Misteri Curug Hordeng dengan Pesona Alam di Dalamnya

Posted on

Curug Hordeng merupakan salah satu air terjun yang berada di Sentul Bogor dengan alamat Jalan Gunungwangun Cibadak, Sukamakmur, Bogor Jawa Barat. Wisata alam satu ini mungkin belum banyak terdengar di telinga Anda. Oleh karena itu suasana di curug ini masih sangat segar, asri dan alami. Pesona alam yang ditawarkan dicurug ini sangat indah dan tidak selayaknya Anda sia-siakan.

Bogor merupakan kota wisata alam yang menyediakan banyak air terjun didalamnya. Curug yang satu ini memang belum begitu populer di kunjungi oleh masyarakat. Namun seiring berjalannya waktu, akan banyak pengunjung yang datang ke tempat ini. Bagi Anda yang bingung memilih tempat wisata untuk melepas penat dari hirup pikuk pekerjaan Anda wajib mendatangi tempat wisata yang satu ini.

Letaknya yang tidak jauh dari pusat ibu kota menjadi daya tarik utama curug ini. Karena di tengah hirup pikuk kerasnya ibu kota yang terdapat banyak gedung-gedung tinggi didalamnya ternyata masih terdapat tempat wisata alami yang dapat Anda kunjungi dengan pemandangannya yang masih Asri yang layak untuk Anda nikmati.

Mengenal Curug Hordeng Lebih Dalam

Air terjun yang berada di Sentul Bogor ini menyuguhkan suasana yang masih asri dan alami, yang tentu saja akan mampu membuat siapa saja yang berkunjung ke tempat ini akan terkagum-kagum melihat panorama alam yang disuguhkannya. Suara gemericik air, angin yang berhembus halus dan suara burung yang berkicau seakan menambah keindahan ditempat ini.

  1. Tiket Masuk

Sebelum Anda mengunjungi tempat wisata ini ada baiknya jika Anda mencari tahu mengenai harga tiket dan harga parkir di tempat wisata tersebut. Untuk harga tiket di tempat wisata pada hari libur dan hari kerja biasanya memiliki perbedaan. Namun beda halnya dengan air terjun ini. Anda hanya perlu mengeluarkan uang Rp 17.500 saja untuk satu orang pengunjung, dan untuk biaya parkir Anda bisa membayar dengan harga Rp 5000 per kendaraan. Cukup terjangkau bukan.

  • Rute Menuju Tempat Wisata

Selain harga tiket Anda juga harus mengetahui rute jalan yang harus Anda lalui untuk sampai ke air terjun ini. Rute menuju curug ini terbilang mudah. Di zaman teknologi moderen ini Anda bisa menggunakan Google Maps untuk membantu Anda menunjukan jalan. Apabila Anda akan menggunakan Google Maps. Anda bisa mengetik kata kunci “Basecamp puncak datar kolle”.

Apabila Anda enggan menggunakan Google Maps, rute yang dapat Anda tempuh adalah:

Apabila Anda berangkat dari Jakarta rute yang bisa Anda lalui yaitu melalui kebun raya bogor kemudian ke Cibinong, lanjut ke Citereng, Tajur Sabilillah, Ke arah Babakan Madang dan sampailah di curug hordeng.

Lain halnya jika Anda berasal dari kota Bekasi, Anda harus melalui rute melalui Bantar Gebang, Kemudian ke Narogong, Cilengsi, Kemudian Jonggol Kota, lanjut ke arah Babakan Madang, setelah melewati itu Anda akan sampai di tempat tujuan Anda.

Apabila Anda berasal dari Puncak Bogor, Anda bisa melalui rute ke Kota Bunga, kemudian ke Sukamakmur Jonggol, setelah itu Ke Babakan Madang dan Anda akan sampai di air terjun indah ini. Beda halnya jika Anda dari kota Bogor, Anda harus melewati Raya Bogor, kemudian ke Sentul city, Jungle Land, Babakan Madang dan Lewi Hejo barulah Anda akan sampai di air terjun hordeng.

Jika Anda berasal dari Cikarang, Anda bisa melewati rute yang satu ini yaitu ke Cibarusah, ke Jonggol kota kemudian ke arah Babakan Madang dan Anda akan sampai di tempat tujuan Anda. Cukup mudah bukan. Namun bagi Anda berhati-hatilah karena jalan menuju tempat wisata ini melalui banyak tanjakan-tanjakan 45 derajat. Dan usahakan tidak menggunakan motor matic untuk menjaga keselamatan Anda.

  • Fasilitas yang Tersedia

Curug Hordeng ini merupakan tempat wisata air terjun yang belum banyak di kenal oleh hal layak umum, sehingga belum banyak pengunjug yang datang ke curug ini, pengelolaan di curug ini pun belum dapat di katakan bagus. Jika Anda berkunjuk ke tempat wisata ini Anda tidak bisa menggunakan sepeda motor, mobil atau angkutan lainnya langsung ke tempat yang ingin Anda kunjungi. Karena fasilitas jalan yang belum di sediakan dan hanya mampu dilewati dengan jalan kaki.

Setelah Anda memarkinkan kendaraan Anda di tempat yang telah disediakan selanjutnya Anda dapat menyusuri jalan melewati pemukiman warga dan area persawahan yang lumayan jauh dengan estimasi waktu sekitar 30 sampai 40 menit. Namun hal itu tidak akan terasa lelah karena Anda juga akan disuguhi pemandangan hamparan padi yang dilatar belakangi bukit-bukit yang tentunya menyejukan mata Anda. Rute yang dilalui bertekstur bebatuan sehingga sesekali terasa licin oleh lumut-lumut liar. Kemudian selain itu Anda pun akan melalui beberapa tanjakan yang dilalui dengan menembuh hutan.

Jika Anda ingin bermalam disini, Anda bisa mendirikan tenda dan bercamping di Puncak Masigit. Area tersebut memang khusus diperuntukkan sebagai area camping ground. Setelah Anda sampai di wisata utama air terjun Anda akan disuguhkan dengan keindahan alamnya. Tepat diatas curug Hordeng terdapat sebuah air terjun yang cukup besar. Namun biasanya para wisata hanya bermain-main di air yang dangkal karena lebih aman untuk digunakan berenang.

Karena keindahan alam yang disuguhinya tentunya tidak afdol jika Anda tidak berfoto di sini. Banyak travellers yang sudah mengabadikan momennya di sini dengan mengunggahnya ke meda sosial yang mereka miliki.

  • Fasilitas Tambahan

Selain yang telah disebutkan di atas ternyata di Curug Hordeng ini juga terdapat dua curug yang berdekatan yaitu Curug Cibiruan dan Curug Kembar. Di Curug Cibiru terdapat tiga buah air terjun yang dapat Anda nikmati. Namun Anda hanya bisa berenang di curug yang berada ditengah dengan kedalaman dua meter.

Untuk Anda yang tidak bisa berenang jangan khawatir Anda masih bisa menikmati bermain air dengan berpegangan pada tali yang telah disediakan. Tak kalah indah curug Kembar juga memiliki keindahan alam yang tak kalah indahnya. Seperti namanya curug ini memiliki dua buah air terjun yang berdampingan yang dapat Anda nikmati

  • Tips Melakukan Perjalanan Ke Curug Hordeng

Untuk Anda yang ingin berkunjung ke sini Anda wajib memperhatikan hal-hal berikut ini yaitu hati-hati melangkah pada jalur menuju lokasi air terjun karena tekstur jalan yang bebatuan dan tidak merata. Gunakan sendal yang nyaman seperti sendal gunung agar nyaman melangkah sehingga Anda tidak terluka. Sebelum melakukan perjalanan pastika cuaca pada hari itu cerah. Apabila tiba-tiba terlihat mendung segeralah untuk meninggali tempat tersebut.

Keindahan alam yang terdapat di Curug Hordeng tentunya mengingatkan kita akan selalu bersyukur pada hidup ini. Untuk Anda yang akan berkunjung ke tempat wisata yang satu ini harap selalu berhati-hati dan utamakan keselamatan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *