Daftar Channel TV di Bogor yang Gratis dengan Antena UHF

Posted on

Televisi menjadi sarana hiburan sekaligus sumber informasi yang murah dan mudah. Masyarakat dapat menonton beragam acara yang sesuai dengan keinginannya. Program berita, sinetron, film, dan olahraga merupakan acara favorit tontonan keluarga di rumah. Televisi dengan sisi negatif dan positifnya telah banyak memberikan kontribusi terkadap keseharian hidup masyarakat baik perkotaan maupun pedesaan.

Bogor yang berdekatan dengan Jakarta yang merupakan tempat berkumpulnya kantor pusat dari berbagai saluran televisi nasional termasuk ke dalam jangkauan frekuensi dari pemancar stasiun TV tersebut. Tidak heran pemilik televisi dengan antena UHF tidak kesulitan untuk mencari berbagai channel TV populer. Tidak perlu mengeluarkan biaya untuk membeli parabola atau sewa langganan decoder karena dengan membeli antena UHF dengan harga murah di toko alat elektronik saja keluarga dapat menikmati tontonan tanpa mengeluarkan biaya bulanan tambahan.

Sebenarnya, bogor sebagai kota yang berkembang pesat juga memiliki stasiun TV UHF lokal tersendiri. yaitu MGSTV yang dulunya merupakan megaswara TV atau TVPLUS. Jangkauan MGS TV meliputi wilayah bogor, sukabumi, cianjur, dan sekitarnya. Untuk program acaranya didominasi oleh program musik sunda dan dangdut, talkshow dengan instansi pemerintahan, dan berita seputar bogor cianjur sukabumi.

Namun sayangnya Televisi yang digunakan oleh tim cimanggubogor tidak dapat menjangkau frekuensi tv lokal tersebut. Mungkin karena lokasi markas cimanggubogor yang terletak di bogor barat serta antenanya mengarah ke utara sehingga tidak dapat memperoleh frekuensi dari arah selatan mengingat alamat MGSTV terletak di Suryakencana yang notabene berada di selatan.

Namun MGSTV sudah memiliki channel youtube untuk streaming bagi masyarakat bogor dan luar bogor yang tidak dapat menerima frekuensi jaringan siarannya yang ingin menikmati tayangan dengan kearifan lokal bogor.

Kembali lagi ke siaran TV favorit orang bogor, tim kami telah memantau saluran favorit yang selama ini menjadi teman hiburan dan informatif masyarakat bogor. Ada 23 channel yang tersedia pada perangkat televisi. berikut adalah pilihannya

  1. TRANS7
  2. RCTI
  3. INDOSIAR
  4. TRANSTV
  5. SCTV
  6. GTV
  7. ANTV
  8. TVONE
  9. METROTV
  10. MNCTV
  11. RTV
  12. CTV
  13. MYTV
  14. KOMPASTV
  15. NET.
  16. KTV
  17. INEWS
  18. TVRI
  19. O Channel
  20. ELSHINTA
  21. JAKTV
  22. DAAI TV
  23. JAWAPOS TV

Adapun untuk urutan diatas bukanlah peringkat stasiun TV terbaik di bogor, namun urutan tersebut muncul secara acak ketika sistem TV mencari frekuensi secara otomatis. Untuk lebih jelasnya berikut hasil pemantauan yang dapat disaksikan pada channel youtube official cimanggu bogor

Bisa dibilang peringkat pertama atau yang paling atas belum tentu lebih baik dari peringkat dibawahnya. Bisa jadi semakin jangkauan saluran mudah ditemukan oleh sistem TV maka akan langsung disimpan pada posisi tersebut. Berikut adalah ulasan lengkapnya

TRANS7

Saluran TV yang dulu bernama TV7 ini menyajikan beragam acara dengan kategori hiburan, edukasi, dan berita. Acara yang penuh dengan ilmu pengetahuan seperti laptop si unyil, tau gak sih, dan bocah petualang ditayangkan setelah jam pulang sekolah sehingga sangat bermanfaat bagi anak.

Tayangan hiburan dengan rating tinggi seperti opera van java, rumah uya, dan on the spot juga sangat menarik bagi masyarakat. Tidak heran bila stasiun televisi dibawah grup transmedia ini berada dalam daftar pilihan menu saluran favorit keluarga.

RCTI

Stasiun televisi swasta pertama yang mengudara di Indonesia ini pasti semua penonton sudah mengenalnya. Tidak hanya terkenal dari usia sebagai televisi swasta tertua di indonesia, RCTI secara konsisten selalu menghadirkan tayangan dengan rating tinggi serta kualitas jangkauan yang cukup baik menghasilkan gambar yang cukup jernih ke berbagai wilayah penduduk nusantara.

Selain menghadirkan sinetron dengan bintang papan atas ternama indonesia, RCTI sering menghadirkan laga penting tim nasional dan siaran sepak bola eropa yang tentu saja memerlukan modal yang sangat besar yang menarik para perusahaan top indonesia untuk berbondong-bondong beriklan di RCTI.

INDOSIAR

Indosiar kini bangkit dengan beragam acara yang berupaya menggaet kalangan rumahan dengan menghadirkan acara hiburan musik dangdut dan lagu nostalgia dengan balutan komedi dari para pembawa acaranya pada jam prime time.

Genre ini tentu saja sangat diterima oleh kalangan menengah yang membutuhkan hiburan yang merakyat. Strategi ini berhasil membawa Indosiar sebagai salah satu stasiun televisi dengan rating tinggi pada waktu premium diantara pukul 6 sore sampai 12 malam. Selain itu, siaran sinetron dan FTV bertema religi serta laga liga sepakbola nasional turut berkontribusi yang menjadi modal bagi Indosiar untuk bersaing dengan stasiun tv swasta lainnya di Indonesia

TRANSTV

Stasiun televisi yang berdiri pada era awal milenium ini muncul sebagai kuda hitam di pasar layar kaca indonesia. Trans TV mencoba menghadirkan beragam acara hiburan dengan rating tinggi seperti variety show, film box office, acara sitkom serta program acara dengan kreativitas yang mungkin baru di kalangan masyarakat pada waktu itu.

Strategi ini berhasil membuat Trans Tv menjadi salah satu channel televisi yang sering ditonton masyarakat. Selain itu, melalui beberapa acara talent show lokalnya mereka juga mampu menghasilkan bintang baru pertelevisian indonesia.

SCTV

Channel TV ini terkenal dengan sering menayangkan sinetron dan FTV pada jam premiumnya. Tidak heran bila kalangan ibu-ibu dan remaja sangat menyukai channel TV yang satu ini. Meskipun termasuk ke dalam golongan senior di dunia pertelevisian indonesia.

SCTV selalu konsisten menghadirkan tayangan yang menghibur dengan artis kenamaan yang sering menjadi bahan perbincangan di masyarakat. SCTV berada di bawah naungan grup emtek bersama dengan saudaranya yaitu Indosiar.

GTV

Berawal dengan nama Global TV, stasiun televisi ini menyasar segmen kalangan menengah, remaja dan anak-anak. Dengan dominasi tayangna hiburan yang lebih banyak dengan acara kartun untuk anak serta reality show, GTV berupaya bersaing menjadi salah satu televisi kenamaan dengan target market yang berbeda.

Apalagi channel ini masih dalam grup MNC Media yang merupakan salah satu konglomerasi media terbesar di Indonesia. Bagi masyarakat tentu merasa senang dengan kehadiran GTV ini karena anak akan mendapatkan hiburan gratis tanpa perlu repot dengan cukup menyalakan TV dan memindahkan saluran ke GTV.

ANTV

Stasiun Televisi dibawah viva grup yang juga memiliki channel tvone ini sekarang kecenderungannya lebih banyak menghadirkan acara hiburan dari india.

Drama dan Film India sendiri memang sangat disukai oleh masyarakat Indonesia sehingga tidak heran bila ANTV menjadi salah satu channel wajib yang harus ada di TV seorang penggembar india. Meskipun demikian ANTV juga menayangkan acara hiburan lokal dan olahraga.

TVONE

Mengkhususkan diri sebagai televisi berita di Indonesia, TVONE lebih banyak menghadirkan tayangan berita dan talkshow. Masyarakat memang perlu menghadirkan channel berita seperti TVONE pada perangkat televisinya untuk mengetahui informasi terbaru dan terpercaya.

Selain berita dan politik, TVONE juga menayangkan program religi seperti ceramah dan juga program olahraga seperti liga sepakbola.

METROTV

Berdiri sebagai stasiun tv berita pertama di Indonesia, Metro TV menghadirkan program berita aktual serta talkshow yang membahas politik, ekonomi, budaya, dan olahraga.

TV Berita biasanya mengutamakan kepada kecepatan dalam mempublikasikan sebuah informasi dengan menghadirkan reporter yang langsung mengabarkan dari tempat kejadian secara langsung. Channel ini juga sering menghadirkan narasumber berkompeten di bidangnya agar lebih terpercaya.

MNCTV

Sesuai dengan namanya, stasiun televisi ini berada dalam satu grup konglomerasi media MNC yang juga merupakan induk dari RCTI, GTV, dan iNewsTV. Pada awalnya channel ini bernama TPI kemudian ketika MNC Group mengakuisisi lalu melakukan perubahan sehingga menjadi MNCTV.

Program MNC TV didominasi tayangan hiburan yang meliputi acara kartun anak favorit, sinetron komedi, reality show, serta acara musik dengan tema dangdut.

RTV

Memulai siaran perdana tahun 2008, kini RTV berkembang menjadi salah satu televisi yang berupaya menggaet penonton indonesia dengan berbagai acara menarik seperti hiburan, informasi, dan edukasi.

Kartun anak dan drama asia mendominasi jam tayang rtv dengan harapan agar dapat lebih mudah diterima oleh berbagai kalangan. Rajawali Televisi terus memperluas jaringan stasiun tv lokalnya agar masyarakat dapat menyaksikan program terbaik dari RTV

CTV

Cahaya TV Banten yang disingkat CTV memiliki pemancar di wilayah tangerang sehingga jangkauan siarannya sampai dengan bogor. Sesuai dengan namanya, tv lokal ini menyajikan informasi seputar wilayah banten dan sekitarnya.

Pilihan program seperti kebanyakan tv lokal pada umumnya mulai dari berita lokal, home shopping, kumpulan video musik, dan acara rohani. Meskipun acaranya tidak terlalu banyak pilihan, CTV masih tetap eksis sampai saat ini bersaing dengan TV Nasional lainnya.

MYTV

Awal berdiri stasiun tv berjaringan ini bernama banten tv yang mengkhususkan diri menyiarkan program lokal banten dan jabodetabek.

Seiring dengan akuisisi dari Mayapada Group, MYTV diluncurkan sebagai stasiun tv khusus wanita di Indonesia dengan terus melakukan ekspansi ke berbagai wilayah di Indonesia melalui penambahan pemancar pada beberapa kota besar. Acara pada channel MyTV didominasi oleh talkshow, reality show, drama, dan film.

KOMPASTV

Berbekal modal dari nama besar perusahaan induknya yaitu kompas group, KOMPAS TV tidak membutuhkan waktu lama untuk menempatkan namanya di dunia tv berita nasional.

Melalui jaringan pemancar yang luas dan koresponden di setiap daerah membuat kompas tv dapat menghadirkan berita uptodate secara cepat. Apalagi dengan pengalaman sebagai grup media nasional mampu menghadirkan koten berita yang dikemas secara apik serta menarik masyarakat.

NET.

Net atau dikenal dengan nama NET TV merupakan salah satu saluran yang kekinian mengusung konsep milenial dan berbeda dari televisi lainnya yang lebih mengutamakan rating.

Dengan modal yang cukup besar NET memproduksi beragam program unggulan dengan kualitas HD. Hal tersebut membuat Net menjadi salah satu tontonan favorit bagi masyarakat milenial yang bosan dengan tontonan konvensional tv lainnya. NET sebelumnya menggunakan jaringan TV Anak Spacetoon Indonesia

KTV

KTV berawal dari Komedi TV kemudian merelay siaran dari kompas TV hingga akhirnya mengusung tema sendiri yaitu trend gaya hidup perkotaan.

KTV yang masih dalam grup kompas gramedia menyajikan beragam program ringan seputar gaya hidup dan perkotaan seperti variety shom dan reality show. Sebagai TV Lokal, KTV juga menayangkan program homeshopping pada jam sepinya dan menayangkan program hiburan komedi serta film asia.

iNews

Sebelumnya bernama sun TV kemudian Sindo TV lalu berubah menjadi iNews ini merupakan saluran televisi jaringan berita dibawah naungan mnc grup.

Channel yang mengkhususkan diri untuk menayangkan berita ini didominasi beragam program berita nasional maupun internasional serta program talkshow dan reality show yang membahas mengenai seputar peristiwa aktual dan politik di Indonesia.

TVRI

Televisi Republik Indonesia yang biasa dikenal dengan TVRI adalah stasiun televisi pertama di Indonesia yang saat ini kepemilikannya dimiliki oleh pemerintah Indonesia yang artinya dibiayai oleh anggaran pendapatan belanja negara.

Sebagai TV Publik, meskipun memang dari sisi rating kurang dapat bersaing namun kalau dilihat dari kualitas siarannya sebenarnya cukup baik dan sangat edukatif.

O Channel

Awalnya saluran televisi di jakarta ini kebanyakan menayangkan acara tentang gaya hidup. Namun sejak diakuisisi oleh emtek group yang juga menaungi indosiar dan sctv, o channel kini lebih banyak menayangkan program yang sebelumnya sudah tayang di kedua tv nasional tersebut.

Selain itu, acara homeshopping masih mendominasi jam tayang yang memang menjadi andalan bagi tv lokal untuk tetap terus hidup.

El Shinta

Nama elshinta sebenarnya sudah sangat terkenal sebagai salah satu jaringan radio terkemuka di indonesia.

Seiring perkembangan waktu elshinta TV hadir dengan mnyajikan beragam program ringan lifestyle perkotaan serta edukasi dengan menampilkan program – program informatif dari VOA dan DW. Program berita ringan, musik dan travel sekitar jakarta juga ditayangkan pada jam primetime.

JAKTV

Sesuai dengan namanya JAKTV adalah TV swasta lokal dibawah konglomerasi media mahaka grup yang menayangkan program seputar kota jakarta.

Program acara yang mendominasi adalah berita seputar perkotaan, talkshow, variety show gaya hidup, serta acara kumpulan musik dan tak lupa program homeshopping yang menjadi salah satu sumber pemasukan bagi tv lokal.

DAAITV

Televisi dibawah Yayasan Buddha Tzu Chi ini lebih banyak menayangkan program drama dan ceramah berbahasa mandarin.

Sebenarnya tidak hanya program yang berasal dari tiongkok saja yang ditampilkan namun juga ada beberapa program berita lokal yang dibawakan dalam bahasa indonesia. Segmen masyarakat yang dituju adalah masyarakat tionghoa di sekitar jabodetabek yang merindukan program acara bernuansa oriental

JawaPos TV

Bagian dari salah satu jaringan grup media lokal terbesar di Indonesia yaitu Jawapos Group ini menghadirkan beragam acara informatif seputar nusantara serta internasional.

Acara berita, talkshow, dan hiburan mendominasi sebagian besar jam tayang jawapostv. Jawapos TV juga sering merelay dan re-run siaran dari JTV Surabaya untuk acara tertentu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *