Berjuta Sensasi Air Terjun Di Curug Cigamea Gunung Bunder Bogor

Posted on

Sedang berwisata di daerah Bogor dan bingung untuk mengunjungi tempat selanjutnya? Maka mendatangi daerah Bogor Barat adalah pilihan terbaiknya. Karena disini, tersedia sebuah curug yang memiliki keindahan dan sayang jika dilewatkan. Curug yang dimaksud adalah Curug Cigamea yang terletak di kawasan Gunung Halimun Salak. Curug ini, tidak kalah dengan keindahan curug lainnya karena memiliki ketinggian yang luar biasa dan sayang untuk dilewatkan.

Berwisata dengan mengunjungi curug biasanya hanya dilakukan oleh anak muda. Karena medan yang dilalui sangatlah berat dan membutuhkan tenaga besar. Namun, tidak berlaku untuk Anda yang ingin mendatangi tempat ini.

Karena jalur yang dimiliki tidaklah terlalu sulit dan dijamin mudah untuk dilalui orang tua sekalipun. Lantas aktivitas apa sajakah yang dapat dilakukan di sekitar curug dan pengalaman apa saja yang mungkin didapatkan?

Nikmati Sensasi Air Segar dan Keindahan Alam di Curug Cigamea

Curug ini berada dalam satu area bersama Gunung Halimun Salak atau tepatnya ada pada Desa Gunung Sari, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor. Disinilah pengunjung akan dipuaskan dengan berbagai keindahan alam yang dimilikki kota Bogor. Tidak hanya setelah tiba ditempat tujuan, melainkan saat memijakkan kaki digerbang masuk, pengunjung telah dimanjakan dengan berbagai hal. Karenanya, sangat sayang jika Anda tidak menyempatkan waktu untuk mengunjungi tempat ini.

Sesuai dengan namanya, Curug Cigamea merupakan Curug yang memiliki suara gemuruh besar. Karenanya, semenjak Anda menginjakkan kaki di pintu masuk curug, akan terdengar suara bergemuruh. Suara ini berasal dari suara curug yang memercikkan airnya ke kolam. Hingga akhirnya suara air begitu besar walaupun pengunjung masih harus melanjutkan perjalan cukup jauh dari pintu gerbang.

Sebenarnya, sebelum sampai ke curug ini, pengunjung akan bertemu curug-curug yang lainnya. Seperti, Curug Luhur, Curug Ngumpet, Curug Nangka dan yang lainnya. Jadi, jangan sampai salah ketika menemukan curug-curug disekitar area. Sebelum bertemu dengan curug ini, Anda akan disuguhkan dengan rimbunnya pepohonan. Karena curug berada didalam hutan yang masih rimbun. Hal inilah yang menyebabkan pengunjung dapat menikmati kesegaran udara dan menghilangkan penat dengan segera.

Tidak hanya menikmati pemandangan, disinilah Anda dapat menggunakan kesempatan ini untuk berfoto. Karena tentunya jarang untuk mendapatkan foto yang menawan di kedalaman hutan. Spot-spot yang tersedia di tempat ini juga cukup beragam, jadi sangat cocok untuk dijadikan tempat berfoto. Dan akhirnya dikirimkan ke media sosial. Tidak hanya pepohonan, di tempat ini terkadang akan ditemukan beberapa hewan-hewan. Namun tidak perlu terkejut, karena hewan-hewan ini cukup jinak. Karena sudah terbiasa dengan kehadiran manusia.

Menikmati perjalanan dengan keindahan alam yang menakjubkan, biasanya akan membuat perjalanan tidak terasa. Hingga akhirnya, sudah tiba di tempat tujuan dalam waktu singkat. Pengalaman pertama yang akan dirasakan adalah adanya kekaguman dengan air terjun Cigamea. Karena air terjun di bogor ini memiliki air yang deras dengan tebing-tebing yang cukup tinggi. Selain itu, Anda juga akan bingung karena air terjun ini memiliki dua air terjun. Atau yang kemudian dikenal dengan air terjun kembar.

Walaupun dikategorikan sebagai air terjun kembar, bukan berarti letak air terjun ini bersebrangan. Karena air terjun pertama terletak lebih ke atas, sedangkan yang kedua terletak lebih rendah. Untuk air terjun pertama, Anda harus melakukan pendakian selama beberapa menit. Disini, kebanyakan pengunjung mengabadikannya sebagai spot berfoto. Karena air terjun dikelilingi tebing yang cukup tinggi. Sedangkan untuk aktivitas air, sangat dilarang untuk dilakukan. Karena kolam yang menampung air tidak terlalu besar dan memiliki batu-batu licin. Karenanya, tidak banyak orang melakukan aktivitas air di tempat ini.

Karena air terjun pertama tidak dapat digunakan, maka banyak orang yang beralih ke air terjun kedua. Tidak berbeda jauh dengan air terjun pertama, air terjun ini tergolong tinggi dan memiliki keindahan alam menakjubkan. Dan salah satu aktivitas yang dapat dilakukan disini adalah aktivitas air. Sehingga banyak orang yang melakukan mandi ataupun berenang di tempat ini. Karena alamnya yang masih terjaga, pengunjung akan disambut dengan kehadiran beragam hewan di tempat ini. Salah satunya, kehadiran Monyet kecil yang memiliki tingkah usil nan lucu.

Di Air Terjun Cigamea ini pengelola sudah membuat fasilitas yang cukup lengkap. Karena, sudah tersedia aneka fasilitas yang dapat memuaskan pengunjung. Dimana, jika pengunjung ingin menginap telah disediakan beragam pilihan tempat menginap. Jika memang ingin menikmati kenyamanan, Anda dapat memilih beragam penginapan yang tersedia di Gunung Salak. Sedangkan jika pengalaman menantang, pengunjung dapat memilih menginap di tenda.

Namun, untuk menginap di tenda Anda tidak dapat memilih tempat sembarangan. Karena disini, telah disediakan camping ground untuk para pendaki. Hanya ditempat inilah, pengunjung dapat menginap sedangkan di tempat lain tidak diperkenankan untuk menginap. Karenanya, penting untuk selalu menanyakan, tempat-tempat mana yang dapat dijadikan tempat menginap atau tidak. Jika merasa lapar, tidak perlu khawatir karena disekitar tempat wisata telah tersedia tempat berjualan.

Toko-toko kecil ini dimiliki oleh penduduk setempat dengan bantuan dari pengelola. Ketika pengunjung lelah untuk mencapai tempat wisata, maka tempat inilah pilihan terbaiknya. Untuk sekedar minum kopi dan mengumpulkan tenaga baru, kami rasa tempat ini cukup memadai. Selain menyediakan makanan dan minuman, tempat ini terkadang menjadi tempat istirahat dan menikmati pemandangan. Utamanya, karena tempat ini memberikan penampakan keindahan alam yang tidak kalah menawan dari tempat tujuan utama.

Bagi Anda yang telah lelah dengan perjalanan dan akan pulang, sebaiknya jangan lewatkan kesempatan untuk singgah ke toko souvenir. Tentunya souvenir yang diberikan sangatlah beragam dan cocok untuk dijadikan buah tangan bagi para kerabat dan keluarga. Harga yang ditawarkan sangat beragam, namun dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan. Namun penting untuk diingat, karena disekitar daerah tidak tersedia mesin ATM. Sehingga penting untuk menyedia uang cash untuk berbelanja dan membayar uang parkir.

Setelah mengetahui semua hal tersebut, tentunya Anda penasaran dengan harga tiket masuk ke tempat ini. Untuk mengetahui informasi tersebut, sebaiknya lanjutkan pembacaan dengan membaca artikel ini hingga usai.

Tiket Masuk Air Terjun Cigamea

Hal inilah yang biasanya menjadi pertanyaan saat akan berwisata, karenanya kami menyajikan informasinya untuk Anda. Adapun harga tiket masuk ke tempat ini terbagi menjadi dua. Karena tempat ini berada dalam suatu area wisata lainnya, yaitu Gunung Halimun Salak. Hal inilah yang menyebabkan, penting bagi pengunjung untuk menyiapkan uang cash dengan pecahan kecil. Untuk masuk ke Gunung Halimun Salak, pengunjung harus menyiapkan uang Rp 10.000/orang. Sedangkan untuk ke air terjun dibutuhkan dana Rp 7.000/orang. Sedangkan untuk parkir, siapkan uang Rp 5.000-Rp 10.000/kendaraan.

Bagi para pengunjung, penting untuk diperhatikan agar menjaga kebersihan tempat ini. Agar kelestarian Curug Cigamea tetap terjaga. Selain itu, patuhilah larangan yang ada dalam tempat wisata. Sehingga perjalanan wisata dapat dinikmati dengan nyaman dan keselamatan tetap terjaga.

3 thoughts on “Berjuta Sensasi Air Terjun Di Curug Cigamea Gunung Bunder Bogor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *