Syarat dan Biaya Perpanjang SIM A, B, dan C di Polresta Kota Bogor 2023

Informasi163 Views

Cimanggu Bogor kemarin berniat untuk memperpanjang SIM A yang sudah akan habis masa waktunya. Kita datang sekira pukul 7 pagi karena berkaca dari pengalaman sebelumnya pada tahun lalu yang ada kuota dan dari pagi antrian sudah panjang. Ternyata baru hanya ada dua orang saja yang hadir. Karena kita merasa kepagian ya kita tunggu saja beberapa saat. Tidak ada calo yang biasanya menawarkan jasa perpanjang SIM nembak.

Oh iya, saat itu kita tidak datang langsung ke polresta bogor. Melainkan datang ke klinik kesehatan yang ada di luar polresta bogor, tepatnya di dalam gang sebelah kantor polresta bogor. Tak lupa persyaratan seperti SIM asli, fotokopi SIM, KTP asli, dan fotokopi KTP kita siapkan.

Beberapa saat kita menunggu, tiba-tiba ada petugas yang menginstruksikan untuk mendownload aplikasi Simpel Pol. Untungnya kita membawa smartphone android jadi bisa langsung mendownload.

Sayang sekali aplikasi yang dibuat dengan tujuan membuat simpel prosedur nyatanya malah membuat banyak orang yang tidak memiliki smartphone harus gigit jari tidak bisa tes kesehatan.

Setelah kita mendownload Simpel Pol dan melakukan tes buta warna, tes pengetahuan lalu lintas, dan tes pendengaran. Maka kemudian kita masuk ke dalam klinik kesehatan untuk tes tekanan darah.

perpanjang sim bogor di depok
perpanjang sim bogor dimana

Setelah seluruh proses tes kesehatan telah selesai, Kita langsung membayar biaya tes kesehatan sebesar Rp65.000 dan biaya asuransi Rp30.000.

Keluar dari klinik kesehatan kemudian kita masuk ke klinik di sebelahnya untuk melakukan tes psikologi. Biayanya sebesar Rp75.000. Tesnya sendiri menjawab pertanyaan psikologi biasa.

Setelah selesai mengerjakan tes, bawa seluruh dokumen hasil tes kesehatan, dokumen hasil tes psikologi, dan persyaratan perpanjangan SIM ke gedung Satpas Online Polresta Bogor Kota yang terletak di ujung pojok belakang komplek polresta. Pastikan memakai pakaian rapi seperti baju kemeja dan celana panjang serta sepatu agar tidak disuruh pulang oleh petugas piket yang berjaga.

Jika sudah masuk, ikuti alur perpanjangan SIM berikut

Pemeriksaan Syarat Perpanjang SIM

Datang ke Loket 1 dan konfirmasi ke petugas bahwa ingin memperpanjang SIM. Petugas akan mengecek segala persyaratan. Jika ada yang salah atau kurang, Petugas akan memanggil lagi. Jika lancar maka lanjut ke Loket 2.

Registrasi Identitas Pemohon Sim

Akan ada panggilan nama dari petugas di Loket 2. Datangi meja petugas yang memanggil. Lalu konfirmasi untuk seluruh datanya apakah sudah sesuai atau ada perubahan nama, alamat, tanggal lahir, dan lain sebagainya.

Penyerahan PNBP

Jika sudah selesai, bawa dokumen dari Loket 2 ke tempat pembayaran untuk membayar biaya perpanjangan. Berikut daftar biaya perpanjangan SIM sesuai golongan karena masa habis waktu, hilang, atau rusak.

biaya perpanjang sim online bogor jawa barat
perpanjang sim di polresta bogor kota
  1. SKUKP Rp50.000
  2. SIM D Rp30.000
  3. SIM C Rp75.000
  4. SIM B2 / UMUM Rp80.000
  5. SIM B1 / UMUM Rp.80.000
  6. SIM A / UMUM Rp80.000
Identifikasi / Foto

Setelah selesai melakukan pembayaran, bawa MAP yang berisi persyaratan dokumen, bukti bayar dan mengisi form yang sudah diberikan dengan lengkap ke Loket 4 untuk melakukan foto SIM dan perekaman sidik jari serta tanda tangan.

Penyerahan SIM

Setelah selesai identifikasi dan foto, datangi Loket 8 untuk menunggu dipanggil. Petugas akan memanggil nama jika SIM sudah siap untuk diserahkan. Dan selesai proses perpanjangan SIM kali ini pada pukul 11.00.

Total Biaya Perpanjang SIM

Untuk rincian total biaya perpanjangan SIM A yang kita keluarkan sebagai berikut

  1. Biaya Tes Kesehatan Rp65.000
  2. Biaya Asuransi Rp30.000
  3. Biaya Tes Psikologi Rp75.000
  4. Biaya Perpanjangan SIM A Rp80.000
  5. Total Biaya Rp250.000

Jadwal Buka Perpanjangan SIM Polres Kota Bogor

Senin sampai jumat dari jam 8 pagi sampai jam 11 siang serta sabtu jam 8 sampai jam 10 pagi.

jadwal perpanjang sim keliling cibinong bogor
perpanjang sim bogor hari ini

Untuk total waktu yang dihabiskan sekitar 3 jam dari jam 8 pagi sampai jam 11 siang. Kondisi pada saat itu terhitung cukup sepi. Tips dari kita untuk kamu yang ingin memperpanjang SIM yaitu :

  • Jika punya banyak waktu, datanglah pada pagi hari untuk menghindari antrian.
  • Ikuti tes dengan benar dan tidak asal-asalan. Kurangi makanan yang menyebabkan darah tinggi dan istirahatkan mata paling tidak 3 hari sebelum tes.
  • Siapkan uang pas pada setiap pembayaran.
  • Pasang pendengaran dengan baik agar ketika dipanggil tidak terlewat.

Semoga informasi ini bermanfaat dan perpanjangan SIM teman Cimanggu Bogor berjalan dengan lancar, ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *