Solusi Cara Mengatasi Gabut di Kantor dan Tempat Kerja

Apa yang harus dilakukan saat gabut di kantor menjadi pertanyaan bagi karyawan atau pegawai yang terdaftar bekerja di suatu instansi atau perusahaan tapi tidak terlalu banyak pekerjaan yang dibebankan. Tenang aja, meskipun lagi sepi, Cimanggu Bogor punya cara menghilangkan gabut di kantor!

Belajar Skill Baru

Bukan rahasia lagi, internet adalah gudang pengetahuan. Coba deh manfaatin waktu lowong buat nambah pengetahuan atau keterampilan baru. Bisa ikut kursus online atau baca artikel tentang topik yang kamu minati ataupun berkorelasi dengan pekerjaan kamu yang sekarang. Siapa tahu, ntar pengetahuan barumu bisa jadi modal buat ngasih solusi di masa depan!

Bikin Mejamu Rapih dan Bersih

Sudah pernah liat sekeliling meja dan masih ada yang berantakan? Nah, sekarang waktunya buat ngerapihin meja kamu. Bersihin meja, atur file yang berantakan, dan buang barang-barang yang udah nggak kepake. Lingkungan kerja yang rapi bisa bikin pikiran jadi lebih fokus dan nggak berantakan dilihatnya! Meja kantor yang rapih bisa jadi nilai plus kalau atasan mampir ke tempatmu.

Jalin Pertemanan

Ini waktu yang tepat buat kenalan lebih dekat sama rekan kerja. Ajak mereka makan siang bareng atau sekadar ngobrol santai di pantry. Siapa tau, kamu bisa dapet insight baru tentang proyek atau bagian kerja yang lain! Tapi ingat waktu dan kondisi juga supaya tidak berisik serta obrolan kamu gak bikin orang lain keganggu.

Cari Freelance Sampingan

Kalau nggak ada kerjaan kantor, kamu bisa cari kerja sampingan atau tugas tambahan baik di dalam kantor ataupun diluar kantor. Tanya-tanya sama atasan atau temen kerja apakah ada tugas kecil yang perlu diselesaikan. Selain bisa ngisi waktu juga bisa bikin kamu nunjukin semangat dan kemauan buat bantu di kantor! Kalau untuk diluar kantor, kamu bisa cari ide usaha freelance yang bisa kamu temukan di internet.

Selalu Fleksibel

Yang terakhir, tetep stay flexible dan siap buat ngadepin perubahan. Meskipun sepi sekarang, nggak berarti bakal begitu terus sepanjang hari. Tetep siap dan terbuka buat ngerjain tugas-tugas yang mungkin tiba-tiba muncul. Sambil nunggu, manfaatin waktu luangmu sebaik mungkin buat improve diri dan jaga semangat!

Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Ketika Gabut di Kantor

Saat merasa gabut di kantor, penting banget untuk tetap menjaga profesionalitas meskipun tetap santai. Tapi ada beberapa hal yang wajib dihindari biar nggak bikin situasi makin buruk di tempat kerja dan berujung gabut di rumah. Nah, ini dia beberapa hal yang sebaiknya kamu hindari pas lagi gabut di kantor:

Main Game atau Nonton Video Lucu

Walaupun godaan buat main game online, nonton film, atau nonton video kocak tuh menggoda banget, tapi sebaiknya hindari deh. Nggak cuma bikin kamu kehilangan fokus dari pekerjaan, tapi juga bisa bikin rekan kerja atau atasan mikir kalo kerjaan kamu cuman main game terus.

Tidur atau Nongkrong Terlalu Lama

Saat gabut di kantor pasti bakalan ngantuk, pasti kepikiran buat tidur sebentar di kantor. Lebih baik jangan dilakukan karena kamu bakal keliatan tidak profesional dan bisa bikin reputasi kamu jadi kurang bagus. Selain itu, bisa juga bikin kamu ketinggalan tugas atau meeting penting yang urgent.

Ghibah dan Fitnah

Ketika gabut, seringkali kita jadi suka ngobrolin keburukan orang lain atau nyindir situasi di kantor. Tapi, ini bisa bikin suasana jadi kurang enak dan nggak sehat yang bisa bikin permusuhan di tempat kerja. Jadi, mendingan fokus pada hal-hal yang positif dan konstruktif aja.

Kabur dari Ruang Kerja Tanpa Izin

Godaan buat kabur dari ruangan kantor tanpa izin mungkin besar banget saat lagi gabut. Tapi hal ini sebaiknya jangna dilakukan karena bisa bikin kamu keliatan nggak bertanggung jawab dan kurang profesional. Jadi, komunikasikan dulu sama atasan kalo emang ada urusan penting yang harus dikerjain di luar kantor.

Keterusan Gabut Sehingga Abai akan Tugas dan Tanggung Jawab

Terlalu sering gabut di kantor akan membuat kamu akan malas dan mengantuk sehingga jika tiba-tiba ada tugas dari atasan yang harus segera dikerjakan maka respon tubuh kamu lambat dalam bereaksi yang menyebabkan abai akan tugas serta menunda pekerjaan. Abai akan tugas hanya bakal numpuk masalah di kemudian hari. Jadi, gunakan waktu luangmu untuk menyelesaikan tugas yang tertunda atau bahkan buat strategi baru buat pekerjaan yang lagi berlangsung.

Itulah beberapa hal yang dilakukan saat gabut di kantor dan hal yang tidak boleh dilakukan di tempat kerja. Meskipun lagi gak ada kerjaan di kantor, itu nggak berarti kamu nggak bisa ngapa-ngapain. Manfaatin waktu luangmu buat belajar, rapihin kantor, kenalan lebih dekat sama temen kerja, cari proyek tambahan, dan tetep siap buat ngadepin tugas-tugas mendadak. Siapa tau, dari situ muncul ide brilian yang bisa jadi awal dari kesuksesan kamu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *