Patung Buddha Terbesar se-Indonesia di Vihara Buddha Dharma & 8 Pho Sat

Posted on

Salah satu vihara bogor ini merupakan tempat ibadahnya seluruh umat buddha terutama yang berada di sekitar wilayah parung, selain merupakan tempat untuk beribadah dan memanjatkan segala doa vihara ini juga di jadikan tempat untuk wisata religi. Para wisatawan yang datang pun dari berbagai kalangan tidak hanya umat buddha saja.

Banyaknya para wisatawan yang berkunjung ke Vihara terkenal di bogor ini dikarenakan banyak sekali hal-hal unik di dalamnya, seperti terdapat patung buddha terbesar dengan panjang sekitar 18 meter dan tingginya sekitar 5 meter. Patung tersebut juga di lapisi dengan emas murni, hal ini akan membuat siapa saja yang melihatnya takjub.

Walaupun tempat ini dijadikan sebagai salah satu tempat wisata yang di rekomendasikan, tetapi ada beberapa hal yang harus di perhatikan oleh pengunjung jika ke vihara buddha ini. Seperti menjaga sikap dan juga kesucian vihara, anda ketahui sendiri bahwa selain di jadikan tempat untuk berwisata vihara ini merupakan tempat ibadahnya para umat buddha.

Harga Tiket Masuk Ke Sleeping Buddha Bogor

Vihara Buddha Dharma 8 Pho Sat terletak di Kabupaten Bogor, akan tetapi untuk lokasi yang lebih tepatnya terletak di Jl. PWRI Tajur Halang Tonjong dengan No. 53. Jika anda ingin memasukan vihara ini kedalam daftar kunjungan anda ketika berlibur, maka itu merupakan ide yang sangat bagus dengan datang ke vihara ini anda tidak hanya sekedar berlibur tetapi juga menambah ilmu pengetahuan serta wawasan anda mengenai ajaran buddha.

Untuk memasuki Vihara di parung ini anda tidak di kenakan biaya tiket masuk alias gratis, vihara ini di buka untuk umum dari mulai jam 07.00 sampai dengan 22.00 WIB. Untuk hari-hari keagamaan tertentu vihara akan tertutup untuk umum, jika anda berkunjung ke vihara ini maka anda akan disambut dengan sangat baik walaupun hanya sekedar wisatawan yang bukan merupakan umat buddha itu sendiri.

Ada beberapa cara dan rute perjalanan yang dapat anda lalui ketika ingin sampai ke lokasi vihara yang memiliki banyak keistimewaan ini, salah satunya ketika rute perjalanan anda di mulai dari Parung Bogor maka anda harus naik angkutan umum dan berhenti di dekat makam giri tama. Selanjutnya untuk sampai ke lokasi anda bias menaiki ojek dengan tarif sekitar Rp. 10.000 atau bisa juga di tempuh dengan cara berjalan kaki yang membutuhkan waktu sekitar 20 menit untuk sampai di tempat tujuan.

Keunikan Yang Terdapat Di Vihara Buddha Dharma & 8 Pho Sat

Lokasi buddha tidur sekarang ini sangat banyak di kunjungi oleh para wisatawan baik masyarakat Bogor ataupun dari sekitar wilayah Bogor, hal ini di karenakan terdapat berbagai keunikan serta keindahan yang di miliki vihara buddha darma ini. Adapun beberapa keunikan tersebut diantaranya sebagai berikut :

  1. Patung Sleeping buddha

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa di dalam vihara buddha dharma ini terdapat patung sleeping buddha yang memiliki ukuran sangat besar, patung ini memiliki panjang sekitar 18 meter dengan tinggi 5 meter.

Bagi anda yang ingin melihat patung buddha dengan ukuran besar sekarang tidak perlu jauh – jauh pergi ke Thailand, karena di Bogor juga terdapat patung sleeping buddha dengan ukuran yang sangat besar. Sleeping buddha indonesia ini diresmikan oleh departemen agama RI sejak tahun 2012, akan tetapi untuk pembangunan vihara sendiri sudah selesai sejak tahun 2010.

  • Termasuk Ke Dalam 5 Patung Tidur

Patung buddha berbaring sendiri merupakan patung buddha yang sangat identik dengan negara Thailand, patung di negara asalnya memiliki ukuran yang jauh lebih besar yaitu dengan panjang sekitar 45 meter dan juga dengan ketinggian sekitar 15 meter maka tidak heran banyak sekali para wisatawan dari berbagai negara yang penasaran dan juga ingin melihat secara langsung patung buddha tidur tersebut.

Akan tetapi bagi masyarakat Indonesia yang ingin melihat bagaimana bentuk patung buddha tidur dengan ukuran yang sangat besar tidak perlu jauh-jauh dan mengeluarkan budget yang banyak untuk pergi ke Thailand, hal ini di karenakan terdapat 5 patung buddha tidur yang salah satunya berda di vihara buddha dharma dan 8 pho.

  • Terbuka Untuk Umum

Vihara sendiri merupakan tempat beribadah umat buddha yang tentunya harus di hormati, akan tetapi vihara buddha dharma ini terbuka bagi siapa saja yang ingin berkunjung atau sekedar berwisata untuk melihat patung sleeping buddha. Tentunya kita sebagai pengunjung harus menjaga sikap.

Bagi anda yang bukan merupakan umat buddha tetapi ingin mendatangi tempat ini untuk melihat indahnya patung reclining buddha tidak akan di kenakan biaya tiket masuk semuanya gratis, selain itu anda juga bebas mengambil foto dan berkeliling untuk melihat – lihat keadaan di vihara.

Hal-Hal Yang Harus Di Perhatikan Jika Ke Vihara Buddha Dharma & 8 Pho Sat

Dikarenakan vihara merupakan tempat beribadah maka seharusnya anda sebagai pengunjung menjaga kesuciannya, adapun beberapa hal yang harus di lakukan serta di perhatikan jika anda memutuskan untuk berkunjung ke vihara buddha ini. Berikut ini merupakan hal- hal yang harus di perhatikan oleh para wisatawan yang berkunjung :

  1. Menjaga Kebersihan

Ketika anda akan memasuki vihara maka diharuskan untuk mencuci kaki dan juga kedua telapak tangan, hal ini di lakukan dengan cara membasuhnya dengan menggunakan air yang telah di sediakan. Ini di lakukan untuk tetap menjaga kebersihan di vihara tersebut, karena selain menjadi tempat untuk kunjungan wisata vihara juga merupakan tempat ibadah bagi umat buddha.

  • Melepas Alas Kaki

Vihara merupakan tempat ibadah yang sudah sepatutnya anda jaga kesuciannya, maka dari itu jika anda ingin melihat patung buddha tidur dari dekat dan ingin berfoto di depannya maka anda harus membuka alas kaki terlebih dahulu. Alas kaki hanya boleh di pakai di area parkir vihara dan juga di area halaman, selain untuk menjaga kesucian vihara dengan melepas alas kaki juga di lakukan sebagai bentuk penghormatan.

Pengambilan Gambar Di Area Vihara

Tidak ada batasan bagi anda yang ingin mengabadikan setiap momen yang terdapat di vihara ini, anda boleh memotret di depan patung buddha tidur ataupun memotret orang yang sedang beribadah. Akan tetapi ada beberapa peraturan yang harus di lakukan seperti tidak menyalakan flash dan juga suara kamera. Lihat juga tempat beribadah agama lainnya seperti Pura Parahyangan Agung Jagatkarta

Vihara Buddha Dharma & 8 Pho Sat merupakan salah satu tempat ibadah yang memiliki stuktur bangunan yang sangat indah, maka tidak heran banyak para wisatawan yang berbondong-bondong untuk berkunjung ke vihara ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *