Rela Berangkat Subuh – Pulang Malam? Ini 6 Alasan Kenapa Orang Bogor Bekerja di Jakarta

Jarak dari kota Bogor ke pusat kota Jakarta lebih dari 40 km. Jarak yang cukup jauh jika dilakukan setiap hari, tapi kenapa banyak orang bogor yang rela menempuh jarak itu hanya demi untuk bekerja di Jakarta? Cimanggu Bogor mendapatkan kesimpulan setelah mengobrol dengan beberapa teman yang juga sama-sama mengadu nasib di Jakarta.

Lowongan Kerja di Bogor Tidak Sebanyak di Jakarta

Jakarta sebagai pusat ibu kota negara tentu saja menjadi tempat berdirinya perusahaan dan instansi pemerintahan. Tentu jika dibandingkan dengan Bogor, maka sudah jelas lowongan kerja yang ditawarkan tidak akan sebanyak loker di Jakarta. Selain itu, faktor populasi yang lebih sedikit dan diversifikasi usaha yang tidak banyak membuat bogor tertinggal jauh dari Jakarta soal lapangan pekerjaan. Tidak heran, orang yang tidak mendapatkan pekerjaan di Bogor akan mencari ke wilayah sekitarnya, salah satunya ke Jakarta.

Gaji di Bogor Tidak Sebesar di Jakarta

Faktor upah menjadi alasan mengapa orang bogor lebih memilih kerja di Jakarta. Upah di kota metropolitan tentu akan lebih besar karena mengikuti standar hidup orang Jakarta yang dirasa orang cukup mahal. Berbanding terbalik dengan Bogor yang standar hidupnya sedikit tidak terlalu mahal bila dibandingkan dengan Jakarta. Membuat orang bogor berpikir lebih baik jauh sedikit tapi menghasilkan penghasilan yang lebih baik.

Akses Transportasi dari Bogor ke Jakarta yang Banyak, Cepat, Murah dan Nyaman

Setelah melihat dua opsi diatas, maka langkah selanjutnya yang dicermati soal transportasi untuk berangkat dan pulang bekerja. Fasilitas transportasi umum antara Bogor dan Jakarta sudah dipikirkan bahkan jauh sebelum Indonesia merdeka atau bahkan pada zaman kerajaan. Terbukti dengan jejak jalur utama transportasi komoditas pertanian dari pusat kota pakuan dibawah kekuasaan kerajaan pakuan siliwangi ke arah pelabuhan sunda kelapa yang kala itu sebagai pusat perdagangan utama yang sangat mahsyur.

Pembukaan jalur kereta api komersial untuk penumpang dan kargo oleh pemerintahan kolonial belanda antara buitenzorg dengan batavia membuat kawasan ini semakin sangat mudah diakses. Apalagi di era saat ini jalur kereta KRL Bogor Jakarta Kota yang beroperasi dari sebelum subuh hingga dini hari membuat orang bogor makin mudah untuk pergi dan pulang ke jakarta serta cepat karena hanya membutuhkan waktu kurang lebih 1 jam saja.

Harga Rumah Lebih Murah di Bogor Ketimbang di Jakarta

Faktor selanjutnya adalah soal hunian. Semua orang tahu kalau harga hunian di Jakarta sangatlah mahal jika dibandingkan dengan kota tetangganya. Dengan luas wilayah yang lebih besar daripada Jakarta, Bogor masih memiliki lahan yang luas untuk dimanfaatkan sebagai perumahan. Untuk orang yang bergaji UMR tentu saja akan sulit untuk memiliki rumah di Jakarta, sehingga mereka akan lebih memilih kawasan sekitar Jakarta seperti Bogor untuk dijadikan sebagai hunian walaupun mereka tetap bekerja di Jakarta.

Akses ke Berbagai Fasilitas Mewah Ibukota

Orang Bogor bisa menikmati fasilitas masyarakat yang dibuat atau disubsidi oleh pemerintah pusat, pemprov Jakarta atau perusahaan besar yang tidak ada di Bogor. Fasilitas Bus Transjakarta, MRT Jakarta, LRT Jakarta, Taman Kota Senayan, Gelora Bung Karno, Jakarta International Stadium, Monumen Nasional, Grand Indonesia, Central Park, Pantai Indah Kapuk dan lain sebagainya bisa dimanfaatkan oleh Orang Bogor untuk menjalankan aktivitasnya ketika di Jakarta. Orang Bogor tidak akan dilarang menggunakan fasilitas tersebut hanya karena berdomisili di Bogor.

Bersosialisasi Dengan Banyak Orang Serta Mengenal Berbagai Budaya, Bahasa, dan Adat Istiadat

Jakarta sebagai kota multietnis dengan beragam suku di indonesia dan ekspatriat dari berbagai penjuru dunia. Tidak seperti di Bogor yang mayoritas dihuni oleh suku yang homogen. Wawasan kamu akan terbuka melihat beragam budaya serta mau tidak mau harus mempelajari bahasa baik lokal ataupun asing ketika berkomunikasi baik dalam pekerjaan maupun di luar kantor. Banyak informasi baru yang bisa dipelajari dan dimanfaatkan untuk memperoleh kehidupan yang lebih baik.

Jadi kamu tidak perlu heran jika ada jutaan orang dari Bogor yang setiap pagi dan sore hari memenuhi jalan raya dan kereta demi mendapatkan penghasilan yang lebih baik di Jakarta. Terlepas dari alasan di atas, mereka tentunya juga punya alasan pribadi yang bisa jadi berbeda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *