Mengenal Sejarah Museum Tanah di Bogor Dengan Beragam Keunikannya

Posted on

Museum Tanah Bogor memiliki perbedaan dengan museum lainnya yang sering anda kunjungi, jika museum pada umumnya menyimpan beragam barang yang memiliki sejarah pada masa lalu untuk mengingatkan masyarakat Indonesia kepada para pejuangnya. Di museum ini yang di pamerkan adalah bukan berupa barang melainkan tanah dengan ukuran lebih sedikit dari seluruh wilayah Indonesia yang di anggap penting.

Selain tanah dalam bentuk makromonolit terdapat juga beberapa benda lain yang menjadi koleksi museum khusus penelitian tanah ini diantaranya seperti peta dengan usia yang sudah cukup tua, bernbagai jenis pupuk, alat untuk menguji keadaan tanah, maket dan juga alat survey tanah. Jika anda memiliki ketertarikan untuk mengetahui ilmu tanah lebih dalam maka sangat di rekomendasikan untuk melakukan kunjungan ke museum ini.

Tidak hanya menampilkan mikromonolit tanah dari berbagai wilayah yang di anggap penting dan memiliki sejarah di Indonesia, museum tanah Bogor juga menunjukan bagaimana caranya para ahli mengambil tanah dari seluruh wilayah bagian negara Indonesia, yang kemudian di proses ke dalam bentuk mikromonolit.

Lokasi Tempat Museum Tanah Bogor

Museum ini terleak di Bogor lebih tepatnya di Jalan Ir. H. Juanda dengan No. 39, setelah sekian lama di tutup kini museum tanah Bogor kembali di buka bagi masyarakat secara umum. Ini merupakan suatu kesempatan emas bagi anda untuk menambah wawasan mengenai jenis serta keunikan tanah yang terdapat di seluruh wilayah bagian negara Indonesia.

Untuk menuju lokasi museum tanah berada sangatlah mudah untuk di temukan, bagi anda yang belum mengenal wilayah Bogor mungkin akan sedikit kesulitan untuk menemukannya. Maka salah satu solusinya dengan menggunakan aplikasi maps di smartphone anda, pilihlah rute perjalanan dengan jarak tempuh yang lebih cepat.

Gedung yang di gunakan sebagai museum yang dekat dengan kebun raya ini dulunya merupakan tempat institute bodemkunding pada tahun 1942, kemudian sekitar tahun 1988 lebih tepatnya pada tanggal 29 september tempat ini di resmikan menjadi balai penelitian dan juga museum tanah.

Berbagai Koleksi Museum Penelitian Tanah Kota Bogor

Seperti yang telah di paparkan sebelumnya bahwa museum tanah ini menyimpan banyak sekali sampel tanah dari seluruh wilayah negara Indonesia yang di anggap memiliki nilai tertentu. Selain itu museum ini juga memiliki koleksi lainnya, adapun beberapa koleksi tersebut adalah sebagai berikut :

Monolit Tanah

Monolit merupakan contoh tanah yang kemudian di awetkan dan hal ini di lakukan dengan sengaja di buat untuk membantu masyarakat dalam mengenal jenis-jenis tanah. Monolit tanah yang di buat di ambil dari seluruh wilayah negara Indonesia yang tentunya memiliki kepentingan tersendiri.

Monolit ini tentunya sangat di perlukan bagi masyarakat yang penasaran dan ingin mengetahui bagaimana bentuk serta keadaan tanah yang terdapat di seluruh penjuru negara Indonesia, terlebih khususnya bagi para mahasiswa atau orang – orang yang berkecimpung dalam jurusan tanah pastinya monolit ini dapat membantu sekali.

Diorama Ekosistem

Diorama merupakan miniatur dari suatu kejadian yang suguhkan dalam bentuk 3 dimensi, di museum tanah terdapat diorama ekosistem yang akan menyajikan bagaimana keadaan ekosistem tanah di Indonesia dalam bentuk yang lebih menarik dan membuat siapa saja yang melihat dapat membayangkannya.

Diorama ekosistem ini suatu terobosan yang di buat oleh museum tanah Bogor, selain dapat menyajikan bagaimana keadaaan ekosistem tanah Indonesia tampak real dengan adanya diorama ini juga akan dapat membuat jumlah pengunjung yang dating menjadi lebih meningkat.

Soil Test Kit

Alat yang di gunakan peneliti untuk menguji bagaimana keadaan serta kesuburan tanah di sebut dengan soil kit, selain itu soil kit juga dapat mendeteksi berapa jumlah cacing tanah yang terdapat di wilayah tersebut. Ketika jumlah cacing tanah di wilayah tersebut banyak maka dapat di pastikan tingkat kesuburan tanah sangatlah baik.

Akan tetapi jika keadaan yang terdapat di lapangan sebaliknya maka dapat di simpulkan bahwa keadaan tanah tersebut kurang subur, oleh karena itu peneliti harus menemukan solusi untuk membuat tanah yang terdapat di wilayah tersebut lebih subur lagi.

Peta Sumber Daya Lahan

Koleksi dari museum tanah Bogor juga terdapat peta sumber daya lahan, terdapat banyak sekali kegunaan serta manfaat dan pengetahuan yang akan di dapat dengan mempelajari peta sumber daya lahan. Peta yang menjadi koleksi di museum tanah juga sudah ada sejak jaman dahulu, kemudian sekarang di museumkan untuk di pelajari para generasi muda.

Dengan hadirnya koleksi peta sumber daya lahan pada zaman dahulu yang di pamerkan di museum tanah ini, maka para pengunjung akan mengetahu bagaimana keadaan sumber daya yang tersedia di seluruh pelosok negeri ini pada masanya, selain itu untuk di ambil pelajaran bagaimana mengembangkan sumber daya lahan pada masa sekarang.

  • Biodiversitas Organisme Tanah

Biodiversitas organisme tanah merupakan salah satu cara ataupun metode yang di gunakan untuk mempertahankan dan juga meningkatkan fungsi dari tanah hal ini biasanya di lakukan agar dapat menopang ke hidupan yang terdapat di atas tanah maupun di dalam tanah itu sendiri.

Proses biodiversitas organisme tanah juga saling berkaitan dengan proses soil test, dengan berbagai koleksi yang terdapat di museum ini maka untuk anda para mahasiswa jurusan tanah sangat wajib untuk mendatanginya. Akan ada banyak sekali manfaat dan juga pembelajaran yang dapat anda ambil dengan berkunjung ke museum tanah Bogor.

Harga Tiket Masuk Ke Museum Tanah Bogor

Jika anda memiliki minat untuk berkunjung ke museum ini maka tidak perlu untuk di tunda-tunda lagi, harga tiket masuk yang harus di bayar oleh para pengunjung yang ingin memasuki area museum di jalan juanda ini sangatlah terjangkau, jika di bandingkan dengan berapa banyak ilmu serta pengalaman yang akan anda dapatkan dari kunjungan ke museum tanah ini.

Selain Laboratorium Voor Agrogeologie En Grond Onderzoek ini bogor juga memiliki banyak museum lainnya seperti halnya museum peta ,jika anda mengetahui bahwa Bogor hanya memiliki tempat wisata seperti puncak dan tempat wisata lainnya, maka anda harus secepatnya mencoba untuk sesekali mengajak keluarga berlibur ke museum.

Terdapat banyak sekali keuntungan yang akan anda dapatkan jika berkunjung ke Museum Tanah Bogor ini, melihat bagaimana keadaan tanah dari seluruh wilayah negara Indonesia dan mengetahui apa saja kelebihan- kelebihan tanah tersebut yang tentunya berbeda anatar satu tanah dengan tanah lainnya. Anda juga dapat melihat bagaimana cara kerja peneliti untuk mengetahui keadaan suatu tanah dalam kualitas yang subur atau tidak.

Mengisi waktu liburan memang sangat identik untuk pergi ke kawasan wisata, akan tetapi tidak ada salahnya jika anda membuat liburan kali ini menjadi lebih bermakna dengan mengunjungi museum koleksi tanah. Untuk anda para siswa yang akan study tour juga ini merupakan salah satu referensi tempat yang sangat di anjurkan untuk di datangi, karena sudah mainstream sekali jika study tour ke Yogyakarta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *