Melihat Pengawetan Hewan yang ada di Museum Zoologi Bogor

Posted on

Museum Zoologi berada di sekitar Kebun Raya Bogor. Tempat tersebut merupakan salah satu destinasi wisata terkenal yang ada di kota bogor. Ada berbagai jenis wisata edukasi di dalamnya, antara lain yaitu koleksi tanaman yang jumlahnya cukup banyak dan juga terdapat sebuah museum fauna.

Karena keunikan yang dimiliki, banyak wisatawan yang berkunjung terutama saat weekend atau hari besar lainnya. pada umumnya, wisatawan yang berkunjung ke museum tersebut berasal dari kalangan anak-anak, pelajar, mahasiswa, guru, dosen hingga orang tua.

Pengetahuan secara mendetail mengenai flora dan fauna bisa Anda peroleh sekaligus disana. Untuk lebih jelasnya, yuk simak penjelasan berikut ini.

Latar Belakang Sejarah Berdirinya Museum Zoologi

J. C. Koningsberger adalah tokoh utama yang membuat gagasan berdirinya museum yang beralamat di jalan juanda ini. Beliau merupakan ahli botani yang bertempat tinggal di Belanda dengan kewarganegaraan Jerman. Museum ini didirikan pada tahun 1894, yang digunakan sebagai laboratorium zoologi, tempat penelitian berbagai macam jenis flora dan fauna serta masih banyak lagi kegiatan yang bisa Anda lakukan disana.

Dahulu, tempat unik ini dinamakan sebagai Landbow Zoologisch Laboratorium. Akan tetapi seiring dengan bergulirnya waktu, nama tersebut diubah menjadi museum zoologi. Karena nama tempat tersebut diubah, maka fungsi beserta kegunaannya ikut berubah dan menyesuakan dengan namanya. Ada berbagai macam kegiatan yang dapat dilakukan disana seperti inventarisasi fauna, kegiatan berwisata, menambah pengetahuan, mempelajari lebih dalam tentang flora dan fauna.

Apa Saja Yang Bisa Ditemukan Disana?

Jika Anda berkesempatan untuk bisa mengunjungi kota Bogor atau bahkan kebun raya bogor , jangan sampai tidak berkunjung di museum zoologi. Ada apa saja disana? Disana terdapat berbagai macam kerangka yang diawetkan dan juga beberapa hewan yang juga diawetkan. Bermacam jenis fauna tersebut diantaranya yaitu mamalia, ikan, serangga, kepiting, burung, reptil. Disana juga terdapat salah satu jenis hewan yang menjadi favorit atau ikon museum yaitu paus biru yang merupan mamalia terbesar di belahan dunia.

Letak Museum Zoologi

Museum zoologi terletak di jalan Ir. H. Juanda, Nomor 9, Bogor Kota. Untuk bisa menuju ke sana, Anda bisa menggunakan jalur yang sudah disediakan. Ada dua jalur masuk pengunjung yang berbeda. Jika pengunjung menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat, Anda bisa langsung menuju pintu masuk satu. Tetapi, bagi wisatawan yang berjaan kaki, Anda akan masuk pada pintu yang berbeda.

Setelah memasuki kebun raya Bogor, Anda masih harus berjalan ke arah belakang tempat wisata tersebut untuk menemukan museum di bogor itu. Karena letaknya yang berada paling belakang, maka Anda harus melewati jalan yang berada di kedua gedung. Gedung yang dimaksud yaitu Treub laboratorium dan guest house nusa indah. Setelah berjalan melewati jalur, Anda akan sampai ke tempat tujuan yang diinginkan.

Jadwal Berkunjung Dan Harga Tiket

Sama seperti tempat wisata lain, museum zoologi juga memiliki jadwal berkunjung bagi wisatawan dalam negeri maupun luar negeri. Pada hari Sabtu hingga hari kamis, tempat wisata buka mulai dari pukul 08.00 sampai dengan 16.00 WIB. Sedangkan untuk hari jumat, jadwal buka mulai dari 08.00 hingga 11.00 pagi. Saat libur nasional, museum ini beroperasi mulai dari pukul 08.00 sampa 17.00 sore hari.

Untuk tiket masuk wisata, ada beberapa kategori yang diberikan. Bagi wisatawan dalam negeri, harga tiket kurang lebih Rp15.000 per orang. Sedangkan untuk wisatawan asing, harga yang diberikan yaitu Rp26.000 per orang. Tiket yang dijual tersebut sudah termasuk tiket masuk ke kebun raya bogor untuk semua spot wisata di dalamnya. Harga yang diberikan termasuk ke dalam kategori murah karena Anda bisa menikmati semua tempat yang tentunya sangat bagus untuk dikunjungi.

Informasi Detail Tentang Museum

Arsitektur bangunan museum ini dibuat dengan suasana klasik khas jaman dahulu. Bangunan museum zoologi masuk dalam kategori luas yaitu sekitar 1.000 meter persegi dan terbagi menjadi tujuh ruang yang digunakan untuk memajang dan memperkenalkan berbagai macam jenis fauna yang tersebar diberbagai negara.

Dengan adanya beberapa ruangan tersebut, koleksi fauna yang dimiliki museum bisa dipajang dan dipamerkan kepada pengunjung yang hendak melihat. Walapun bangunan ini terbilang lama dan tua, akan tetapi kondisi gedung dan peralatan serta berbagai macam koleksi fauna di dalamnya masih sangat kokoh dan bagus kualitasnya.

Galeri disetiap ruangan yang ada dalam museum didesain khusus agar terlihat unik dan menarik perhatian pengunjung. Lampu atau penerangan dalam ruangan memang sengaja dibuat redup dan cenderung suram atau samar-samar. Alasannya karena dengan kondisi penerangan tersebut, maka warna asli dari koleksi fauna tidak menjadi pudar atau terhindar kerusakan.

Ikon Museum Zoologi

Biasanya disuatu tempat wisata, terdapat daya tarik tersendiri yang dimiliki untuk menarik perhatian masyarakat agar penasaran dan ingin berkunjung ke tempat wisata tersebut. salah satu daya tarik yang terkenal di museum zoologi adalah fosil atau kerangka ikan paus biru.

Nama latin dari ikan paus biru yaitu Balaenoptera musculus dengan panjang kerangka mencapai 26 meter dan mempunyai berat kerangka sekitar 6.390 kilogram. Bisa Anda bayang berapa berat ikan tersebut jika masih hidup atau utuh. Oleh sebab itu, tidak heran lagi jika ikan paus biru merupakan satu-satunya jenis mamalia terbesar sedunia.

Koleksi Fauna Lain

Selain ikan paus biru, Anda dapat melihat jenis fauna lain yang dipajang di museum zoologi. Fauna yang dipamerkan kebanyakan berasal dari dalam negeri, walaupun ada beberapa jenis hewan yang berasal dari luar negeri. Jenis fauna yang dipajang tersebut diantaranya yaitu simpanse, burung kasuari, berbagai macam jenis ikan, serangga, reptil, mamalia, trenggiling, landak dan sebagainya. Dari kesemua jenis hewan yang dikoleksi, ada sebagian yang sudah sangat sulit ditemukan di habitat aslinya atau hampir punah. Jika ingin melihat koleksi alam indonesia bisa datang ke museum etnobotani .

Manfaat Yang Bisa Anda Peroleh

Pada setiap kunjungan wisata, tentunya terdapat beberapa manfaat positif yang bisa diperoleh wisatawan. Adapun manfaat yang akan Anda dapatkan jika mengunjungi museum zoologi diantaranya yaitu :

  • Pengetahuan baru

Jika sebelumnya Anda tidak banyak mengetahui jenis fauna yang tersebar di Indonesia dan sekitarnya, maka dengan mengunjungi museum zoologi, pengetahuan Anda mengenai fauna akan semakin luas dan beragam.

  • Spot foto dan selfie

Bagi Anda yang ingin eksis di sosial media atau yang mempunyai hobby berfoto, objek wisata museum ini sangat cocok untuk dipilih karena unik dan terdapat banyak jenis fauna yang bisa Anda ajak foto bersama untuk diunggah.

  • Wisata edukasi

Selain berwisata dengan keluarga dan teman-teman atau sannak saudara untuk mengisi liburan serta menghilangkan penat, Anda juga dapat pelajaran edukasi baru yang jarang di temukan di tempat lain.

Bagi Anda warga Bogor atau sedang mengunjungi Kota Bogor, jangan sampai lupa untuk berkunjung ke tempat bermain anak sekaligus untuk menambah wawasan serta pengalaman liburan bersama keluarga atau orang tersayang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *