Direktori Sekolah di Bogor Utara Terlengkap

Posted on

Sesuai dengan namanya daerah ini terletak di bagian utara kota bogor mengarah ke cibinong, depok dan jakarta. Karena lokasinya sebagai tempat singgah strategis yang sering dilewati komuter maka perkembangan penduduk di wilayah ini boleh dikatakan cukup pesat diiringi dengan banyaknya kawasan pemukiman yang padat.

Bentuk kecamatan ini jika dilihat dari peta akan terlihat lonjong dari selatan ke utara. Jadi tidak seluruh wilayahnya berada di utara karena ada daerah yang malah cenderung dekat dengan pusat kota. Kecamatan Bogor Utara terbagi atas 8 kelurahan yaitu Cimahpar, Ciparigi, Tanahbaru, Tegalgundil, Bantarjati, Cibuluh, Ciluar, dan Kedunghalang.

Meskipun wilayahnya di utara pinggiran kota, bukan berarti daerah ini terbelakang soal pendidikan. Fasilitas sekolah dan lembaga pendidikan baik formal atau informal cukup lengkap bahkan diantaranya masuk ke dalam urutan sekolah favorit di bogor. Untuk lebih jelasnya berikut ulasan lengkapnya.

Kampus Bogor Utara

Di bogor utara tidak ada universitas baik swasta maupun negeri. Namun, untuk kampus dengan lulusan D3 atau diploma 3 dan S1 atau Strata 1 ada 3 kampus yaitu Politeknik AKA Bogor yang berstatus negeri dibawah kementrian perindustrian dengan program studi Pengolahan Limbah Industri, Penjaminan Mutu Industri Pangan, dan Analisis Kimia. Kemudian ada ST MIPA Bogor yang merupakan singkatan dari Sekolah Tinggi Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam dengan program studi Kimia Lanjutan, Kimia Ekstensi, Analisis Kimia Ekstensi, Kimia Reguler, dan Analisis Kimia Reguler. Lalu yang terakhir adalah Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Binaniaga disingkat STIE Binaniaga dengan program S1 Manajemen dan D3 Akuntansi.

SMA Bogor Utara

Sekolah Menengah atas negeri sekitar bogor utara yaitu SMAN 7 Bogor yang terletak di Palupuh Bogor dan SMAN 8 yang berlokasi di BTN Ciparigi. Sedangkan SMA Swasta murah diantaranya yaitu YPHB dan Kosgoro di Jalan Pajajaran, PGRI 4 di Ciremai Ujung, Kamandaka di Bangbarung, Nuraida Pakuaman Cimahpar, serta SMA Bogor Raya di Danau Bogor Raya.

SMA Bogor Raya merupakan salah satu sekolah elit di kota bogor. Terletak di dalam kawasan perumahan danau bogor raya dengan akses langsung ke pusat kota dan tol jagorawi membuat posisinya strategis dalam urusan transportasi. Kurikulum Cambridge IGCSE dan Cambridge A-Level & GAC dipraktikan pada kegiatan belajar mengajar sehingga tidak heran lulusan alumninya banyak yang kuliah di universitas bergengsi baik di indonesia maupun dunia.

Fasilitas yang diberikan sekolah kepada siswa sangat lengkap untuk ukuran kota bogor diantaranya seperti Lapangan Basket (rooftop dan downstairs), Lab Biologi, Lab ICT, Kebun Hidroponik, Perpustakaan, Ruang Musik, Kolam Renang, Ruang Seni, Auditorium, Lapangan Sepakbola, dan Laboratorium Sains. Wajar dengan kurikulum berkelas dunia serta fasilitas mumpuni membuat sekolah ini langganan juara di berbagai kompetisi di tingkat nasional maupun internasional pada bidang film, musik, band, paduan suara, debat, sains, dan lainnya.

SMK Bogor Utara

Sekolah Menengah Kejuruan negeri yang ada di wilayah ini hanya satu yaitu SMKN 2 BOGOR dengan alamat di Pangeran Sogiri. SMK Negeri Favorit di Bogor kedua ini berfokus kepada jurusan teknik dengan detail sebagai berikut :

Program Teknologi Dan Rekayasa

  • Desain Permodelan dan Informasi Bangunan dalam Teknik Konstruksi dan Properti mempelajari ilmu pembuatan laporan pembangunan, menghitung RAB, desain konstruksi jalan dan jembatan, desain interior dan eksterior, gambar konstruksi 2D dan 3Ddengan aplikasi komputer, serta desain konstruksi bangunan.
  • Bisnis Konstruksi dan Properti mempelajari ilmu pengawasan pelaksanaan konstruksi, perencanaan bisnis properti dan konstruksi, membuat laporan pelaksaan konstruksi bangunan, membuat rancangan anggaran biaya, pengukuran tanah, serta furniture perkayuan.
  • Teknik Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik dalam Teknik Ketenagalistrikan mengajarkan cara perbaikan peralatan listrik, mengoperasikan PLC, instalasi motor listrik, instalasi tenaga listrik 3 fase, instalasi penerangan listrik jalan dan bangunan gedung, elektromekanik, rangkaian komponen elektronika, aplikasi software rangkaian kontrol listrik, layout PCB, serta desain teknik listrik.

Jurusan Teknik Elektronika

TKJ atau Teknik komputer dan jaringan mempelajari perawatan jaringan LAN dan WAN, Instalasi Sistem Operasi Server dan PC, dan Teknik dasar operasi komputer. Lulusan bekerja sebagai Web developer, Operator komputer, IT consultant, Administrator jaringan, dan Teknisi komputer atau laptop.

Teknik Audio Video mengajarkan ilmu dokumentasi video, Memperbaiki atau reparasi instrumen elektronika, Mengoperasikan atau perawatan sistem elektronika, Editing Video, dan Instalasi peralatan audio video. Bidang pekerjaan bagi lulusannya bekerja sebagai oeparator dalam pengambilan gambar juga editing video.

Paket Keahlian Teknik Kendaraan Ringan

TKRO atau Teknik Kendaraan Ringan Otomotif mengedukasi para siswa tentang Perbaikan dan Perawatan sistem kelistrikan, sistem pemindahan tenaga, chasis, kendaraan bermotor diesel dan bensin. Lulusan diharapkan dapat bekerja sebagai teknisi di perusahaan otomotif maupun industri manufaktur otomotif.

Program Teknik Mesin Mekanik

Ilmu ini mempelajarai bagaimana pemeliharaan, manufaktur, desain, dan analisis suatu sistem mekanik dengan penggabungan konsep cabang ilmu energi, termodinamika, teknik material, kinematika, dan mekanika. Teknik ini terdiri atas Ilmu Bahan / Metalurgi, Konversi energi, Sistem Produksi, Proses Manufaktur, Perancangan dan Konstruksi Mekanik.

Tentunya dengan jurusan yang berfokus pada teknik makan kebanyakan pembelajaran lebih kepada praktek dibandingkan di ruang kelas teori. Oleh karena itu fasilitas praktek SMKN 2 cukup lengkap untuk mendukung kondisi belajar mengajar dengan daftar yaitu Ruang Praktek Intalasi Jaringan, Gambar Manual, Mekanik Teknik Elektro, Otomotif (Engine) Pemindah Tenaga Casis, Las Mesin, M&R Peralatan Listrik, Mesin Bubut, Mesin Frais, Penyimpanan dan Instruktur, Lab Simulasi Digital, M&R Komputer, Lab Dasar Teknik Elektro, Praktek Audio Video, Mesin Kayu, Gambar Komputer/CADD, Kelistrikan Otomotif, CNC, Pengukuran Pengujian Logam, Mesin Gerinda, Mekanik Teknik Elektro, Konstruksi Kayu, Kerja Bangku, dan Kayu Tangan,

Kemudian Ada 17 SMK Swasta Bogor Utara yang dapat dipilih diantaranya yaitu Bina Profesi Bogor dan IT An Naba di Ciremai Ujung, Pandutama Bogor di Perum Indraprasta, Bina Mandiri Bogor di Pangkalan Kedunghalang Pemda, Bina Warga 2 dan 1 Bogor serta Kusuma Wardhana di Pangeran Sogiri, Nusantara Kota Bogor di Batara, Farmasi Tunas Mandiri Jakatawang 1 di Arimbi Indraprasta, Kamandaka di Perumnas Bantar Jati Bangbarung Raya, Farmasi Bogor di Raden Koyong, Alqi Profesi Bogor di Cendawan, Analis Kimia Ykpi Bogor di Achmad Sobana, Kosgoro dan Pembangunan di Pajajaran, PGRI 3 Bogor di Kopem P Dan K, Karya Nugraha Bogor di Mandala Belakang.

MA di Bogor Utara

Madrasah Aliyah swasta terdiri dari Persis Warung Jambu, Arrohmah Pemda Kd Halang, dan Al Inayah Kp. Pasir.

SMP Unggulan

Terdapat 2 sekolah menengah pertama negeri di bogor utara yaitu SMPN 15 Mandala Pomad dan SMPN 19 Villa Bogor Indah. Sedangkan untuk SMP Swasta diantaranya yaitu PGRI 16 dan IT An Naba Ciremai Ujung, Pandutama panduraya, Kamandaka Perum Bantarjati, Persada Tanah Baru, Nuraida Islamic Boarding School Cimahpar, Kosgoro dan Yp Pembangunan di Pajajaran, Bogor Raya Danau Raya, Bahrul Ulum Neglasari, PGRI 6 Pandawa Warung Jambu, Kurnia Batara Ciluar, serta Sekolah Alam Bogor Tanah Baru.

MTS setara SMP

Ada satu Madrasah Tsanawiyah negeri di bogor utara yaitu MTSN Kota Bogor yang berada di Jalan Achmad Sobana. Kemudian untuk MTS Swasta Bogor Utara terbagi atas Arrohmah Pemda Baru, Al-inayah Kampung Pasir, Persis 112 Pajajaran Warung Jambu, As Saidah Kedung Halang, Darul Ulum Raden Khanifiah, Matlaul Anwar I Artzimar, Al Mansuri Batara Rambay, dan Persis 1 Cibuluh Pangkalan Raya.

SD Favorit

Sekolah dasar bogor utara didominasi oleh sekolah berstatus negeri. Jadi orang tua tidak perlu khawatir karena tidak akan kehabisan tempat duduk kecuali untuk sekolah negeri favorit. Berikut adalah daftar SDN sekitar bogor utara yang unggulan.

  1. Cibuluh : Asrama Brimob Ks Tubun, Mandala Ciparigi, Ciburial.
  2. Bogor Baru : Lodaya
  3. Bhayangkari : Ks.tubun Asrama Brimob
  4. Kampung Sawah : Danau Bogor Raya
  5. Ceger : Flamboyan, Villa Citra
  6. Cimahpar : Guru Muchtar, Tumenggung Wiradireja, Belentuk.
  7. Ciluar : Sukaraja, Batara Tarikolot,
  8. Neglasari : Lhokseumawe Asrama Brimob
  9. Kedung Halang : Jalan Kedunghalang, Jalan Pesantren, Pemda Pangkalan.
  10. Sindangsari : Pangeran Sogiri
  11. Bantarjati : Pamikul Raya, Taweuran Raya, Bangbarung Raya, Ceremai Ujung, Dalurung.
  12. Kaumsari : Kaumsari
  13. Selaawi : Pangeran Sogiri
  14. Tunggilis : Kedunghalang
  15. Kawungluwuk : Kresna
  16. Ciparigi : Ciburial

Selain sd negeri, sd swasta juga tersedia sebagai alternatif diantaranya Sekolah Alam Bogor, Cipta Cendikia Bogor, Bogor Raya, Bogor Islamic School Anak Shalih, dan IT Alkautsar.

MI

Apabila mencari madrasah ibtidaiyah setara sekolah dasar untuk pendidikan agama islam maka di bogor utara ada beberapa madrasah swasta seperti yaitu MI Persis, Raudhatul Islamiyah, khoiru Ummah, Mathlaul Anwar, Al Hasani, Nurul Yaqin, dan Darul Ulum.

Pusat Kegiatan Belajar Mengajar

PKBM adalah solusi pendidikan non formal yang mengajarkan peserta didik ilmu pengetahuan dengan biaya murah. Pendidikan pra sekolah seperti ra/ba/ta, paud, taman kanak-kanak dan lainnya merupakan lembaga kelompok belajar yang memfasilitasi anak sebelum masuk ke jenjang sekolah dasar. Paud di Bogor Utara diantaranya yaitu Pospaud Mekarsari Taman Pintar Olympic, Nurul Yaqin Raya Pemda, Sekolah Bogor Raya Perum Danau Bogor, Pop Kidz Kpp Ipb Baranangsiang, Dahlia Jalan Pangeran Asogiri, Cikal Mandiri Kampung Sawah, Al Jauhar Dewi Kunthi Ujung, Manggis Bogor Baru Taman, Tunas Kreatif, dan Bina Kreasi Mandiri Tanahbaru.

Untuk RA/BA/TA ialah seperti Daarul Muhajirin, Al Ittichad Ciluar, Persis Sholeh Iskandar, Al Inayah Kp Pasir, Daarul Khoir Ceger Permai, Mathlaul Anwar Warung Jambu Atas Perintis, Fathatunnisa Tatapakan, Mushab Bin Umair Villa Bogor Indah, Nur Ichwan Bantarjati, Al Ikhlas Artzimar, Addarojah R. Khanafiah, Nurussholihah Kebon Awi, Annuroniah Kd Halang, Al Iqro Villa Duta, Darul Muhajirin Kd Halang, Yasjanur, Al Kautsar, Al Ma Sumiah Kp Sawah Baru, Al Fauzi Ujung Indraprasta, Islam Insani Tanah Baru, Assyifa Aulia Pemda, Al Hidayah Komplek Pdk, Bustanul Wildan Raden Koyong, dan Darussalam Bantar Jati Kaum.

Untuk SPS Bogor Utara yaitu Puspa Bangsa Tazmania Raya, Tunas Melati Tanah Sewa, Assyifaa Aulia Kedunghalang Talang, Gandaria Villa Citra Bantarjati, Mawar Kebon Awi, Az-zahra Pangkalan Cibuluh, Ar-rojaa Artzimar, Al Ittihaad Aru Pondok Aren, Mawar Tumenggung, Salak Artzimar, Bougenville Plus Kpp Ipb Baranangsiang, Kartika Sari Tanahbaru, Anggrek Putih Kedung Halang, Garuda Batara Rambay, Harapan Subagenda Ciparigi, Nurul Mubin Kampung Pangkalan, Harapan Bangsa Jalan Pangeran Sogiri, Bina Insan Cendikia Posyandu Anggrek Merah, Tunas Pertiwi Kampung Kramat, Kenanga Taman Pintar Olympic, Cahaya Bunda Pembangunan, dan Wardah Kampung Bebek.

Sedangkan untuk taman kanak-kanak yaitu Alqi, Bugarvitaloka, Teratai Islami, Melati, Kartini, Kurnia, Mawar, Siwi Peni, Mutiara Sari, It Madani Al-anshar, Islam Tiara Insan, Kemala Bhayangkari, Al Jannah, It Al-khoeriyah, Al-muslim, Rumah Kita, Khalifah Bogor, Anugerah, Permata, Ibu Kartini, Mentari Taman Kenari, Islam Mizan Ilmu, Bogor Raya, It Ar-rahman, It Bahrul Ulum, Tirtasari, Cakrawala Baru, It Tazkia, Kuncup Harapan, Akbar, Al-maruf, It An Naba, Sekolah Alam Bogor, Insan Kamil, Islam Arrohmah, dan Aisyiyah Bustanul Athfal Saba Utama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *