Sejarah Singkat Berdirinya Museum Kepresidenan RI Balai Kirti Bogor

Posted on

Di Bogor memang ada banyak museum yang dapat membuat para pengunjung dapat mengenang sejarah sebelum kemerdekaan, salah satu museum yang wajib untuk dikunjungi yaitu Museum Kepresidenan RI Balai Kartini yang menyimpan banyak cerita sejarah. Biasanya museum ini memang menjadi tujuan wisata anak sekolah yang memiliki tujuan agar generasi muda lebih mencintai sejarah negara sendiri.

Museum di Bogor ini memang salah satu wujud penghormatan kepada para presiden RI. Apabila Anda mengunjunginya maka akan melihat berbagai patung presiden dari yang pertama sampai yang sekarang. Tentunya, museum yang satu ini juga memiliki fungsi edukasi yang membuat anak-anak lebih memahami sejarah di negara Indonesia.

Nah, Anda pastinya bertanya-tanya mengapa namanya museum Kepresidenan “Balai Kirti”, ternyata dua suku kata tersebut memiliki arti tersendiri yaitu tempat penyimpanan kemasyhuran yang telah diresmikan oleh presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada tanggal 14 Oktober 2014.

Keindahan Museum Kepresidenan RI Balai Kirti, Bogor

Sekarang ini tempat wisata Museum presiden istana bogor memang sudah tidak terlalu diminati untuk dikunjungi secara umum karena banyak wisatawan yang lebih suka berkunjung untuk mendapatkan spot foto bagus, sedangkan di Museum Anda dapat mengenang berbagai sejarah. Ini dia keindahan yang dapat Anda jumpai di Museum yang terdapat di dalam istana bogor ini.

  1. Galeri Kebangsaan, Apabila Anda sudah mengunjungi museum presiden indonesia maka akan melihat berbagai galeri kebangsaan yang berisi foto-foto para presiden RI dengan berbagai penghargaan yang dimilikinya. Oleh karena itu, akan membuat para pengunjung lebih mengetahui apa saja prestasi yang dilakukan oleh presiden RI dari yang pertama hingga presiden sekarang.
  2. Enam Patung Perunggu Presiden, Berikutnya Anda juga dapat melihat keindahan museum kepresidenan dari enam patung perunggu presiden. Tentunya, patung tersebut secara fisik memang disesuaikan dengan bentuk fisik para presiden republik Indonesia. Nah, keenam patung tersebut berdiri secara berjejer sesuai dengan urutan tahun menjabat sebagai presiden.
  3. Naskah Proklamasi, Anda juga akan menjumpai naskah proklamasi kemerdekaan yang asli di museum kepresidenan. Tentunya, dengan membaca naskah tersebut maka para pengunjung akan lebih mengetahui bahwa perjuangan para pahlawan dahulu memang sangatlah panjang. Sebagai generasi penerus bangsa seharusnya dapat menjadi penerus yang berguna bagi kehidupan nusa dan bangsa.
  4. Lambang Negara, di museum Balai Kirti Anda juga akan menjumpai lambang negara Indonesia yaitu burung Garuda. Keindahan lambang negara tersebut juga dapat Anda jadikan sebagai spot foto. Tentunya, berbagai sejarah kemerdekaan Indonesia RI hingga sekarang dapat Anda jumpai di museum Balai Kirti.
  5. Pembukaan UUD 1945, Anda pastinya sudah mengenai UUD 1945 bukan? biasanya pembukaan UUD 1945 memang selalu dibaca saat upacara di sekolah. Apabila Anda menjumpai teksnya yang asli di Museum Balai Kirti maka tak akan merasa asing lagi. Nah, tentunya hal tersebut memang harus diperkenalkan kepada anak-anak sebagai generasi muda memang harus memiliki rasa cinta tanah air.
  6. Pancasila, Selanjutnya Anda juga akan menjumpai teks Pancasila di Museum Kepresidenan ini, tentunya teks tersebut juga yang original atau asli. Tentunya, pancasila sebagai dasar negara memang sudah harus di hafal oleh setiap generasi penerus bangsa. Dengan demikian maka Anda akan lebih mengetahui makna dari Pancasila.
  7. Teks Sumpah Pemuda, Ketahuilah bahwa teks sumpah pemuda juga harus Anda ketahui bahkan juga dihafal dan dipahami agar dapat menumbuhkan cinta tanah air kepada bangsa dan negara agar dapat selalu berkeinginan untuk membuat bangsa menjadi lebih maju. Biasanya sebagian besar orang tidak terlalu memperhatikan sumpah pemuda, padahal makna yang dimilikinya memang harus dipahami dan diketahui.
  8. Lagu Kebangsaan Indonesia Raya, Ketika Anda mengunjungi museum Balai Kirti juga akan menjumpai teks lagu kebangsaan Indonesia Raya yang sangat besar. Tentunya, sebagai lagu kebangsaan memang harus dihafal oleh setiap warga negara, tak hanya itu tetapi Anda juga harus lebih memahami makna dari lagu kebangsaan Indonesia Raya.

Setelah mengetahui keindahan Museum Kepresidenan Balai Kirti RI yang menyimpan banyak sejarah tentunya dapat dijadikan sebagai salah satu media edukasi yang tepat untuk diajarkan kepada generasi penerus bangsa.

Keunikan Museum Kepresidenan Balai Kirti

Selain memiliki keindahan, ketahuilah bahwa museum kepresidenan Balai Kirti juga mempunyai keunikan tersendiri dari berbagai media yang terdapat didalamnya, nah untuk mengetahui lebih jelasnya ketahui informasinya di bawah ini.

  • Peta Digital

Salah satu keunikan yang dapat Anda jumpai di museum kepresidenan yaitu adanya peta digital seluruh wilayah di Indonesia yang harus Anda ketahui. Tentunya, Anda tidak dapat menemukan jenis peta digital di berbagai museum yang lainnya. Oleh karena itu, peta digital memang menjadi keunikan yang dimiliki oleh museum kepresidenan Balai Kirti. Tapi jika anda ingin melihat peta tanah bisa datang ke museum tanah bogor.

  • Ruang Audio Visual

Berikutnya ketika Anda berkunjung ke Museum Balai Kirti Anda juga akan menjumpai ruang audio visual yang memiliki berbagai momen atau film bersejarah yang memang harus diketahui oleh para pengunjungnya. Tentunya, dengan menonton film sejarah dapat membangkitkan nuansa para generasi penerus bangsa untuk lebih mencintai tanah air.

Koleksi Karya atau Penghargaan Presiden RI

Sudah dijelaskan sebelumnya bahwa di museum Balai Kirti ini Anda dapat melihat hasil koleksi dari karya ataupun penghargaan presiden RI yang perlu diketahui para pengunjung bahwa presiden telah melakukan berbagai cara yang membuat bangsa lebih maju. Jika ingin melihat koleksi alam indonesia bisa mengunjungi museum sejarah alam indonesia yang tidak jauh dari kawasan istana.

Kisah Perjalanan Kepemimpinan Presiden

Di museum kepresidenan Anda juga dapat melihat kisah perjalanan kepemimpinan presiden. Tentunya keenam presiden memiliki cerita perjalanan yang berbeda-beda sehingga harus diceritakan kembali agar menjadi suatu cerita dokementer yang penting untuk diketahui.

  • Memorabilia lukisan

Berikutnya, terdapat memorabilia lukisan-lukisan bersejarah yang dapat dijadikan sebagai sarana ataupun media untuk menceritakan kehidupan sebelum merdeka. Bahkan, terdapat pula beberapa lukisan presiden dan pahlawan yang berjasa untuk negara Republik Indonesia.

  • Album foto digital

Tidak hanya foto digital, tetapi Anda juga dapat melihat album digital tentang perjalanan keenam presiden di Indonesia. Tentunya, hal tersebut bertujuan agar pengunjung lebih mengetahui bahwa para presiden memang telah melakukan berbagai cara yang berjasa untuk kemajuan negara RI.

  • Video Wall

Berikutnya, Anda juga dapat melihat video wall ataupun video di dinding yang menceritakan berbagai sejarah kehidupan di masa lalu hingga sekarang ini. Anda dapat memastikan bahwa video tersebut menyimpan banyak sejarah. Adapun bila ingin melihat perjuangan pasukan pembela tanah air bisa sekaligus mampir ke museum peta bogor.

Lokasi Museum Kepresidenan Balai Kirti

Lokasi Museum Kepresidenan Balai Kirti terletak di Kompleks Istana Kepresidenan Bogor Jl. Ir. H. Juanda No.1 Bogor. Jam Kunjung Museum Kepresidenan Balai Kirti hari Selasa sampai Jumat pukul 09.00 – 15.00 WIB sedangkan hari Sabtu sampai Minggu, Pukul 09.00 – 13.00 WIB, Senin dan Hari Libur Nasional Tutup.

Nah, itulah seputar informasi mengenai Museum Istana Kepresidenan Bogor yang menyimpan banyak sejarah yang dapat menjadi media edukasi untuk para generasi penerus bangsa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *