Ini 5 Alasan Kenapa Bogor Masuk Jabodetabek

Informasi3 Views

Kamu pasti udah familiar dengan istilah Jabodetabek, kan? Tapi, pernah nggak kepikiran kenapa Bogor masuk di dalamnya? Cimanggu Bogor Bakal membahas 5 alasannnya.

Bermula ketika Pemprov DKI Jakarta pada tahun 1977 yang membuat penetapan wilayah penyangga kota yang meliputi bogor, tangerang, depok, dan bekasi. Pembentukan kawasan kota metropolitan ini mencontoh beberapa kota besar di dunia seperti Tokyo dan New York yang sama-sama memiliki masalah urbanisasi serta padatnya penduduk.

Penetapan awalnya ini membuat setiap kepala daerah di kawasan ini harus saling berkoordinasi pada setiap kebijakannya yang meliputi aktivitas industri, perdagangan, dan pemerintahan. Namun, saat ini sudah meluas ke berbagai sektor seperti penanganan banjir, transportasi umum, dan sosial ekonomi.

Selain alasan geografis, ada beberapa alasan lain yang membuat Bogor dimasukan kedalam kawasan metropolitan jabodetabek. Untuk jelasnya, berikut alasannya.

Lokasi Strategis

Bogor punya posisi yang strategis dekat dengan Jakarta. Jaraknya yang nggak terlalu jauh membuat banyak orang Jakarta yang memilih tinggal di Bogor dan bekerja di ibukota.

Koneksi Transportasi

Bukan rahasia lagi, Bogor punya koneksi transportasi yang cukup baik ke Jakarta. Ada commuter line, bus, dan jalur tol yang memudahkan mobilitas antara kedua kota ini.

Pertumbuhan Ekonomi

Pesatnya pertumbuhan ekonomi di Bogor juga membuatnya semakin terintegrasi dengan Jakarta. Banyaknya perkantoran, pusat perbelanjaan, dan pusat bisnis membuat Bogor semakin mirip dengan kota metropolitan lainnya.

Keterkaitan Sosial dan Budaya

Bogor juga punya keterkaitan sosial dan budaya yang kuat dengan Jakarta. Banyaknya orang Jakarta yang tinggal di Bogor dan sebaliknya, membuat kedua kota ini saling berinteraksi secara intens.

Penyediaan Layanan Publik

Sebagai bagian dari wilayah Jabodetabek, Bogor juga mendapatkan akses terhadap berbagai layanan publik yang disediakan oleh pemerintah daerah setempat maupun pemerintah pusat.

Jadi, itulah 5 alasan mengapa Bogor masuk ke dalam wilayah Jabodetabek. Meskipun memiliki keunikannya sendiri, Bogor tetap menjadi bagian integral dari perkembangan wilayah metropolitan Jakarta. Ayo, jaga keindahan dan kebersamaan Bogor kita!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *