Menguak Fakta Misteri Curug Cibeureum Gunung Gede Pangrango

Posted on

Membahas mengenai tempat wisata memang tidak akan pernah ada habisnya. Di Indonesia sendiri ada ratusan tempat wisata baik yang sudah tereksplor maupun yang belum tereksplor secara luas. Bogor merupakan daerah yang terkenal memiliki banyak destinasi wisata alam yang keren, nyaman dan pastinya aman untuk dikunjungi. Salah satu wisata alam Bogor yang menyuguhkan panorama alam yang asri dan mempesona adalah Air Terjun Cibeureum atau lebih dikenal Curug Cibeureum.

Air Terjun Cibeureum merupakan air terjun yang berada pada ketinggian sekitar 1675 meter diatas permukaan laut (1675 mdpl). Tinggi dari air terjun ini kira – kira mencapai 50 meter. Dilihat dari berbagai sisi Air Terjun Cibeureum ini memanglah sangat mempesona.

Apalagi curahan airnya yang cukup deras mampu meningkatkan kesan indah, asri dan mempesona. Pada saat musim hujan, curahan air pada air terjun ini akan berkali lipat lebih deras dari biasanya.

Sejarah Dari Curug Cibeureum

Cibeureum terdiri dari dua kata yakni Ci yang memiliki arti air dan beureum yang memiliki arti merah. Berdasarkan makna tersebut terdapat dua versi asal usul dari Air Terjun di puncak ini. Versi yang pertama yakni berkaitan dengan adanya lumut merah yang tumbuh di dinding – dinding tebing sehingga ketika terkena sinar matahari akan memunculkan warna merah.

Versi kedua yakni karena di zaman dahulu ada pertapa sakti yang bertapa sangat lama hingga berubah jadi batu serta aliran air menjadi merah. Adanya batu besar di tengah air terjun dipercayai sebagai perwujudan dari pertapa sakti.

Lokasi Curug Cibodas

Air Terjun di Cibodas ini memang sudah cukup terkenal, apalagi bagi para pendaki Gunung Gede atau Gunung Pangrango tidak akan lengkap rasanya tanpa mengunjungi curug tersebut. Lokasi dari Air Terjun Cibeureum ini juga sangat strategis karena berada di kaki gunung dari Gunung Pangrango. Selain itu, salah satu air terjun andalan di daerah cipanas ini masih termasuk ke dalam kawasan Taman Nasional Gede Pangrango, Desa Sindang Laya, Kecamatan Pacet, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Indonesia. Sehingga air terjun ini akan sangat mudah untuk anda jumpai di kawasan tersebut.

Harga Tiket Masuk Ke Air Terjun Cipanas

Harga tiket masuk menjadi salah satu informasi penting yang wajib diketahui saat akan berwisata. Salah satu tempat wisata di puncak ini mematok harga untuk tiket masuknya sekitar Rp. 18.500 per orangnya. Selain biaya tersebut, ada biaya lain yang harus anda bayarkan saat berkunjung, karena lokasinya yang masih termasuk ke dalam Taman Nasional Gede Pangrango.

Biaya lainnya yang harus anda bayarkan diantaranya retribusi tiket masuk kawasan cibodas sebesar Rp. 3.000 per orang, parkir motor Rp. 5.000 per motor, parkir mobil atau bus Rp. 20.000 per mobil dan biaya toilet sebesar Rp. 3.000 per orang. Biaya toilet tersebut berlaku bagi anda yang akan membilas tubuh setelah berendam di air terjun cibeureum.

Fasilitas yang Tersedia Di Curug Cibeureum

Air Terjun Cibeureum yang masih satu kawasan dengan Taman Nasional Gede Pangrango membuat fasilitas yang tersedia juga cukup lengkap. Fasilitas – fasilitas tersebut seperti rumah atau warung makan, pos berteduh dan gazebo. Untuk rumah makan berada di sekitar area tiket masuk, sedang pos berteduh dan gazebo berada di jalur pendakian dan sekitar area air terjun. Dengan adanya fasilitas tersebut, anda bisa beristirahat dengan nyaman setelah lelah bermain air.

Bagi anda yang beragama islam juga tersedia fasilitas mushola untuk menjalankan ibadah. Mushola ini cukup bersih, sehingga saat beribadah akan terasa lebih nyaman. Untuk lokasinya, mushola ini berada di area tiket masuk dan disekitar air terjun. Dengan demikian anda bisa dengan mudah menemukan tempat untuk beribadah, tanpa harus jauh – jauh keluar area wisata.

Fasilitas lainnya seperti tempat untuk membilas badan dan toilet juga tersedia di sekitar air terjun. Untuk menggunakannya anda hanya perlu mengeluarkan biaya sekitar Rp. 3.000 per orangnya. Bagi anda yang kedinginan dan membutuhkan kehangatan, tersedia pula kedai kopi disekitar air terjun. Berwisata tentunya tidak akan lengkap tanpa membeli oleh – oleh. Oleh karena itu, disekitar parkiran juga terdapat banyak kios yang menjajagkan oleh – oleh khas dari Air Terjun Cibeureum yang bisa anda beli dengan harga yang cukup terjangkau tentunya.

Tips Berwisata Alam Di Curug Cibeureum

Liburan dengan nuansa alam tentu memerlukan banyak persiapan khusus. Walaupun hanya berwisata di kawasan air terjun, bukan berarti anda tidak melakukan persiapan dengan baik. Apalagi jika anda belum mengetahui medan, jangan sekali – kali berwisata tanpa perencanaan yang cermat. Berikut ini beberapa tips yang bisa anda ikuti saat berwisata di kawasan Air Terjun khususnya yang terletak tidak jauh dari curug ciismun cibodas ini.

  1. Persiapkan Kondisi Fisik Tubuh

Saat berlibur anda harus memastikan jika kondisi fisik tubuh benar – benar fit. Apalagi jika anda berkunjung ke Air Terjun Cibeureum ini, anda harus memiliki fisik yang kuat karena harus berjalan kaki selama 1 jam di jalan setapak. Jika tubuh sedang tidak fit tentu akan sangat mengganggu.

  • Tentukan Waktu Terbaik untuk Berwisata

Waktu yang tepat akan membuat anda lebih relaks dan merasa puas saat berwisata. Waktu berkunjung yang tepat ke curug Cibereum adalah pada weekday atau senin sampai dengan jumat. Hal tersebut dikarenakan pada weekend atau sabtu – minggu lokawisata ini akan dipenuhi oleh wisatawan dan kondisi jalan menuju ke tempat ini seringkali macet sehingga menghambat waktu berwisata anda.

  • Datang di Pagi Hari

Setelah memilih waktu yang tepat untuk berkunjung ke Air Terjun Cibeureum, anda juga harus datang di pagi hari. Mengapa pagi hari? Hal tersebut karena, semakin pagi anda datang maka anda akan semakin puas untuk menikmati dan berkeliling di kawasan air terjun terindah di bogor ini. Untuk jam bukanya, anda bisa berkunjung ke tempat ini mulai dari pukul 08.00 sampai dengan 17.00 WIB.

  • Gunakan Pakaian dan Alas Kaki yang Nyaman

Berwisata di Alam identik dengan berbagai aktivitas outdoor yang akan diikuti. Oleh sebab itu anda harus mengenakan pakaian dan alas kaki yang nyaman agar tidak mengganggu berbagai aktivitas yang dilakukan. Apabila anda ingin bermain air, jangan lupa untuk membawa pakaian ganti dan menggunakan sandal yang tidak licin.

  • Bawalah Obat – Obatan yang Diperlukan

Obat – obatan menjadi barang wajib yang harus anda bawa. Apalagi berbagai obat – obatan pribadi yang tidak di jual secara bebas. Selain itu, obat dan perlengkapan sederhana untuk pertolongan pertama pada kecelakaan juga wajib anda bawa untuk berjaga – jaga.

  • Jangan Buang Sampah Sembarangan

Untuk menjaga keasrian dan kebersihan lokasi air terjun anda juga harus membiasakan diri membuang sampah pada tempatnya. Dengan demikian anda juga berkontribusi dalam melestarikan alam untuk anak cucu kelak.

Demikianlah ulasan mengenai Curug Cibeureum wisata dengan panorama alam yang asri dan mempesona. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk berkunjung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *