hari dengan harga murah juga promo-promo yang ditawarkan persis seperti swalayan yogya yang merupakan perusahaan induknya.

Minimarket dengan jumlah lebih dari 250 toko ini menjual berbagai varian produk kebutuhan masyarakat seperti susu bayi, beras, minyak goreng, telur, sayur, buah, dan lainnya. Menjadikan Yomart salah satu minimarket terlaris di indonesia.

  • Ceriamart

Bila anda penduduk kota besar mungkin jarang mendengar nama brand ini namun bila anda tinggal di pinggiran kota besar, maka akan dengan mudah menemukan ceriamart. Toko ini menjual berbagai produk yang sama ditawarkan oleh minimarket lainnya. Yang unik ialah ternyata ceriamart dimiliki oleh indofood group yang juga merupakan salah satu pemilik indomaret.

ceriamart

Lawson

Kalau anda seorang yang kejepang-jepangan alias fanatik dengan hal-hal yang berbau jepang pasti mengenal nama convenience store ini. Lawson tidak hanya menjual camilan makanan maupun minuman ataupun tempat nongkrong gratis plus wifi gratisan tapi juga menjual jajanan siap saji dari jepang seperti onigiri, oden, ena chike, croissant, dan lainnya yang tentu jarang anda temukan di tempat lain.

lawson

Intinya kalau anda bukan orang biasa-biasa saja dan ingin mencoba sesuatu yang berbeda ya mampir jajan disini. Meskipun jumlah Gerai Lawson di Indonesia baru sekitar 40-an gerai. Namun, ritel yang dikelola oleh PT. Midi Utama ini memberikan sesuatu yang berbeda di pasar convenience store.

Selain daftar minimarket diatas sebetulnya masih banyak lagi brand-brand ritel toko modern lokal atau malah bahkan anda bisa membuat brand sendiri namun sayangnya memang jumlahnya tidak terlalu banyak bila dibandingkan ritel franchise yang dikelola oleh perusahaan besar.

Adapun Alfaexpress dan 7-Eleven merupakan beberapa minimarket yang tutup di indonesia adalah salah satu contoh bahwa pasar persaingan minimarket dan convenience store di indonesia sangatlah ketat juga menimbulkan banyak korban. Apalagi minimarket sering dijadikan kambing hitam oleh beberapa pihak sebagai salah satu alasan matinya warung kelontong biasa dan kios di pasar tradisional namun imbasnya tentu saja dengan menjamurnya minimarket memberikan efek keuntungan bagi masyarakat terutama konsumen untuk mendapatkan pilihan yang lebih banyak dan lebih baik dalam berbelanja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *