Bagaimana Cara Mengusir Tikus yang Merajalela di Bogor

Kesehatan11 Views

Ah, tikus, hama rumahan yang sering bikin kita jengkel. Mereka tuh suka banget ngider cari makanan dan tempat berlindung di rumah. Kalo nggak diusir, bisa berabe tuh. Tapi jangan kuatir, ada trik-trik sederhana buat ngusir tikus versi Cimanggu Bogor!

Bersihin Rumah Dari Tikus

Tikus seneng mencari sisa makanan. Jadi pastiin rumah kamu selalu bersih dari sisa-sisa makanan, termasuk nasi bungkus yang suka jatoh. Simpen makanan peliharaan dalam wadah kedap udara, dan beresin sisa makanan yang nyempil di bawah meja bisa jadi cara mengusir tikus di rumah agar tidak kembali lagi.

Tutup Lobang Bocor

Tikus suka masuk lewat lubang kecil. Jadi, cek rumah kamu dan tutup kebocoran yang bisa jadi salah satu cara mengusir tikus agar tidak masuk rumah.

Pakai Minyak Peppermint

Tikus nggak tahan bau pepermint. Tetesin minyak pepermint di kapas dan taro di pojok-pojok yang kerap jadi jalur tikus.

Pasang Jebakan Tikus

Kalo udah masuk, jerat tikus bisa jadi solusi. Pasang jerat di jalur yang sering dilewatin tikus.

Sebar Bawang Putih

Tikus juga ogah banget ama bau bawang putih. Taro beberapa siung di tempat yang sering didatengin bisa jadi salah satu cara mengusir tikus agar tidak balik lagi.

Pelihara Kucing

Kucing tuh musuh alami tikus. Kalo punya kucing, biarin mereka jalan-jalan di rumah, bisa bikin tikus makin nggak berani muncul.

Racun Tikus

Kalo udah parah, racun tikus bisa jadi solusi terakhir. Tapi inget, taro racun di tempat yang aman buat anak-anak dan hewan peliharaan.

Panggil Ahli

Kalo semua cara udah dicoba tapi tikusnya masih bandel, panggil aja ahli pengendalian hama. Mereka punya alat dan pengetahuan buat atasin masalah tikus.

Akibat Tikus Tidak Diusir

Rumah Jadi Berantakan

Tikus suka ngacak-ngacak rumah kamu,. Mereka gigit-gigit kabel, pipa air, dan bikin lubang di dinding. Jadinya, rumah kamu bisa jadi kapal pecah.

Bikin Kamu Sakit-Sakitan

Tikus bisa bawa penyakit serem, macem leptospirosis sama hantavirus. Jadi, kalo gak mau mules-mules dan pusing, jangan biarin tikus bebas berkeliaran.

Bikin Alergi

Kotoran sama bulu tikus bisa bikin alergi. Lu bakal bersin-bersin terus, mata gatal, sama kulit melepuh.

Bikin Gak Bisa Tidur

Tikus aktif malem-malem, jadi kalo ada tikus di rumah, tidur kamu bisa diganggu terus karena suara mereka yang berisik.

Makanan Terkontaminasi Tikus

Tikus suka nyari makanan di dapur. Mereka suka buang kotoran di mana-mana, jadi makanan kamu bisa terkontaminasi.

Barang-Barang Hilang

Tikus suka merusak barang-barang. Kamu bisa kehilangan baju, buku, atau apa aja yang bisa jadi mainan tikus.

Rumah Bisa jadi Sarang Tikus

Tikus kawin dengan cepat. Satu pasangan bisa punya anak banyak banget dalam waktu singkat. Jadi masalahnya makin parah.

Jadi, jangan biarin tikus tinggal di rumah kamu. Kamu mesti segera tindak lanjuti buat ngusir mereka sebelum masalah makin gede.

Semoga trik-trik di atas bisa ngusir tikus dari rumah kamu. Sabar ya, mungkin perlu beberapa percobaan supaya berhasil!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *