5 Tips Agar Tidak Mabuk Perjalanan Saat Naik Mobil dan Bus Ber AC

Disini siapa yang suka jalan-jalan? Naik mobil, kereta, kapal, atau pesawat udara, pasti seru banget.

Tips Agar Tidak Mabuk Perjalanan Jauh Naik Bus

Tapi, ada satu masalah yang suka bikin ribet, yaitu mabuk perjalanan. Mabuk perjalanan bisa bikin kita mual, pusing, sampe pengen muntah.

Biar liburan makin asyik, Cimanggu Bogor akan membagikan cara dan tips agar tidak mabuk perjalanan saat bepergian jauh baik saat naik bus, mobil ber ac, kapal, atau pesawat.

Duduk Dengan Posisi Ternyaman

Pas lagi di mobil atau pesawat, cobain deh cari posisi yang nyaman buat badan kamu. Jangan duduk terlalu dekat dengan roda atau di belakang.

Lebih baik duduk di bagian tengah dan sedikit ke depan. Kalo di kapal, posisi tengah dek atau dekat dengan garis air biasanya lebih stabil.

Ngemil Makanan Ringan

Makanan berat bisa bikin perut jadi kacau dan bikin mual. Jadi, sebelum perjalanan, mending makan makanan yang ringan dulu.

Biskuit, buah-buahan, atau roti gandum bisa jadi pilihan yang tepat. Hindari makanan pedas atau berlemak ya, bisa-bisa bikin perut makin m.

Pandangan Tetap Ke Depan

Nah, yang ini penting banget! Kalo lagi naik mobil atau motor, cobain deh ngeliat ke depan, jangan terlalu sering ngeliat samping kiri-kanan.

Sedangkan Kalo lagi di pesawat, bisa juga loh buka tirai jendela biar kamu bisa ngeliat pemandangan luar. Dengan begitu, otak kamu bakal lebih fokus dan gak gampang mual.

Istirahat yang Cukup

Sebelum perjalanan, pastikan kamu udah istirahat yang cukup ya. Kalo udah lelah, tubuh kita jadi lebih rentan mabuk perjalanan.

Jadi, tidur yang cukup dan jangan terlalu capek sebelum berangkat.

Pakai Aromaterapi

Wangi-wangian tertentu seperti minyak lavender atau peppermint bisa bantu mengurangi rasa mual dan pusing saat perjalanan. Kamu bisa bawa minyak aromaterapi atau gunakan produk-produk yang mengandung bahan-bahan tersebut.

Penyebab Mabuk Perjalanan

Setelah tahu tips perjalanan jauh agar tidak mabuk diatas. Kita juga harus tahu apa penyebab mabuk perjalanan sehingga kita bisa hindari dan lakukan pencegahan.

Gangguan Keseimbangan

Ketika kita naik kendaraan, otak kita harus bekerja keras buat ngatur keseimbangan tubuh.

Hal ini bisa bikin otak kita bingung, terutama kalo gerakan kendaraannya nggak stabil.

Konflik Antar Sensor

Ada konflik antara apa yang dilihat mata dan apa yang dirasain tubuh. Misalnya, kita duduk di dalam mobil yang bergerak cepat, tapi mata kita liatnya cuma dinding-dinding mobil yang diam. Otak jadi bingung, akhirnya mual .

Stres dan Kecemasan Berlebihan

Kadang stres atau kecemasan juga bisa jadi penyebab mabuk perjalanan. Kalo pikiran lagi nggak tenang, tubuh jadi lebih sensitif terhadap perubahan, termasuk gerakan kendaraan.

Perut Kosong Karena Belum Makan

Jangan pernah naik kendaraan dengan perut kosong! Kalo perut kita kosong, asam lambung bisa naik, dan ini bisa bikin kita makin mual saat perjalanan.

Aroma yang Kurang Enak

Bau-bauan di dalam kendaraan juga bisa bikin kita mabuk perjalanan. Mulai dari bau badan penumpang lain, bau bensin atau parfum yang terlalu strong.

Jadi, gak perlu takut lagi deh buat jalan-jalan meski punya riwayat mabuk perjalanan. Dengan beberapa tips agar tidak mabuk perjalanan tadi, kamu bisa menikmati perjalananmu dengan nyaman tanpa gangguan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *