Mengenal Durian Cengal Asli Bogor

Kuliner130 Views

Para pecinta durian di bogor pasti sudah tahu durian lezat yang siap disantap ini. Bukan durian montong, durian bawur, atau juga Musang King. Tapi durian ini datangnya dari Kabupaten Bogor tepatnya di Kampung Cengal Asri, Leuwiliang.

Setiap musim panen durian di kampung ini pasti akan dikunjungi banyak wisatawan terutama emak-emak dari sekitar Kota Bogor. Cimanggu Bogor akan mengulas buah berduri tapi isinya manis ini.

Durian Cengal Bogor

Proses panen durian tidaklah mudah. Banyaknya pohon durian yang menjulang tinggi membuat Kampung Cengal mirip seperti hutan yang diisi dengan pohon berbuah durian.

Kualitas Durian Cengal sangat terjaga karena ditanam dengan sistem organik. Untuk memanen durian ternyata tidak semudah dipikirkan karena harus menyusuri sawah serta rute jalan yang belum diaspal serta lumayan terjal habis hujan yang membuat jalanan menjadi licin. Tentunya harus hati-hati ketika berjalan di kebun durian cengal bogor ini.

Durian Cengal Leuwiliang

Para penjual durian di Kampung Cengal Asri Bogor mayoritas mempunyai kebun pohon durian sendiri sehingga kalau stok sudah habis bisa langsung ke kebun untuk memetik durian di pohon yang belum dipanen.

Pemilik kebun durian akan meminta tolong ke tukang panjat untuk memanjat pohon durian dengan tinggi sekitar 15 meter dengan upah sekitar Rp.150.000 per hari. Jangan coba-coba untuk mengambil durian sendiri karena memanjat pohon durian hanya bisa dilakukan oleh profesional yang sudah punya pengalaman.

Durian Cengal Super

Untuk satu pohon durian hanya dapat diambil maksimal 7 buah durian saja. Khusus untuk durian khas Kampung Cengal ini uniknya tidak dipaksa matang. Sehingga pemilik durian harus nunggu duriannya agar matang sebelum dipanen. Untuk sekali panen durian biasanya para petani memperoleh 50 hingga 100 buah durian.

Jika seluruh durian sudah terkumpul maka tahap selanjutnya adalah dibawa ke warung atau lapak tempat menjual durian menggunakan sepeda motor. Nantinya, para petani bisa langsung menjual ke pembeli. Selain itu, mereka juga mengumpulkan buah durian dari petani lainnya di kampung cengal.

Durian Lokal Bogor

Kebanyakan pembeli berasal dari sekitar jabodetabek. Jika ramai, lapak durian cengal bisa menjual hingga 500 buah dengan omset sampai dengan 25 juta per hari. Kalau kehabisan, tidak perlu khawatir karena di sepanjang jalan kampung cengal banyak penjual durian murah yang memberikan jaminan uang kembali jika rasanya tidak sesuai.

Selain menjual dalam bentuk buah segar, masyarakat kampung cengal juga membuat cemilan berbahan dasar durian seperti oblang atau selai durian dan juga keripik biji durian.

Buah durian asal kampung cengal mengandung nutrisi, lemak, protein, karbohidrat, Vitamin C, dan Vitamin A yang punya beragam manfaat untuk kesehatan tubuh. Hanya saja, Durian punya kadar gula yang tinggi sehingga jangan dikonsumsi berlebihan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *