Jelajah Keindahan Curug Ciburial Babakan Madang

Posted on

Di Indonesia obyek wisata terbagi menjadi dua yaitu wisata alam dan buatan. Seperti namanya, obyek wisata alam yaitu berasal dari alam atau tidak diciptakan oleh manusia. Sedangkan obyek wisata buatan sengaja dibuat oleh manusia untuk tujuan tertentu.

Ada banyak obyek wisata alam yang tersebar di Indonesia salah satunya adalah curug ciburial. Curug merupakan air terjun yang memiliki tinggi lebih rendah atau lebih kecil.

Curug sendiri berasal dari bahasa Jawa yang berarti air yang deras. Ada banyak curug yang tersebar di Jawa Barat khususnya Kota Bogor seperti Leuwi Hejo, Cibaliung dan masih banyak lagi. Namun diantara banyak curug yang tersebar di kota Bogor Ciburial yang sedang booming atau terkenal dikalangan masyarakat. Penasaran apa saja hal yang membuat air terjuan ciburial terkenal? Langsung saja menyimak penjelasan dibawah ini.

Sejarah berdirinya obyek wisata alam curug ciburial

Mengetahui sejarah atau asal mula dari suatu tempat sebelum mengunjunginya dinilai cukup penting. Hal ini dimaksutkan untuk menambah wawasan pengunjung dan mengetahui asal mula berdirinya obyek wisata tersebut. Sebelum mengunjungi air terjun ciburial para pengunjung juga harus mengetahui apa saja sejarahnya. Pada awalnya curug ini ditemukan oleh seorang warga desa yang sedang mencari kayu bakar di hutan.

Warga desa tersebuut mendengar suara gemercik air yang sangat deras dari balik semak semak yang tinggi. Setelah ditelusuri oleh warga desa tersebut akhirnya ditemukanlah sebuah curug yang memiliki air cukup deras. Pada awalnya curug tersebut belum diberi nama. Lambat laun ada seorang warga yang mengusulkan nama “Ciburial” untuk menamai curug tersebut. ciburial dalam bahasa indonesia memiliki arti keluar dari bawah.

Maksud dari arti keluar dari bawah yaitu air curug ciburial mengalir ke bawah dan membentuk sebuah anak curug yaitu curug leuwi hejo. Curug leuwi hejo sendiri letaknya tidak begitu jauh dari ciburial karena memiliki aliran air yang sama. Keindahan curug leuwi hejo juga tidak kalah dengan ciburial.

Letak dari wisata alam ciburial

Tanpa mengetahui letak dari obyek wisata yang akan anda kunjungi tentunya menjadi suatu halangan. Maka dari itu, anda harus mengetahui letak dari obyek wisata yang akan anda kunjungi. Curug ciburial terletak di Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan, Kota Bogor, Provinsi Jawa Barat. Memang tidak ada spesifikasi khusus di jalan mana curug ini berada.

Hal ini dikarenakan air terjun ciburial terletak di kawasan hijau yang dapat dikatakan hutan lindung. Curug ini juga letaknya tidak terlalu jauh dari pusat kota Bogor yaitu sekitar 15 kilometer saja dengan menghabiskan waktu kurang lebih 15 sampai 20 menit saja.

Akses dan rute dari curug ciburial Bogor

Setelah mengetahui letak atau lokasi dari air terjun ciburial, kini saatnya para pembaca mengetahui bagaimana akses dan rute untuk menujunya. Untuk rutenya sendiri jika anda berasal dari pusat kota Bogor, anda terlebih dahulu harus menuju daerah Sentul. Jika sudah berada di daerah Sentul kemudian para pengunjung harus melewati Giant Jungle Land. Setelah itu anda harus mengambil arah ke Polsek Babakan Madang dan lurus terus sampai dengan pertigaan yang bernama Gunung Pancar dan pasar babakan madang.

Setelah sampai di pertigaan babakan madang anda harus mengambil aarah kanan dan akan tiba di Gunung Pancar dan Karang tengah. Setelah melewati semua pertigaan anda akan sampai di Desa Karang Tengah dan akan sampai di lokasi. Sedangkan untuk aksesnya sendiri cukup sulit.

Anda akan melewati jalan yang bagus pada saat berada di pusat kota dan kecamatan. Kemudian jika sudah sampai di depan pintu gerbang air terjun ciburial, para pengunjung harus jalan melewati jalan setapak dan menanjak yang dipenuhi ilalang. Namun semua rasa lelah anda akan terbayar jika sudah sampai di curug di sentul tersebut.

Harga tiket masuk air terjun ciburial Bogor

Untuk bisa menikmati keindahan curug ciburial, para calon pengunjung harus membayar tiket masuk. Untuk harga tiket masuk ke obyek wisata itu sangatlah terjangkau yaitu 10.000 rupiah saja untuk per orangnya. Harga tiket masuk tersebut sangatlah terjangkau bukan? Hal ini dikarenakan daerah sekitar masih sangatlah asli dan belum banyak dibangun fasilitas fasilitas pendukung.

Keuntungan berlibur mengunjungi air terjun ciburial

Sebelum mengunjungi salah satu curug terkenal di kota Bogor ini anda tentunya harus mengetahui apa saja keuntungannya, dibawah ini akan dijelaskan beberapa uraian mengenai keeuntunganya. Lets check it!

  1. Dapat menikmati indahnya pemandangan

Keuntungan pertama jika anda mengunjungi air terjun ciburial adalah dapat menikmati indahnya pemandangan. Kawasan wisata ini memanglah terletak didaerah perbukitan yang ditumbuhi tumbuhan yang lebat. Untuk menujunya saja para pengunjung harus berjalan sekitar 1 jam melewati jalan setapak yang terjal dan naik turun. Namun perjalanan melelahkan para pengunjung akan terbayar karena pemandangan air terjun ciburial yang sangat indah.

Kondisi di sekitar air terjun ciburial memang masih sangat asli, hal ini menyebabkan ciburial sering disebut sebagai curug perawan. Ada dua air terjun yang ada di ciburial yaitu berukuran kecil dan sedang. Tidak hanya itu curug ini juga dikelilingi oleh pepohonan yang rindang dan lebat yang membuat hawa di ciburial sangatlah sejuk dan dingin.

  • Dapat berendam di sejuknya aliran sungai

Akibat derasnya air terjun mengakibatkan terbentuknya sebuah kolam dibawahnya. Kolam tersebut dapat dimanfaatkan oleh para pengunjung sebagai media untuk berendam. Air yang ada di kolam tersebut sangatlah sejuk dan cenderung dingin. Air yang sejuk tersebut terkadang sampai menusuk tulang. Walaupun dingin namun tidak mengurungkan niat pengunjung untuk bermain air di kolam air terjun curug ciburial.

Namun para pengunjung juga harus berhati hati jika sedang berendam di kolam karena licin dan didasar kolam terdapat batu yang cukup besar. Usahakan para pengunjung juga tidak berendam terlalu ke tengah kolam karena tanah di dasar kolam tidak stabil dan memiliki kedalaman yang lumayan.

  • Dapat berfoto sepuasnya

Yang menjadi salah satu alasan orang orang mengunjungi air terjun ciburial adalah untuk berfoto. Pemandangan alam yang indah membuat para pengunjung sangat ingin berfoto atau berselfie untuk di bagikan kepada orang terdekat atau di social media. Namun sewaktu berfoto anda harus berhati hati dan jangan sampai merusak ekosistem dari air terjun ciburial.

  • Dapat mengurangi stres

Beberapa penelitian membuktikan banyak langkah atau cara terbaik untuk mengurangi depresi dan stres. Dengan mengunjungi air terjun ciburial beban pikiran atau stres yang anda derita akan hilang. Hawa sejuk dan hamparan pemandangan alam yang indah tentunya dapat mengurangi stres yang anda derita.

Sebanarnya masih banyak lagi informasi tentang curug ciburial yang dapat disampaikan. Namun karena keterbatasan ruang disini dijelaskan informasi pokoknya saja. Semoga penjelasan diatas dapat menambah wawasan para pembaca yang ada di rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *