10 Tips Cara Merawat AC Rumah Biar Awet dan Agar Tahan Lama

Tekno10 Views

AC di rumah udah jadi barang wajib banget kan, apalagi pas cuaca lagi panas-panasnya. Walau kamu tinggal di Bogor, panasnya siang hari tetap saja membuat suhu udara dalam rumah membuat gerah.

Tips Perawatan AC Rumah

Biar AC di rumah tetap awet dan selalu adem, ada beberapa cara mudah yang bisa kamu lakuin. Yuk, kita simak tips merawat ac rumah biar awet dari Cimanggu Bogor berikut ini!

Rutin Bersihin Filter

Filter AC itu ibarat paru-parunya AC. Kalau filternya kotor, AC jadi nggak bisa nafas dengan baik dan bikin udara yang keluar jadi nggak bersih. Jadi, jangan lupa buat bersihin filter AC minimal sebulan sekali. Kamu bisa copot filternya, cuci dengan air, dan keringkan sebelum dipasang lagi.

Jaga Kebersihan Bagian Luar AC

Nggak cuma filter, bagian luar AC juga perlu dijaga kebersihannya. Debu dan kotoran yang menempel di bagian luar bisa bikin kinerja AC menurun. Cukup lap bagian luar AC dengan kain lembab setiap seminggu sekali, biar selalu bersih dan bebas dari debu.

Jangan Sering Mainin Suhu

Kadang kita suka banget mainin suhu AC, dari dingin banget terus tiba-tiba panas. Ini nggak baik buat AC lho! Usahakan setting suhu AC di angka yang nyaman dan stabil, misalnya di 24-26 derajat Celsius. Suhu stabil selain membuat lebih hemat energi dan tentunya bikin AC awet. Baca Cara Menghemat AC di Rumah

Gunakan Timer

Kalau kamu sering lupa matiin AC, mendingan pakai fitur timer. Atur timer biar AC mati otomatis setelah beberapa jam sehingga mencegah AC bekerja terus-menerus dan membantu menghemat listrik.

Tutup Ruangan dengan Rapat

Pastikan pintu dan jendela ruangan tertutup rapat saat AC dinyalakan. Kalau ada celah, udara dingin dari AC bisa keluar dan bikin AC bekerja lebih keras. Jadi, selalu pastikan ruangan tertutup rapat biar AC bisa bekerja dengan optimal.

Jangan Letakkan Barang di Dekat AC

Jangan letakkan barang-barang di dekat atau di depan AC. Barang yang menghalangi aliran udara akan membuat AC jadi nggak bisa bekerja maksimal. Biarkan area sekitar AC tetap terbuka dan bebas dari hambatan.

Rutin Service AC

Biar AC tetap dalam kondisi prima, usahakan buat rutin service minimal 3-6 bulan sekali. Panggil teknisi profesional buat cek kondisi AC, bersihin bagian-bagian yang sulit dijangkau, dan pastikan semua komponen bekerja dengan baik. Baca Tukang AC Jujur

Matikan AC Saat Tidak Digunakan

Sederhana tapi penting, matikan AC saat nggak digunakan. Kalau ruangan lagi nggak dipakai, lebih baik matiin AC daripada nyalain terus-terusan. Selain bikin AC jadi lebih awet dan menghemat energi.

Cek Freon Secara Berkala

Freon adalah zat pendingin yang bikin AC bisa mengeluarkan udara dingin. Cek freon secara berkala, karena kalau freonnya habis atau kurang, AC nggak akan bisa dingin dengan optimal. Pastikan freon selalu dalam kondisi cukup. Cek Toko AC Murah di Bogor

Gunakan Mode Hemat Energi

Kalau AC kamu punya fitur hemat energi, manfaatkan fitur ini! Mode hemat energi bisa membantu mengurangi konsumsi listrik dan bikin AC nggak cepat rusak. Jadi, selain lebih hemat, AC kamu juga bisa lebih awet.

Tips cara Merawat AC rumah biar awet itu nggak susah kok, asal kita rajin dan telaten. Dengan mengikuti tips-tips di atas, dijamin deh AC di rumah kamu bakal selalu adem dan tahan lama. Selamat mencoba, teman-teman, dan semoga AC di rumah kamu selalu dalam kondisi prima!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *