Dampak Kenaikan Pajak 75% Pada Industri Hiburan di Indonesia

Opini6 Views

Jadi, baru-baru ini kita kedatangan berita kenaikan pajak gila-gilaan buat industri hiburan di Indonesia nih! Gimana sih dampaknya buat masyarakat? Simak yuk opini dari Cimanggu Bogor!

Harga Tiket dan Produk Hiburan Tambah Mahal

Jelas nih, kenaikan pajak ini bisa bikin harga tiket dan produk hiburan melambung tinggi. Bete deh, udah mah langganan streaming, sekarang malah mesti ngeluarin duit lebih buat karaokean atau konser.

Klub Sepi, Konser Seadanya

Ngebayangin tempat karaoke sepi kayak hantu dan konser sepi penonton itu konyol, tapi kenaikan pajak bisa beneran bikin ini jadi kenyataan! Makin dikit pengunjung, makin suram suasana hiburan kita.

Bisa-Bisanya Kurangi Kreativitas

Udah gitu, buat nge-cover pajak yang lebih gede, industri hiburan mungkin bakal nge-cut budget produksi. Akibatnya, kualitas konten bisa turun dan kita bakal kesulitan nemu inovasi baru.

Lapangan Kerja Berkurang

Percaya nggak percaya, kenaikan pajak bisa jadi alasan perusahaan hiburan buat kurangin karyawan atau nunda rencana rekrutmen baru. Bye-bye lapangan kerja, selamat datang dunia pengangguran!

Indonesia Kehilangan Sorotan Dunia

Kalo industri hiburan kita makin kesulitan karena pajak, bisa aja dong mereka cabut dan pindah ke negara tetangga yang pajaknya lebih ramah. Akhirnya, kita kehilangan kunjungan wisatawan. Ingat, Wisatawan datang ke Indonesia untuk cari hiburan, tapi kalau hiburannya mahal

Intinya, kenaikan pajak ini beneran bikin masalah baru. Semoga aja ada solusi cerdas yang bisa bikin industri hiburan tetep jaya tanpa bikin rakyat tambah susah, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *