Mengenal Balaikota Bogor sebagai Pusat Pemerintahan dan Kantor Walikota

Posted on

Bogor adalah salah satu kota wisata yang ada di Indonesia. Di sini, tersedia berbagai keindahan alam yang menakjubkan. Tidak hanya itu, makanan khas dari tempat ini pun harus dicoba. Namun rupanya, Bogor menyimpan satu kekayaan lain yang harus Anda eksplor.

Apakah itu? Hal yang dimaksud adalah kekayaan sejarahnya dan salah satu tempat yang harus dikunjungi adalah Balai kota Bogor. Dimanakah lokasi tepat tempat ini?

Kantor Walikota Bogor terletak tepat di sebelah Istana Bogor. Sayangnya, tidak banyak orang yang mengetahui apa saja hal yang dapat dilakukan disini ataupun bagaimana sejarah pembangunan balaikota ini. Untuk itu, kami akan menghadirkan artikel terkait balaikota untuk melengkapi informasi Anda. Dimulai dari, bagaimanakah sejarah dari balaikota ini?

Sepenggal Sejarah Balai Kota Bogor

Tak kenal maka tak sayang, itulah istilah yang tepat agar Anda tertarik mendengar sepenggal sejarah dari tempat ini. Karena dari sini pula, dapat dipelajari tentang pembangunan daerah Bogor dan serta sejarah yang mengikutinya. Dimulai dari pembangunan bangunan yang kini dikenal dengan Balaikota. Adapun pembangunan balaikota ini dilakukan pada masa pemerintahan Belanda. Atau tepatnya dibangun pada tahun 1868. Awalnya, nama bangunan ini adalah societet.

Awalnya bernama Societet

Apakah yang dimaksud dengan societet? Karena pada masa ini bangunan tersebut digunakan untuk besosialita. Ataupun bertemu satu sama dengan yang lainnya, mencari hiburan setelah lelah bekerja. Namun, yang diperbolehkan masuk ke tempat ini adalah para sosialita dalam hal ini para bangsawan Belanda.

Sedangkan orang pribumi tidak diperkenankan masuk. Alias, hanya para pembantu yang diperbolehkan masuk untuk membantu mereka atau menjajakan makanan dan minuman. Karenanya, tempat ini sempat dikenal dengan societet ataupun bahasa terkininya adalah sosialita.

  • Tempat Hits Para Konglomerat Belanda

Tempat hiburan saat itu tidak bisa disamakan dengan tempat hiburan yang ada di zaman sekarang. Karena tempat hiburan masa lalu hanyalah tempat untuk minum-minum atau yang dikenal dengan bar. Dan dilengkapi dengan adanya beberapa meja biliar. Serta dipenuhi dengan lantai-lantai dansa. Disinilah, para sosialita Belanda melepaskan penat karena pekerjaan di akhir pekan.

  • Beralih Fungsi Menjadi Kantor

Namun penggunaan gedung ini sebagai tempat hiburan tidaklah bertahan lama. Karena pada tahun 1905, kegunaan gedung ini dirubah. Gedung ini kemudian dijadikan tempat pemerintahan kota Bogor atau yang kemudian dikenal dengan Gementee Buitenzorg. Hingga akhirnya, tempat ini kembali berubah fungsi pada masa pemerintahan Jepang. Dimana, gedung lebih dikenal dengan nama SI. Lantas kapankah gedung ini dikenal dengan nama balaikota?

  • Monumen Bersejarah Saat Ini

Gedung ini baru dikenal sebagai Balaikota pada saat pemerintahan Indonesia dimulai. Atau tepatnya sudah diakuinya kehadiran Indonesia sebagai Republik. Kemudian pemerintahan Bogor dibangun pada tahun 1950 dengan kepala daerah seorang walikota.

Itulah sejarah singkat pembangunan dari gedung balaikota ini. Tidak heran, jika akhirnya tempat ini masih memiliki sentuhan budaya Belanda dengan ornamen-ornamen yang ada di sekitar bangunan. Tertarik mendatangi tempat ini?

Keindahan Balaikota Bogor

Bagi pecinta arsitektur nampaknya sangat sayang jika tidak mendatangi tempat ini. Karena cerminan khas bangunan Belanda dapat dinikmati di tempat ini. Contohnya, Anda akan disuguhkan dengan keindahan gedung yang menawan, dengan ciri khas gaya eropa yang tetap dipertahankan. Apa saja keindahannya?

Model Bangunan Klasik

Warna cat putih pada gedung juga memberikan kesan yang mendalam. Karena dari sinilah, sentuhan khas Eropa nampak lebih hidup. Walaupun ciri khas gedung Eropa tetap dipertahankan, bukan berarti tempat ini masih berbau Eropa.

Karena tempat ini telah dibuat sesuai dengan budaya Indonesia, dengan menambahkan ornamen Pasundan di sekitarnya. Hal inilah yang menambahkan kekayaan budaya yang bisa dinikmati pengunjung saat mengunjunginya. Karenanya, jangan lewatkan tempat ini jika sedang ada di daerah Bogor ataupun sekitar Istana Bogor.

Tempat yang Luas

Sekedar tambahan informasi untuk Anda, tempat ini memiliki luas hampir 10 hektar. Tidak heran, jika banyak tumbuhan besar yang ada disekitarnya, diantaranya beberapa pohon beringin yang tumbuh subur. Serta, menambahkan kesan asri dan menenangkan pada gedung. Sayangnya, untuk mengunjungi tempat ini dibutuhkan sebuah izin khusus. Izin ini bisa didapatkan dari sekretaris daerah ataupun jika di balaikota sedang diadakan acara khusus untuk masyarakat.

Komplek Bangunan yang Elegan

Kesan anggun dan berwibawa pun ditunjukkan dari gedung ini ketika menikmatinya secara seksama. Salah satu alasannya, karena gedung bersanding tepat bersama gedung Istana Bogor. Sehingga semakin memberikan kesan elegan. Tidak hanya itu, jika mengingat sejarah gedung ini seolah memberikan gambaran kesetiaan masyarakat Bogor terhadap bangsa Indonesia. Inilah keunikan yang mungkin ditemukan, jika Anda melihatnya secara mendalam dan seksama.

  • Menyimpan Banyak Cerita

Tidak hanya itu, bagi masyarakat Bogor tempat ini merupakan suatu kebanggaan yang tidak dapat dipungkiri. Karena, disinilah banyak peristiwa bersejarah bagi Kota Bogor dan Indonesia terjadi. Contohnya, pelatikan kepala daerah dan hal-hal lain yang menyangkut hal administratif. Bila dipandang dari aspek pariwisata tentunya sangat menarik untuk mendatangi tempat ini. Namun dari sisi lain, tempat ini sering dijadikan sebagai tempat acuan.

  • Sering Dijadikan sebagai Tempat Pertemuan

Maksud dari tempat acuan adalah banyak orang yang menjadikan tempat ini sebagai tempat pertemuan untuk melanjutkan perjalanan ke tempat berikutnya. Hal ini sering dilakukan karena, tempat ini tepat berada di tengah Kota Bogor.

Tidak heran, jika akhirnya tempat ini dijadikan tempat pertemuan untuk menuju tempat-tempat wisata lainnya. Tempat wisata paling dekat yang dapat Anda kunjungi adalah Istana Bogor dan Kebun Raya.

  • Telah Mengalami Beberapa Perbaikan

Setelah beberapa lama dipertahankan dengan budaya Eropa, akhirnya tempat ini mengalami renovasi. Namun tidak semua bangunan diganti dengan budaya khas Indonesia. Karena hanya beberapa bagian yang dilakukan renovasi dan ditambahkan dengan sentuhan khas Bumi Pasundan. Tidak heran jika tempat ini memiliki banyak sentuhan budaya dan cocok untuk dijadikan tempat wisata. Namun jika berwisata ke tempat ini, pastikan menjaga kesopanan.

  • Harus Memiliki Ijin Masuk

Selain itu, pastikan pula bahwa Anda telah mendapatkan izin untuk mengunjungi tempat ini. Disarankan untuk bisa mendapatkan izin, lakukanlah kunjungan atas nama organisasi kampus ataupun sekolah. Biasanya, jika dilakukan dalam rangka studi wisata, pihak balaikota akan memberikan kekhususan, mengingat tempat ini merupakan tempat bersejarah. Bagaimana, sudahkah memiliki ketertarikan untuk mengunjungi tempat ini? jika demikian pastikan lakukan persiapan dengan baik. Agar rencana perjalanan tidak mengalami kendala di tengah jalan dan mengagalkan segalanya.

Bogor memang tidak pernah berhenti menunjukkan keindahannya pada semua orang. Dimulai wisata alam hingga wisata sejarah, seperti Balaikota Bogor mereka miliki. Tugas, Anda sebagai seorang pengunjung adalah menjaga dan melestarikannya. Agar semua tempat wisata dapat dinikmati oleh generasi seterusnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *